Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Kemewahan Prosesi "Royal Wedding" 10 Hari Pangeran Mateen

Baca di App
Lihat Foto
AFP/MOHD RASFAN
Foto Pangeran Mateen (kiri) dan calon istrinya, Anisha Rosnah (kanan) dipasang di jalan raya dengan bahasa Melayu yang berarti Allah melindungi pasangan kerajaan ini. Acara puncak pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha digelar pada Kamis (11/1/2024), sedangkan rangkaian semua acaranya berlangsung sepuluh hari.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Pangeran Brunei Darussalam Abdul Mateen (32) resmi melangsungkan akad nikah dengan Anisha Rosnah (29), pada hari ini, Kamis (11/1/2024).

Mateen adalah anak kesepuluh pemimpin Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah, yang berada di urutan bawah dalam garis suksesi.

Pengantin wanitanya merupakan cucu dari salah satu penasihat utama Sultan, Pehin Dato Isa, dan dilaporkan memiliki merek fesyen dan berkecimpung dalam bisnis pariwisata.

Akad nikah keduanya berlangsung dalam upacara bernama Istiadat Nikah Diraja di Masjid Omar 'Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan, pukul 13.15 waktu setempat atau 12.15 WIB.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesi akad nikah Pangeran Mateen

Dilansir dari Borneo Bulletin, Kamis, Raja Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah tampak menghadiri upacara Istiadat Nikah Diraja itu.

Turut hadir pula jajaran pucuk Kerajaan Brunei, mulai dari Pangeran Haji Al-Muhtadee Billah, Pangeran Abdul Malik, Pangeran Mohamed Bolkiah, Pangeran Haji Sufri Bolkiah, dan Pangeran Haji Jefri Bolkiah.

Kedua mempelai duduk di atas tikar khusus bernama "Kasur Namat" yang diapit empat lilin upacara di sudut dengan sebutan "Dian Empat".

Disebutkan Yang Mulia Pangeran Abdul Mateen tampak gagah mengenakan pakaian tradisional pernikahan kerajaan berwarna putih.

Dengan tegas dan tanpa keraguan, Mateen menyampaikan penerimaan akad nikah yang menandakan resminya hubungan pernikahan antara dia dan mempelai wanita.

Penghormatan 17 tembakan pun dilakukan untuk menandai berakhirnya prosesi Istiadat Akad Nikah Pengantin Diraja.

Kemeriahan pernikahan kerajaan ini masih akan berlangsung hingga 16 Januari 2024.

Baca juga: Profil Pangeran Abdul Mateen dari Brunei yang Akan Gelar Pesta Pernikahan Selama 10 Hari

Pernikahan Pangeran Mateen berlangsung 10 hari

Pernikahan putra Raja Brunei, Pangeran Mateen dengan Anisha Rosnah merupakan pernikahan kerajaan pertama pada tahun ini.

Perayaan pernikahan direncanakan berlangsung selama sepuluh hari, mulai Minggu (7/1/2024) hingga Selasa (16/1/2024) mendatang.

Pada Minggu lalu, seperti dilansir People, Rabu (10/1/2024), keluarga menggelar upacara pranikah berupa khatam Al Quran.

Pada kesempatan itu, Anisha memamerkan tampilan pengantin pertamanya, yang dibagikan oleh desainer Teh Firdaus dengan fotografer Muash Rosman.

"Saya merasa terhormat bisa berperan dalam pernikahan kerajaan Brunei," tulis sang desainer dalam unggahan Instagram.

"Saksikan keanggunan Yang Mulia Dayang Anisha Rosnah Adam Isa Kalebic dalam balutan baju kurung buatan kami yang terbuat dari tenunan Brunei yang rumit, saat ia menampilkan keanggunan dalam acara Khatam Qurannya," lanjutnya.

Foto tersebut menampilkan Anisha yang tampil anggun dengan balutan baju kurung berwarna putih beraksen bordir dan tenun.

Keanggunan mempelai wanita Pangeran Mateen ini kian terpancar dalam balutan hijab bergaya Melayu berwarna senada.

Usai khatam Quran, prosesi pernikahan berlanjut ke Majlis Istiadat Pembukaan Gendang Jaga-jaga pada Senin (8/1/2024).

Esoknya, pada Selasa (9/1/2024), keduanya melangsungkan lamaran melalui sebuah tradisi bernama Majlis Istiadat Menghantar Tanda Diraja dan Pertunangan Diraja, serta Majlis Istiadat Menerima Tanda Diraja dan Pertunangan Diraja.

Digelar di Baitur Rahmah, Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan, prosesi hantaran atau seserahan di negara ini serupa dengan yang ada di Indonesia.

Yakni, pihak mempelai pria memberikan sejumlah hadiah serta barang kepada pihak mempelai wanita.

Baca juga: Pangeran Abdul Mateen Bakal Menikah, Kerajaan Brunei Gelar Pesta 10 Hari

Upacara Berbedak Mandi

Pangeran Mateen dan Anisha yang belum resmi menjadi sepasang suami istri kemudian menggelar upacara Berbedak Mandi di Istana Nurul Iman di ibu kota Bandar Seri Begawan.

Upacara Berbedak Mandi atau powdering ceremony telah dipraktekkan selama ratusan tahun di kawasan Melayu dan Brunei.

Dikutip dari The National News, upacara yang digelar pada Rabu (10/1/2024) menjelang hari pernikahan ini mengharuskan calon pengantin pria dan wanita digosok oleh keluarga dan kerabat menggunakan bedak lulur tradisional.

Dalam beberapa versi, bedak dioleskan pada seluruh tubuh pasangan oleh anggota keluarga masing-masing. Ritual ini dimaksudkan untuk melambangkan kesuburan dan kekayaan.

Pangeran Mateen adalah orang pertama yang tiba, mengenakan pakaian pernikahan tradisional merah dengan lambang kebesaran kerajaannya.

Ritual ini dimulai dengan parade 40 pembawa tombak yang dilanjutkan dengan penembakan 17 meriam.

Sultan dan istrinya, Raja Isteri Pengiran Anak Hajah Saleha, memulai proses mengoleskan pasta bedak ke telapak tangan Mateen, diikuti seluruh anggota keluarganya.

Setelah selesai, Pangeran Mateen meninggalkan tempat tersebut sebelum Anisha tiba bersama rombongan.

Alih-alih mengenakan busana pengantin berwarna putih, Anisha memilih busana merah yang tampak serasi dengan Mateen, diserta hiasan kepala rumit pada upacara pembedakan.

Sekali lagi, setelah calon mempelai wanita duduk dengan telapak tangan terbuka, sultan dan istrinya mulai melakukan pemberkatan, diikuti oleh hadirin lainnya.

Usai melangsungkan acara puncak akad nikah dan resmi menjadi sepasang suami istri pada Kamis (11/1/2024), pernikahan kerajaan masih akan berlanjut dengan serangkaian tradisi.

Salah satunya, pada Minggu (14/1/2024), kerajaan akan menggelar Majlis Istiadat Bersanding Pengantin Diraja alias resepsi pernikahan dengan mengundang banyak tamu penting.

Prosesi pernikahan kembali dilanjutkan dengan Majlis Persantapan Diraja pada Senin (15/1/2024).

Terakhir, pesta pernikahan akan ditutup dengan Majlis Istiadat Membaca Doa Selamat dan Menutup Gendang Jaga-jaga pada Selasa (16/1/2024).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi