Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Bergabung sejak: 30 Agu 2022

Konsultan, self-discovery coach, & trainer yang telah menulis 28 buku best seller. Cofounder & Chief Editor Kampusgw.com yang kerap kali menjadi pembicara pada beragam topik di kota-kota populer di Asia-Pasifik seperti Jakarta, Singapura, Kuala Lumpur, Manila, Bangkok, Dubai, dan New Delhi. Founder & Host The Grandsaint Show yang pernah masuk dalam Top 101 podcast kategori Self-Improvement di Apple Podcasts Indonesia versi Podstatus.com pada tahun 2021.

Menjaga Fokus di Abad Digital

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Freepik
Ilustrasi digitalisasi perusahaan sebagai kunci persaingan bisnis di era digital
Editor: Sandro Gatra

FOKUS. Itulah salah satu tantangan terbesar di abad digital ini. Era ketika kita dibombardir dengan "gangguan" tak terbatas bernama notifikasi.

Entah dari Whatsapp, Instagram, TikTok, YouTube, Facebook, Twitter dan sebagainya.

Dalam bukunya, Attention Span: A Groundbreaking Way to Restore Balance, Happiness and Productivity, profesor Gloria Mark berbagi penelitian selama dua dekade tentang bagaimana teknologi telah memengaruhi kemampuan kita untuk fokus di tempat kerja dan di rumah — dan bagaimana kita dapat mulai mendapatkan keterampilan tersebut kembali.

Dia melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa pada 2004, rata-rata pekerja kantoran berpindah tugas setiap 2,5 menit. Pada 2012, setiap tujuh puluh lima detik, dan pada 2022, setiap empat puluh lima detik. Bagaimana bisa?

Orang-orang secara bertahap menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan teknologi, dan teknologi membuat kita sulit untuk fokus karena memberikan gangguan eksternal yang tidak terbatas.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel pintar memberi kita akses ke layar sepanjang waktu, dan hal-hal seperti pesan teks dan email membuat kita keluar dari tugas saat ini.

Namun gangguan eksternal bukan satu-satunya masalah di dunia yang semakin digital. Manusia sebenarnya secara inheren termotivasi untuk menginterupsi diri sendiri, yang berarti kita terus-menerus terdorong untuk melakukan hal lain.

Jadi meskipun kita mematikan sinyal audio atau visual, mengetahui bahwa kita dapat menghentikan tugas kita saat ini kapan saja untuk online atau memeriksa media sosial sulit untuk diabaikan.

Kita tahu dari penelitian selama puluhan tahun bahwa ketika orang mengalihkan perhatiannya, setiap tugas membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan, dan mereka lebih mungkin melakukan kesalahan.

Ada istilah yang disebut dengan biaya peralihan (switch cost), yang berarti meskipun interupsinya singkat, dibutuhkan waktu untuk kembali ke alur tugas semula.

Namun selain menghambat produktivitas, pengalihan perhatian juga menyebabkan stres. Berdasarkan temuan Profesor Gloria tersebut, terjadi lonjakan tingkat stres setiap kali kita kedatangan gangguan.

Pentingnya fokus

Menjaga diri agar tetap fokus adalah cara tercepat untuk mewujudkan gol kita. Ketika kita sudah jelas apa yang paling penting bagi diri sendiri, di tempat kerja dan dalam kehidupan pribadi, perhatian terfokus adalah apa yang kita perlukan untuk mencapainya.

Fokus memungkinkan kita membuat prioritas, membuat keputusan yang tepat mengenai aktivitas apa yang akan menghabiskan waktu kita (dan tidak menghabiskan waktu), fokus membantu mengurangi aktivitas yang sebenarnya membuang-buang waktu, dan menyelesaikan hal-hal yang benar-benar penting.

Fokus dapat menambah nilai besar dalam hidup dan kesejahteraan kita (dan kesejahteraan orang-orang di sekitar).

Di dunia yang penuh dengan gangguan digital yang datang dari begitu banyak saluran komunikasi pada saat yang bersamaan, bagaimana kita sebenarnya melakukan hal ini?

Kita sekarang tahu bahwa multitasking – yaitu melakukan banyak hal pada waktu yang sama – bukanlah suatu pilihan.

Dengan mencoba melakukan ini, kita kehilangan banyak energi (kita sebenarnya beralih antartugas) dan membatasi diri untuk melakukan tugas apa pun dengan baik.

Kita tidak mampu memberikan perhatian yang cukup pada hal-hal penting, mungkin mengalami stres, dan bahkan mulai merasa kewalahan. Pada akhirnya tidak akan punya cukup energi untuk berkonsentrasi pada hal yang benar-benar penting.

Lantas, bagaimana jurus untuk menjaga tingkat fokus kita di tengah gempuran informasi yang tak tak terbendung?

Pertama, menetapkan niat. Selama kita siap dan jelas mengenai apa yang penting, ketika sudah memutuskan dengan pasti di mana harus memusatkan perhatian, akan lebih sulit untuk terjebak dalam momen gangguan.

Selama aktivitas sehari-hari, kita dapat mengurangi banyak stres jika mempunyai tujuan di depan pikiran. Kita dapat memilih apa yang paling penting dan menetapkan niat positif untuk maju.

Kedua, menerapkan aturan ABC. Kita perlu menyadari bahwa selalu punya pilihan. Kita bisa menyerah pada gangguan tersebut, atau terus melakukan apa yang penting.

Setelah mengetahui hal itu, kita bisa bernapas dalam-dalam. Mengambil jarak dan rileks.

Ketiga, memilih opsi apa yang akan diikuti. Ini akan memperlambat respons impulsif kita, memberi waktu untuk mengabaikan gangguan tersebut dan melanjutkan hal-hal yang lebih penting.

Keempat, memanfaatkan alat dan teknologi online. Rentang perhatian kita sangat kecil ketika harus bersaing dengan semua bunyi bip dan getaran yang berasal dari gadget kesayangan.

Peringatan dan pemberitahuan itu mengirimkan pesan ke otak bahwa ada hal lain yang sangat membutuhkan perhatian kita.

Otak melepaskan dopamin yang mungkin menyebabkan kecanduan terhadap sinyal-sinyal ini. Sementara itu, sebagian besar notifikasi jarang bersifat mendesak atau bahkan relatif tidak penting.

Kita dapat menggunakan alat online sederhana dan gratis atau teknologi lain untuk membantu mengelola saluran komunikasi.

Ini juga akan membantu mengetahui bahwa tidak setiap notifikasi bersifat mendesak dan ini akan memungkinkan merasakan konsentrasi yang dapat kita nikmati tanpa gangguan.

Berdasarkan pengalaman penulis, terdapat sejumlah aplikasi yang dapat kita coba manfaatkan. Di antaranya adalah ClickUp, Focus Bear, Forest, Serene, dan Taskade.

Kelima, menyeimbangkan emosi. Berbagai pakar psikologi merekomendasikan keseimbangan emosi positif dan negatif 3:1 untuk fokus optimal.

Mengapa demikian? Mereka menemukan bahwa otak kita menganggap emosi negatif sebagai ancaman yang menghambat kemampuan untuk melakukan tugas kognitif lainnya.

Beristirahat sejenak dari rangsangan yang memicu reaksi negatif dapat membantu kita menjaga keseimbangan ini.

Dan lebih baik lagi, kita dapat berganti dengan aktivitas yang memicu emosi positif. Istirahat sejenak, dengarkan musik, jalan-jalan sebentar, misalnya. Ini membantu menjaga keseimbangan.

Keenam, berlatih mindfulness. Bermeditasi hanya beberapa menit sehari atau mengembangkan rutinitas lain seperti tidur yang cukup, berolahraga, menghabiskan lebih banyak waktu di alam terbuka, atau memikirkan tiga hal yang kita syukuri sebelum tidur, dapat berdampak nyata pada kemampuan kita untuk berkonsentrasi dan fokus. Kegiatan-kegiatan ini membantu mengatur diri secara emosional.

‍Di "zaman now", fokus memang menjadi tantangan yang tidak dapat diremehkan. Dan keputusan tersulit yang harus diambil adalah tentang segala hal yang tidak menjadi fokus kita.

Menurut CEO Apple saat ini Tim Cook, pelajaran terpenting yang ia peroleh dari mendiang Steve Jobs (Pendiri Apple) adalah fokus. Karena hanya dengan itu dirinya dapat melakukan hal-hal tertentu dengan baik.

Dia mengungkapkan, Apple mengatakan "tidak" pada banyak ide bagus, agar bisa menghasilkan ide yang bagus.

Nah, bagaimana dengan Anda? Bisakah Anda tidak membuka Whatsapp selama tiga jam saja? Bisakah Anda "berpuasa" dari Facebook, Instagram, TikTok, atau YouTube satu hari saja?

Mari kita tingkatkan fokus untuk mendongkrak produktivitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi