Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Kargo Atlas Air di Miami AS Terbakar Saat Terbang, Diduga Karena Mesin Berlubang

Baca di App
Lihat Foto
X
Tangkapan layar pesawat Boeing 747 Atlas Air terbakar pada bagian mesin ketika terbang.
|
Editor: Mahardini Nur Afifah

KOMPAS.com - Pesawat kargo milik Atlas Air mengalami kebakaran ketika terbang, sesaat selepas lepas landas di Florida, Amerika Serikat (AS), Kamis (18/1/2024).

Pesawat jenis Boeing 747-8 yang terbakar di bagian kiri sayapnya ini lantas melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Miami, Florida AS. 

Tidak ada korban jiwa dan luka-luka dalam kecelakaan pesawat kargo Atlas Air tersebut. Kelima awak dan kru pesawat berhasil selamat.

Video yang menampakkan api keluar dari sayap kiri pesawat kargo Atlas Air di udara pun ramai dibincangkan di media sosial Instagram, Kamis. Video tersebut diunggah oleh akun @only*nd*d* di Instagram.

"Rekaman menunjukkan sebuah pesawat yang terlihat mengeluarkan percikan api saat terbang di atas Miami. Pesawat dilaporkan telah mendarat dengan selamat,'' tulisnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Pesawat ANA Kembali ke Bandara Tokyo Usai Penumpang Gigit Pramugari

Dikutip dari Reuters, Sabtu (20/1/2024), pihak Administrasi Penerbangan Federal atau Federal Aviation Administratio (FAA) dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS langsung melakukan penyelidikan terkait kebakaran pesawat kargo Atlas Air itu.

Menurut penyelidikan FAA, penyebab kebakaran pesawat kargo Atlat Air kemungkinan berasal dari lubang seukuran bola softball pada bagian atas mesin. 

Lubang ini diduga kuat menjadi penyebab utama kerusakan mesin yang menimbulkan keluarnya api pada bagian sayap kiri pesawat.

Baca juga: Pintu Macet, Penumpang Pesawat Terkunci di Toilet hingga Mendarat


Kronologi kebakaran pesawat kargo Atlas Air

Dilansir dari Simple Flying, pesawat kargo Boeing 747-8 Atlas Air sedianya terbang dari Miami International Airport (MIA) menuju ke San Juan Luis Munoz Marin International Airport (SJU), Puerto Rico.

Pesawat lepas landas dari Bandara Florida pada pukul 22.32 waktu setempat (UTC-5), dengan jadwal keberangkatan awalnya pada pukul 21.00 waktu setempat.

Baru sekitar 13 menit mengudara, tiba-tiba pilot melakukan panggilan darurat sekitar pukul 22.33 waktu setempat. Ia menyatakan pesawat mengalami kerusakan mesin.

"Mayday, mayday. Kami mengalami kebakaran mesin. Minta akses kembali ke bandara. Penerbangan tidak akan kami lanjutkan. Kami membawa lima awak," ucap sang pilot dalam rekaman yang diperoleh NBC News.

Pesawat diketahui mengalami masalah saat berada diketinggian 3.875 kaki atau sekitar 1.181 meter.

Para kru kemudian mengatakan kepada pengawas keberangkatan bahwa mesin nomor dua pesawat, atau pembangkit listrik bagian dalam di sayap kiri, mengalami masalah.

Pada akhirnya, pesawat kargo Boeing 747-8 ini diizinkan untuk melakukan pendaratan darurat ke bandara di Miami.

Kabar insiden ini pun dibenarkan oleh Juru Bicara Atlas Air yang mengatakan, Boeing 747-8 memang mengalami kerusakan mesin sesaat setelah berangkat dari bandara setempat.

Baca juga: Saat Penumpang Pesawat Kehilangan 50.000 Dollar Hong Kong dan Diganti Setumpuk Uang Rp 2.000...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: nbc, Reuters
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi