Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba-serbi Piala Oscar 2024, Jadwal dan Daftar Lengkap Nominasinya

Baca di App
Lihat Foto
RODNAE Productions / Pexels
Ilustrasi piala Oscar
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Penghargaan film Academy Awards atau sering disebut Piala Oscar akan kembali diadakan tahun ini.

Pada Selasa (23/1/2024), Academy Awards ke-96 atau Piala Oscar 2024 telah mengumumkan nominasi penghargaan tersebut.

Film Oppenheimer buatan sutradara Christopher Nolan mendominasi penghargaan ini dengan 13 nominasi, seperti diberitakan Kompas.com (13/1/2024).

Selanjutnya, ada Poor Things karya Yorgos Lanthimos dengan 11 nominasi dan Killers of the Flower Moon karya Martin Scorsese dengan 10 nominasi.

Berikut hal-hal yang perlu diketahui jelang penyelenggaraan Piala Oscar 2024.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Golden Globes 2024, Ada Oppenheimer dan Barbie


Kapan Piala Oscar 2024 diadakan?

Dikutip dari People (23/1/2024), Piala Oscar 2024 atau Academy Awards ke-96 akan diadakan di Dolby Theatre, Ovation Hollywood, AS pada Minggu (10/3/2024) mulai pukul 19.00 waktu setempat atau Senin (11/3/2024) pukul 07.00 WIB.

Gelaran tersebut akan dipandu oleh Jimmy Kimmel sebagai pembawa acara. Ini akan menjadi penampilan keempatnya di Piala Oscar.

Meski begitu, nama-nama presenter yang mengumumkan hadiah belum diungkapkan oleh pihak Academy Awards.

Baca juga: Perbandingan Film Barbie Vs Oppenheimer, Pilih Menonton yang Mana?

Daftar lengkap nominasi Piala Oscar 2024

Oppenheimer menjadi film yang paling banyak dinominasikan dalam penghargaan tahun ini. Berikut daftar lengkap nominasi Piala Oscar 2024.

Best Picture Best Director Best Actor Best Actress Best Supporting Actor Best Supporting Actress Best Original Screenplay Best Adapted Screenplay Best Animated Picture Best International Feature Film Best Documentary Feature Film Best Original Score Best Original Song Best Cinematography Best Film Editing Best Sound Best Production Design Best Makeup and Hairstyling Best Costume Design Best Visual Effects Best Documentary Short Film Best Live Action Short Film Best Animated Short Film

Baca juga: Ali Wong dan Steven Yeun Menangi Golden Globes 2024, Jadi Keturunan Asia Pertama Kategori Artis Terbaik Serial Terbatas

Gagal masuk nominasi Piala Oscar 2024

Dilansir dari Deadline (23/1/2024), daftar nominasi Piala Oscar 2024 cukup mengejutkan. Ini karena banyak sineas maupun karya film populer yang tidak dinominasikan.

Leonardo DiCaprio yang berakting di Killers of the Flower Moon tidak masuk nominasi kategori aktor terbaik. Padahal, film itu cukup sukses dengan mendapatkan 10 nominasi lainnya.

Margot Robbie yang populer di 2023 berkat aktingnya sebagai Barbie juga absen dari nominasi aktris terbaik. Meski, dia bisa saja memenangkan penghargaan film terbaik sebagai produser film Barbie.

Sutradara Greta Gerwig pembuat film Barbie dan Alexander Payne pencipta The Holdovers yang pernah menang penghargaan skenario terbaik juga tidak masuk nominasi sutradara terbaik.

Dalam kasus Greta Gerwig, film Barbie buatannya padahal mengantongi delapan nominasi, antara lain film terbaik, aktor pendukung terbaik (Ryan Gosling), aktris pendukung terbaik (America Ferrera), dan skenario adaptasi terbaik.

Hal yang mengejutkan lainnya, film dokumenter Still: A Michael J. Fox Movie dan American Symphony juga tidak masuk dalam nominasi film fitur dokumenter terbaik. Padahal, keduanya cukup populer.

Untuk menentukan pemenang penghargaan ini, anggota Academy Awards akan memberikan suara pada 22-27 Februari 2024.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi