Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Anies, Prabowo, dan Ganjar Jelang Debat Kelima Pilpres 2024

Baca di App
Lihat Foto
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Hasil survei elektabilitas Pilpres 2024. Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), capres nomor urut dua Prabowo Subianto (kiri), dan capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo beradu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Debat kelima Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan digelar hari ini, Minggu (4/2/2024) pukul 19.00 WIB di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. 

Debat terakhir Pilpres 2024 akan diikuti oleh tiga calon presiden (capres) Indonesia, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Tema debat kali ini adalah kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia (SDM), dan inklusi.

KPU telah menunjuk tiga stasiun televisi, yakni TVOne, ANTV, dan NET TV untuk menyiarkan secara langsung debat Pilpres 2024 tersebut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantas, bagaimana kesiapan tiga capres 2024 jelang debat kelima nanti malam?

Baca juga: Kapan Debat Kelima Pilpres 2024? Ini Jadwal dan Link Live Streamingnya

Persiapan Anies, Prabowo, dan Ganjar di debat kelima

Menghadapi debat kelima atau debat terakhir Pilpres 2024, berikut kesiapan ketiga capres jelang debat nanti malam:

1. Anies Baswedan mengaku tidak ada persiapan khusus

Capres nomor urut 01, Anies Baswedan mengaku tidak memiliki persiapan khusus jelang debat nanti malam.

Dia mengaku, persiapannya hanyalah istirahat sehari sebelum debat supaya bisa tampil prima.

"Nggak ada (persiapan) yang khusus, karena apa ya, kan debat itu pertanyaannya itu tidak tahu. Hal, aspek apa kami juga tidak tahu," kata dia, dilansir dari Kompas.com (2/2/2024).

Selain itu, Anies juga mengaku dirinya tidak menyiapkan skenario apapun.

"Ya nanti mengalir sambil kita mendengar pertanyaan, sambil pada waktu itu memformulasikan gagasan," imbuhnya.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas Amin) Surya Tjandra memastikan bahwa Anies akan tampil dengan performa terbaik pada debat terakhir Pilpres 2024.

"Kami percaya Anies Baswedan akan bisa tampil terbaik di debat capres terakhir besok,” ucap dia, dilansir dari Kompas.com (3/2/2024).

Menurutnya, tema yang akan dibahas pada debat terakhir adalah ranah yang dikuasai oleh Anies. Tema tersebut merupakan topik yang sudah digeluti Anies sejak lama, baik sebagai pribadi maupun pejabat publik.

Surya juga menyampaikan bahwa Anies tercatat memiliki rekam jejak sangat prima sebagai Gubernur di Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta periode 2017-2022 terkait tema debat terakhir malam nanti.

Baca juga: Debat Kelima Pilpres 2024: Jadwal, Tema, Panelis, dan Moderator

2. Prabowo Subianto: Saya mau latihan

Sementara itu, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mengaku giat latihan menjelang debat nanti malam.

Berbeda dengan wakilnya, Gibran Rakabuming Raka yang sudah santai karena tidak ada lagi jadwal debat, Prabowo mengaku masih dag-dig dug.

"Jadi saya mau latihan, takut nanti dikasih nilai rendah lagi saya,” tutur Prabowo, dilansir dari Kompas.com, Sabtu (3/2/2024).

Sementara itu, Gibran mengaku sudah memberikan beberapa masukan kepada Prabowo jelang debat nanti malam.

"Ya, ada beberapa masukan sesuai tema, ya. Ya, lihat aja besok, ya," ucapnya, dikutip dari Antara.

Sebelumnya pada debat ketiga Pilpres 2024, Anies sempat memberi nilai 11 dari 100 kepada Prabowo atas kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju.

Baca juga: Debat Terakhir Pilpres 2024 Kapan? Ini Jadwal, Tema, dan Waktunya

3. Ganjar Pranowo: Insya Allah sudah siap

Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Andi Widjajanto menyampaikan bahwa Ganjar akan tampil prima pada debat pamungkas nanti malam.

Ganjar disebut akan menyampaikan capaian-capaiannya selama menjabat dua periode sebagai gubernur Jawa Tengah.

”Tema debat kelima ini Mas Ganjar banget karena Mas Ganjar memiliki pengalaman yang cukup panjang dan konkret di bidang-bidang yang masuk dalam seluruh tema debat,” kata dia, dilansir dari Kompas.id.

Salah satu capaian Ganjar saat menjabat sebagai gubernur Jawa Tenah adalah menurunkan angka kemiskinan.

Angka kemiskinan Jawa Tengah itu turun dari 14,44 persen pada 2013 menjadi 10,98 persen pada 2022.

Menurut Andi, angka kemiskinan di Jawa Tengah itu bisa ditekan lewat berbagai upaya, seperti program listrik gratis, perbaikan jutaan rumah tak layak huni, dan subsidi transportasi umum.

Ganjar sendiri mengaku sudah siap menghadapi debat terakhir Pilpres 2024. Dia juga mengatakan bakal menyoroti beberapa isu, seperti pentingnya keterwakilan perempuan dan penyandang disabilitas dalam membangun Tanah Air dan permasalahan daya beli masyarakat yang semakin turun beserta solusinya.

"Insyaallah sudah siap karena isu-isunya adalah isu-isu yang terkait dengan setidaknya praktik-praktik kami selama 10 tahun saya menjabat gitu ya,” kata dia, dilansir dari Kompas.com (29/1/2024).

Ganjar tak menampik bahwa selama 1 dekade memimpin Jawa Tenga ada beberapa catatan ketidakberhasilannya.

Dia mengaku akan membuka kinerjanya yang tidak berhasil itu pada debat terakhir Pilpres 2024 nanti malam.

Menurutnya, ketidakberhasilan itu perlu disampaikan supaya masyarakat tahu akar permasalahannya serta solusi untuk menyelesaikan hal tersebut.

(Kompas.com/Priska Birahy, Nirmala Maulana Achmad, Rahel Narda Chaterine, Inang Sh | Editor: Aloysius Gonsaga AE, Ihsanuddin, Dani Prabowo, Yohanes Enggar Harususilo).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi