Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Dikaitkan dengan Teori Konspirasi, Apa Itu Illuminati?

Baca di App
Lihat Foto
iStockphoto/ABEMOS
Sejarah singkat Illuminati.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Illuminati sering kali dikatikan dengan sebuah organisasi yang menyembunyikan rahasia dan simbol-simbol tertentu.

Mereka disebut memiliki misi tersembunyi, bahkan memicu teori konspirasi global yang mengaitkannya dengan berbagai peristiwa.

Dan salah satu anggapan paling populer tentang Illuminati adalah, kelompok ini ingin membentuk New World Order atau tatanan dunia baru.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Kerja Sama Bilateral? Berikut Pengertian dan Tujuannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Lantas, apa sebenarnya kelompok Illuminati?

Apa itu Illuminati?

Dikutip dari laman Encyclopedia Britannica, Illuminati adalah istilah yang telah digunakan sejak abad ke-15, yang diasumsikan atau diterapkan pada berbagai kelompok orang yang mengaku mendapat pencerahan luar biasa.

Illuminati merupakan bentuk jamak dari bahasa Latin illuminatus yang bermakna “terungkap” atau “tercerahkan”.

Menurut penganutnya, sumber “the Light (cahaya)” tersebut dipandang berasal langsung dari sumber yang lebih tinggi atau karena kondisi kecerdasan manusia yang diperjelas dan diagungkan.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Negara-negara Skandinavia dan Nordik

Alumbrados (bahasa Spanyol yang berarti “tercerahkan”) termasuk golongan pertama Illuminati yang muncul di Spanyol.

Sejarawan Spanyol Marcelino Menéndez y Pelayo pertama kali menemukan nama tersebut sekitar tahun 1492 (dalam bentuk aluminados, 1498).

Salah satu pemimpin mereka yang paling awal adalah María de Santo Domingo, yang kemudian dikenal sebagai La Beata de Piedrahita.

Dari kelompok yang berbeda adalah Rosicrucian, yang mengaku telah ada sejak tahun 1422 tetapi baru mendapat perhatian publik pada 1537.

Ajaran mereka menggabungkan sesuatu dari Hermetisme Mesir, Gnostisisme Kristen, Kabbala Yahudi, alkimia, dan berbagai kepercayaan dan praktik okultisme lainnya.

Baca juga: Mengenal Bangsa Celtic yang Disebut sebagai Leluhur Bangsa Eropa

Illuminati modern

Mungkin kelompok yang paling dekat hubungannya dengan nama Illuminati adalah gerakan pemikiran bebas yang didirikan pada 1 May 1776 oleh Adam Weishaupt.

Profesor hukum kanon di Ingolstadt dan mantan Jesuit bahkan disebut sebagai pelopor Illuminati. Para anggota perkumpulan rahasia ini menyebut diri mereka “Perfectibilists”.

Mengutip laman National Geographic, Weishaupt adalah keturunan Yahudi yang menjadi Kristen. Ia lahir pada 1748 di Ingolstadt, sebuah kota di Electorate of Bavaria (sekarang bagian dari Jerman).

Bavaria pada saat itu sangat konservatif dan Katolik. Weishaupt bukan satu-satunya yang percaya bahwa monarki dan gereja menindas kebebasan berpikir.

Baca juga: 5 Teori Konspirasi Paling Populer di Dunia, Apa Saja?

Yakin bahwa gagasan keagamaan tidak lagi menjadi sistem kepercayaan yang memadai untuk mengatur masyarakat modern, ia memutuskan untuk mencari bentuk “iluminasi” lain.

Pemikirannya menawarkan kebebasan dari segala prasangka agama, memupuk kebajikan sosial, dan menjiwainya dengan prospek kebahagiaan universal yang besar, layak, dan cepat.

Untuk mencapai hal tersebut, Weishaupt menganggap perlu menciptakan keadaan kebebasan dan kesetaraan moral, bebas dari hambatan subordinasi, pangkat, dan kekayaan.

Pada malam 1 Mei 1776, kelompok Illuminati bertemu di hutan dekat Ingolstadt untuk mendirikan golongannya dan menetapkan aturan-aturan yang akan mengatur tatanan tersebut.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Teori Konspirasi? Berikut Penjelasannya

Selama tahun-tahun berikutnya, perkumpulan rahasia Weishaupt berkembang pesat dalam hal ukuran dan keragaman.

Setelah Revolusi Perancis dimulai pada tahun 1789, Illuminati dituduh menginginkan pemberontakan serupa melawan rezim Bavaria. Ditambah adanya konflik internal dalam kelompok tersebut yang menyebabkan beberapa anggota keluar.

Puncaknya terjadi saat ada mantan anggotanya yang membongkar rahasia melalui surat ke Grand Duchess of Bavaria.

Salah satu isinya menyatakan bahwa Illuminati berkonspirasi melawan Bavaria atas nama Austria.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Angin Matahari? Simak Penjelasan Berikut

Duke-Elector of Bavaria mengeluarkan dekrit pada Juni 1784 yang melarang pembentukan kelompok masyarakat apa pun yang sebelumnya tidak diizinkan oleh hukum.

Kemudian pada Maret 1785, penguasa Bavaria mengeluarkan dekrit kedua, yang secara tegas melarang kelompok Illuminati tersebut.

Meski telah lama dilarang, warisan Illuminati bertahan dan dan memengaruhi berbagai karya fiksi populer, serta memicu banyak teori konspirasi.

Termasuk tuduhan membantu merencanakan Revolusi Perancis dan telah dikaitkan dengan peristiwa seperti pembunuhan John F. Kennedy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi