Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Rutin Minum Air Rebusan Kunyit dan Madu, Apa Saja?

Baca di App
Lihat Foto
Dok.Shutterstock
Manfaat kunyit dan madu untuk kesehatan.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Kunyit dan madu, keduanya telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa kondisi kesehatan.

Kunyit memiliki senyawa penting yang disebut kurkuminoid. Sama seperti polifenol, kurkuminoid memiliki beberapa khasiat penyembuhan yang membuat kunyit sangat kuat, dikutip dari Times of India (23/2/2019).

Senyawa ini juga merupakan antioksidan yang sangat kuat dan mengandung sifat antiseptik, antibakteri, antijamur, serta antiinflamasi yang dapat membantu mengobati luka dan alergi.

Sementara itu, madu memiliki manfaat untuk melawan infeksi tanpa menimbulkan bakteri resisten seperti antibiotik modern. Banyak ilmuwan bahkan menyatakan, madu lebih kuat dibandingkan kebanyakan antibiotik konvensional.

Madu juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi, baik dengan cara mengoleskannya secara langsung atau pun dikonsumsi secara oral.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantas, apa manfaat minum air rebusan kunyit ditambah madu?

Baca juga: Ini 4 Kelompok Orang yang Sebaiknya Membatasi Minum Air Rebusan Jahe, Kunyit, dan Serai


Manfaat rebusan kunyit ditambah madu

Lihat Foto
Freepik/azerbaijan_stockers
Ilustrasi kunyit campur madu. Ramuan kunyit campur madu dapat membantu meredakan gejala asam lambung. Namun, mengonsumsi berlebihan berpotensi memicu sejumlah efek samping.
1. Mengurangi peradangan

Kunyit dan madu, keduanya memiliki sifat antiinflamasi yang dapat secara efektif mengurangi peradangan pada tubuh, dilansir dari Allo Health (14/7/2023).

Peradangan dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Kurkumin pada kunyit menghambat produksi molekul inflamasi, sedangkan madu mengandung flavonoid yang memiliki efek antiinflamasi.

Penelitian menunjukkan, kombinasi kunyit dan madu bisa lebih efektif dalam mengurangi peradangan dibandingkan hanya menggunakan satu bahan saja.

Hal ini lantaran madu dapat berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kurkumin kunyit sehingga lebih mudah dimanfaatkan oleh tubuh.

Selain itu, gula alami dalam madu memberikan sumber energi yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dalam membantu proses penyembuhan.

Baca juga: 4 Manfaat Rutin Minum Air Rebusan Jahe, Kunyit, dan Serai, Apa Saja?

2. Melindungi dari radikal bebas

Kunyit dan madu memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi terhadap penyakit kronis.

Kurkumin dalam kunyit merupakan antioksidan kuat, sedangkan madu mengandung antioksidan seperti polifenol dan flavonoid.

Penelitian menunjukkan, kombinasi kunyit dan madu mungkin memiliki efek antioksidan yang lebih besar dibandingkan bila dikonsumsi secara terpisah.

Sebab, madu dapat meningkatkan penyerapan kurkumin pada kunyit sehingga memungkinkan aktivitas antioksidan lebih besar dalam tubuh.

3. Melawan infeksi

Kunyit dan madu memiliki sifat antibakteri alami yang dapat secara efektif melawan bakteri penyebab infeksi.

Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan kurkumin dalam kunyit dan hidrogen peroksida dalam madu dengan sifat antibakterinya.

Selain sifat antibakterinya, kunyit dan madu juga memiliki efek anti inflamasi.

Kurkumin pada kunyit terbukti dapat mengurangi peradangan pada tubuh, sedangkan madu mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif.

Baca juga: Bantu Redakan Asam Lambung, Ini Efek Samping Minum Kunyit Campur Madu

4. Mengobati gangguan pencernaan

Kunyit dan madu dapat membantu pencernaan karena sifat antiinflamasi dan antibakterinya.

Mengonsumsi air rebusan kunyit dan madu secara rutin terbukti dapat mengurangi gejala  gangguan pencernaan seperti kembung dan gas.

Pasalnya, kurkumin dalam kunyit merangsang produksi enzim pencernaan, sedangkan madu memiliki sifat prebiotik yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Kunyit dan madu bermanfaat bagi kulit karena sifat antiinflamasi dan antioksidannya. Kandungan ini dapat membantu mencegah jerawat, mengurangi peradangan, dan mencerahkan kulit.

Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan mengonsumsinya secara rutin  atau pun dengan menjadikannya masker wajah.

Saat menggunakan masker wajah kunyit dan madu, penting untuk melakukan uji tempel terlebih dahulu untuk memastikan Anda tidak alergi terhadap salah satu bahan tersebut.

Baca juga: Potensi Khasiat Kunyit untuk Turunkan Kolesterol Jahat

6. Meningkatkan imunitas tubuh

Air rebusan kunyit dan madu dapat meningkatkan imunitas tubuh karena sifat antibakteri dan antiinflamasi yang ada di dalam kedua bahan tersebut.

Kombinasi kedua bahan tersebut dapat membantu melawan infeksi dan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

Mengonsumsi kunyit dan madu secara rutin dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko pilek, flu, dan infeksi lainnya.

Tak hanya khasiatnya yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, kunyit dan madu memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Kunyit telah terbukti memiliki sifat antikanker dan dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh.

Sebaliknya, madu telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat alami untuk batuk dan sakit tenggorokan. Madu juga memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu menenangkan sistem pencernaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi