Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Ekuador Darurat Nasional, KBRI: Kondisi Terkini Mulai Membaik

Baca di App
Lihat Foto
AFP/RODRIGO BUENDIA
Pasukan keamanan Ekuador berpatroli di sekitar alun-alun utama dan istana kepresidenan setelah Presiden Daniel Noboa menyatakan konflik bersenjata internal, dan memerintahkan tentara melakukan operasi militer melawan kartel narkoba di pusat kota Quito pada 9 Januari 2024.
|
Editor: Mahardini Nur Afifah

KOMPAS.com - Perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Quito, Ekuador, memastikan kondisi negara di Amerika Selatan itu membaik pascakerusuhan yang terjadi sejak Minggu (7/1/2024).

Kerusuhan yang disebabkan gembong narkoba Adolfo Macias kabur dari tahanan itu membuat geng pimpinannya Los Choneros menyerang penjara, stasiun televisi, serta lingkungan sekitar penduduk.

Duta Besar Indonesia untuk Ekuador, Agung Kurniadi mengungkapkan, kondisi Ekuador kini mulai membaik setelah pemerintah menetapkan keadaan darurat nasional selama 60 hari, per Senin (8/1/2024).

"Tiga hari pasca-ditetapkan darurat nasional, situasi keamanan segera berangsur membaik. Ketakutan mulai mereda," ujarn Agung, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/1/2024) malam.

Tak hanya itu, dia memastikan kondisi 48 warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Ekuador juga baik-baik saja.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Ekuador Darurat Nasional, Bagaimana Kondisi WNI?


Kondisi terkini di Ekuador

Dubes Agung menjelaskan, situasi ibu kota Quito di Ekuador juga mulai lebih tenang. Mal dan toko pinggir jalan, katanya, buka kembali dengan jam kerja normal, pada Jumat (12/1/2024).

"Sehari sebelumnya (Kamis (11/1/2024)), mereka hanya buka hingga pukul 16.00 (waktu setempat)," lanjut dia.

Menurut dia, situasi di ibu kota Quito relatif lebih tenang dibanding dengan Guayaquil yang berjarak hampir 500 km dari pusat negara terebut.

Kota Guayaquil sempat mengalami ketegangan akibat pasukan bersenjata menyerang salah satu stasiun televisi di sana dan menyekap para awak media yang tengah melakukan siaran langsung.

"Di Guayaquil, masyarakat umumnya masih wait and see, kendati supermarket dan kafe terlihat ada pengunjung. Bus sudah lalu lalang namun hanya terisi beberapa penumpang," tambah Agung.

Sementara itu, dia menyatakan pemerintah Ekuador juga membuat kebijakan pelajar dan mahasiswa belajar di rumah hingga akhir pekan ini. Kebijakan tersebut menurutnya dapat membantu meredakan ketegangan di sana.

Baca juga: Kabur dari Penjara dan Picu Ketegangan di Ekuador, Siapa Adolfo Macias?

Pertarungan belum usai

Meski situasi disebut mulai membaik, pertarungan antara pemerintah Ekuador dan geng narkoba pimpinan Adolfo Macias cs belum usai. Gembong narkoba itu masih belum diketahui keberadaannya hingga kini.

Diberitakan BBC (12/1/2024), diperkirakan 178 petugas penjara masih disandera oleh geng tersebut di penjara Ambato, Ekuador.

Polisi baru memberi tahu anggota keluarga bahwa mereka sedang menunggu perintah untuk masuk penjara. Namun, seorang anggota keluarga mengaku belum melihat pergerakan dari polisi selama berhari-hari.

Terlepas dari ketegangan yang masih dirasakan, beberapa penduduk Ekuador memaksakan diri untuk kembali bekerja setelah tidak mendapat penghasilan selama dua hari terakhir.

Namun, mereka tetap waspada dan saling mengawasi jika ada tanda-tanda kemunculan pasukan bersenjata ke jalanan.

"Saya tidak takut mati. Saya hanya ingin melihar perdamaian kembali di Ekuador," kata seorang warga.

Baca juga: Kondisi Dalam Negeri Mencekam, Ini Penyebab Krisis Keamanan di Ekuador

Terapkan kebijakan ketat

Untuk mencegah kerusuhan kembali terjadi, pemerintah Ekuador mulai menerapkan kebijakan yang lebih ketat terutama di perbatasan negara tersebut.

Dikutip dari media lokal Bloomberg Linea (12/1/2024), Kementerian Dalam Negeri Ekuador mengharuskan turis asing kecuali anak dan remaja harus melampirkan catatan kriminal mereka sebelum masuk negara tersebut lewat perbatasan Peru dan Kolombia.

Surat keterangan catatan kriminal harus secara sah diterbitkan negara asal atau tempat tinggal turis tadi selama lima tahun terakhir.

Operasi militer juga terus dilakukan oleh Tim Gabungan Angkatan Bersenjata Ekuador. Setidaknya 329 penjahat dan 28 narapidana telah ditangkap dari kejadian ini.

Dilansir dari media Diario de Centro America (12/1/2024), sebanyak 61 senjata api telah disita dari para penjahat. Aparat keamanan juga berhasil membebaskan 41 sandera meski masih ada ratusan petugas penjara disekap.

Sementara itu, Presiden Ekuador Daniel Noboa menyatakan pihaknya meminta bantuan militer dari lebih dari 38 negara tetangga, termasuk Argentina dan Amerika Serikat.

Diberitakan media lokal Reporte Diario (12/1/2024), dia menyatakan butuh dukungan militer dari rakyat, tentara, serta bantuan intelijen, artileri, dan senjata untuk mengatasi masalah keamanan di negara tersebut.

Argentina dan Amerika Serikat telah menyatakan kesanggupan mereka untuk bergabung memerangi kejahatan dan membetikan bantuan keamanan di Ekuador.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi