Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Khasiat Daun Talas untuk Kesehatan, Apa Saja?

Baca di App
Lihat Foto
Wikimedia
Ilustrasi daun talas.
|
Editor: Mahardini Nur Afifah

KOMPAS.com - Umbi talas biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan camilan atau sayuran.

Tapi, tahukah Anda, daun tanaman bernama Colocasia esculenta ini ternyata juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. 

Untuk lebih jelasnya, kenali beberapa potensi khasiat daun talas untuk kesehatan berikut cara mengolahnya yang tepat. 

Baca juga: 5 Khasiat Daun Murbei untuk Kesehatan, Apa Saja?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 khasiat daun talas untuk kesehatan

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut enam khasiat atau manfaat daun talas yang perlu Anda ketahui:

Dikutip dari MedicineNet(2023), kadar vitamin A yang ada di kandungan daun talas cukup tinggi. Secangkir daun talas matang bisa menyediakan 34 persen kebutuhan vitamin A harian.

Karena itu, rutin mengonsumsi daun talas bisa membantu menjaga kesehatan mata. Untuk diketahui, vitamin A penting untuk membantu menjaga ketajaman penglihatan, mencegah penyakit mata seperti miopia atau rabun jauh, katarak, dan rabun senja.

Selain vitamin A, daun talas juga termasuk sumber zat besi non-heme. Zat gizi ini membantu meningkatkan hemoglobin yang penting untuk mengangkut darah ke seluruh tubuh.

Untuk diketahui, kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab anemia yang paling umum. 

Mengonsumsi daun talas yang dimasak dapat membantu seseorang meningkatkan kesehatan kulit. Hal itu dikarenakan daun talas mengandung asam amino, bahan pembangun protein yang disebut treonin.

Treonin sangat penting untuk memproduksi elastin dan kolagen. Dua komponen ini penting untuk mencegah kerutan atau penuaan dini.

Baca juga: 6 Khasiat Minum Air Rebusan Daun Kemangi untuk Kesehatan, Apa Saja?

Saat hamil, calon ibu membutuhkan nutrisi tambahan untuk menjaga kesehatannya dan sang janin, salah satunya folat atau asam folat.

Diketahui, secangkir daun talas yang dimasak mengandung 17 persen dari kebutuhan harian folat. Asam folat penting untuk perkembangan normal otak dan sistem saraf bayi.

Dilansir dari HealthLine, mengonsumsi daun talas juga potensial untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Sebab, mengonsumsi sayuran berdaun hijau gelap seperti daun talas berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung hingga 15,8 persen.

Selain itu, daun talas menyediakan sumber nitrat makanan yang membantu menjaga kesehatan tekanan darah agar tetap normal.

  • Melawan radikal bebas

Daun talas diketahui mengandung banyak senyawa antioksidan. Senyawa ini berguna untuk mencegah stres oksidatif akibat radikal bebas.

Jika radikal bebas tidak dikendalikan, tubuh bisa mengalami peradangan berlebihan yang dapat memicu berbagai masalah kesehatan, seperti kanker dan gangguan autoimun.

Selain itu, daun talas juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk melindungi dan memelihara sel tubuh.

Baca juga: 5 Manfaat Minum Air Rebusan Seledri, Cegah Stroke dan Turunkan Asam Urat

Cara mengolah daun talas yang tepat

Meski ada beberapa khasiat daun talas untuk kesehatan, daun dari umbi-umbian ini tidak dianjurkan dimakan tanpa dimasak atau mentah.

Pasalnya, daun talas mentah memiliki kandungan oksalat yang tinggi. Kandungan zat ini bisa bersifat toksik atau beracun jika dikonsumsi mentah, karena bisa meningkatkan risiko atau pembentukan batu ginjal.

Untuk dipertimbangkan juga, daun talas muda mengandung lebih banyak oksalat daripada daun yang lebih tua.

Untuk menonaktifkan oksalat yang bisa memengaruhi kesehatan pada daun talas, Anda bisa memasak daun ini hingga lunak.

Cara lain untuk menghilangkan oksalat berbahaya dari daun talas yaitu dengan cara merendam daun talas ke dalam air minimal selama 30 menit hingga semalaman. Semakin lama direndam, kandungan oksalatnya semakin jauh berkurang. 

Meski umumnya aman, orang yang berisiko terkena batu ginjal atau penyakit yang berkaitan dengan oksalat sebaiknya tidak mengonsumsi daun talas.

Anda yang punya masalah kesehatan tertentu dan ingin memetik khasiat daun talas juga dianjurkan berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi asupan ini. 

Baca juga: 8 Manfaat Daun Jeruk Purut, Dipercaya Mencerahkan Kulit dan Menjaga Kesehatan Rambut

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi