Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Terjadi pada Tubuh Ketika Minum Vitamin C Setiap Hari?

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Shutterstock
Ilustrasi vitamin C
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Vitamin C (asam askorbat) adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan dari berbagai kondisi. 

Dilansir dari Mayo Clinic, vitamin C dapat berfungsi dalam pembentukan pembuluh darah, tulang rawan, otot, kolagen pada tulang, dan penting untuk proses penyembuhan tubuh.

Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari efek radikal bebas, yang mana efek ini dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya. 

Namun, vitamin C tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Anda dapat mendapatkan vitamin C dari buah jeruk, beri, tomat, paprika, kubis Brussel, brokoli, dan bayam.

Selain itu, vitamin C juga tersedia sebagai suplemen oral, biasanya dalam bentuk kapsul dan tablet kunyah. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Namun, bolehkan vitamin C dikonsumsi setiap hari?

Baca juga: Apa yang Terjadi jika Mengonsumsi Vitamin D Setiap Hari?


Ini yang terjadi saat mengonsumsi vitamin C setiap hari

Kebanyakan orang mendapatkan cukup vitamin C dari makanan sehat dan suplemen. Namun, kekurangan vitamin C lebih mungkin terjadi pada orang-orang, seperti berikut:

Kekurangan vitamin C yang parah dapat menyebabkan penyakit yang disebut penyakit kudis, yang menyebabkan anemia, gusi berdarah, memar, dan penyembuhan luka yang buruk.

Beberapa penelitian yang meneliti efek penggunaan vitamin C untuk kondisi tertentu menunjukkan adanya manfaat mengonsumsi vitamin C setiap hari yang bermanfat bagi tubuh.

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi vitamin C setiap hari:

1. Menurunkan risiko kanker

Mengonsumsi makanan yang kaya buah-buahan dan sayuran dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, dan paru-paru.

Namun, belum jelas apakah efek perlindungan ini ada hubungannya dengan kandungan vitamin C dalam makanan.

Di sisi lain, mengonsumsi suplemen vitamin C oral tampaknya tidak memberikan manfaat yang sama dengan vitamin c alami.

Baca juga: Disebut Bisa Atasi Kantuk, Bolehkah Vitamin C 1000 Dikonsumsi Setiap Hari?

2. Mengobati flu

Mengonsumsi suplemen vitamin C dapat bermanfaat untuk mengobati flu.

Beberapa bukti penelitian menunjukkan bahwa manfaat mengonsumsi suplemen vitamin C secara teratur untuk mengurangi durasi atau tingkat keparahan pilek.

3. Mencegah katarak

Mengonsumsi suplemen vitamin C oral yang dikombinasikan dengan vitamin dan mineral lain tampaknya mencegah memburuknya degenerasi makula terkait usia (AMD).

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang memiliki kadar vitamin C lebih tinggi dalam makanannya memiliki risiko lebih rendah terkena katarak.

Baca juga: Ramai soal Vitamin C 1000 Mg Bikin Tak Mengantuk Seharian, Benarkah?

Berapa batas asupan vitamin C harian?

Meskipun vitamin C baik dikonsumsi setiap hari, namun kebutuhan vitamin C harian setiap orang bervariasi, tergantung pada usia, jenis kelamin, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sebagai contoh, orang yang sering terkena paparan asap rokok dapat meningkatkan kebutuhan vitamin C, dikutip dari Medicine Net.

Namun demikian, para ahli telah merekomendasikan batas konsumsi vitamin C sebagai berikut:

  • 1-3 tahun 400 mg
  • 4-8 tahun 650 mg
  • 9-13 tahun 1.200 mg
  • 14-18 tahun 1.800 mg
  • 19 tahun dan lebih tua 2.000 mg.

Batas harian untuk vitamin C tersebut sudah termasuk yang diperoleh dari semua sumber makanan, minuman, dan suplemen.

Selain itu, batas konsumsi vitamin C setiap orang dapat bervariasi tergantung apakah mereka memiliki kondisi yang mendasarinya.

Misalnya, jika Anda memiliki penyakit ginjal kronis, penyakit hati kronis, riwayat batu ginjal, atau asam urat, maka tidak boleh mengonsumsi vitamin C lebih dari 1.000 mg per hari.

Kemudian, saat sedang hamil, Anda juga harus menghindari suplementasi vitamin C dalam dosis besar karena dapat menyebabkan kekurangan vitamin C pada bayi setelah melahirkan.

Baca juga: Bukan Jeruk, Ini 6 Buah dengan Kandungan Vitamin C Terbanyak

Efek samping konsumsi vitamin C

Suplemen vitamin C harus digunakan dengan hati-hati, terlebih bila Anda mengonsumsi obat tertentu seperti obat penurun lipid (niasin dan statin) atau obat tertentu yang digunakan untuk penyakit alzheimer.

Selain itu, konsumsi vitamin C juga dapat mengganggu pengobatan kanker (kemoterapi dan terapi radiasi). Asupan vitamin C yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping berikut:

  • Diare
  • Mual
  • Muntah
  • Kram perut
  • Sakit kepala
  • Kesulitan tidur (insomnia)
  • Kelelahan
  • Mulas.

Jika Anda memiliki hemochromatosis, asupan vitamin C yang berlebihan dapat memperburuk kondisi dan menyebabkan kerusakan organ.

Hemokromatosis merupakan kondisi turunan yang menyebabkan tubuh menyerap terlalu banyak zat besi dari makanan yang dikonsumsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi