Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Strategi Tranformasi Bangsa Prabowo-Gibran: 3 Juta Rumah dan Puluhan Ribu Beasiswa Kedokteran

Baca di App
Lihat Foto
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menyampaikan pandangannya saat debat kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). Debat kali ini bertemakan kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
|
Editor: Ahmad Naufal Dzulfaroh

KOMPAS.com - Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto memaparkan program Strategi Transformasi Bangsa untuk meningkatkan kemakmuran rakyat Indonesia.

Program ini diungkapkannya dalam debat kelima Pilpres 2024 pada Minggu (4/2/2024) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Debat kelima ini mengambil tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

"Prabowo-Gibran memiliki rencana besar yang kita beri nama Strategi Transformasi Bangsa," kata Prabowo.

Prabowo menjelaskan, strategi ini dilakukan untuk meningkatkan kemakmuran bangsa, terutama memperbaiki kualitas hidup seluruh rakyat Indonesia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantas, apa isi program tersebut?

Baca juga: Elektabilitas Anies, Prabowo, dan Ganjar Sebelum Debat Kelima


Isi program Strategi Transformasi Bangsa

Prabowo memaparkan, ada beberapa proyek strategis dalam program Strategi Transformasi Bangsa. Berikut isi program ungulan tersebut:

Makanan bergizi gratis

Menurut Prabowo, pihaknya berjanji akan memberikan makanan bergizi untuk warga Indonesia.

"Memberi makan bergizi untuk seluruh anak-anak Indonesia, termasuk yang masih dalam kandungan ibunya, dan selama sekolah sampai dari usia dini sampai dewasa," jelasnya.

Dia meyakini, proyek ini akan mengatasi angka kematian dari ibu yang sedang hamil atau akan melahirkan. Pemberian makanan gratis juga diharapkan mampu mengatasi masalah kurang gizi pada anak yang dapat menyebabkan stunting.

Tak hanya itu, makan gratis diharapkan akan menghilangkan kemiskinan ekstrem di Indonesia. Sebab, progam tersebut akan menyerap semua hasil panen dari para petani dan nelayan.

"Ini meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita, minimal sekitar satu setengah sampai dua persen," tambah Prabowo.

Dengan adanya program makan gratis, dia meyakini dapat mengatasi masalah-masalah fundamental sekaligus memperbaiki kualitas hidup rakyat Indonesia untuk menghilangkan kemiskinan dari Indonesia.

Baca juga: Daftar Artis dan Influencer yang Diklaim Dukung Prabowo-Gibran

Pembangunan faskes dan pertambahan nakes

Selain program makanan gratis, Prabowo-Gibran juga mencanangkan peningkatan pembangunan fasilitas kesehatan (faskes) di Indonesia.

"Di bidang kesehatan, kami akan membangun rumah sakit modern di setiap kabupaten dan kota dan puskesmas modern di setiap desa di seluruh Indonesia," katanya.

Untuk melengkapi hal tersebut, Prabowo-Gibran berjanji akan segera mempercepat upaya mengatasi kekurangan dokter di Indonesia.

Menurutnya, Indonesia kekurangan sekitar 140.000 dokter. Capres nomor urut 2 ini akan segera mengatasinya dengan menambah fakultas kedokteran di Indonesia.

Prabowo menyebutkan, Indonesia saat ini hanya memiliki 92 fakultas kedokteran di berbagai kampus. Karenanya, ia berjanji akan membangun 300 fakultas kedokteran lain.

"Kita juga akan mengirim 10.000 anak-anak pintar dari lulusan SMA. Kita akan beri beasiswa ke luar negeri untuk belajar kedokteran," tambahnya.

Selain itu, pihaknya akan mengirim 10.000 lulusan SMA lain untuk belajar sains dan teknologi.

Baca juga: Prabowo Janji Beri Posisi Strategis ke AHY jika Menang Pilpres 2024

Pembangunan jutaan rumah

Di sisi lain, Prabowo juga berjanji akan membangun tiga juta rumah untuk warga Indonesia yang belum punya rumah.

Tiga juta rumah ini akan terbagi di tiga lokasi. Rinciannya adalah satu juta rumah akan dibangun di pedesaan, satu juta rumah di pesisir, serta satu juta rumah lainnya akan didirikan di perkotaan.

Perbaikan kualitas pekerja dan penyelenggara negara

Prabowo juga akan memberikan peningkatan terhadap kualitas para pekerja di Indonesia. Pihaknya akan memberikan pendikan strategis bagi para pekerja.

"Kita harus memperbaiki gaji guru, termasuk gaji honorer, meningkatkan kompetensi guru. Kita harus memberi pelatihan-pelatihan (dan) penataran-penataran," jelasnya.

Dia menambahkan, perbaikan gaji juga akan diberikan ke seluruh penyelenggara negara, termasuk aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri, serta penyuluh-penyuluh pertanian.

Perbaikan gaji ini, katanya, dapat meningkatkan kualitas hidup para pekerja. Kondisi tersebut membuat para penyelenggara negara dapat melayani rakyat sebaik-baiknya.

Baca juga: Saat Prabowo Janjikan AHY Posisi Strategis di Pilpres 2019 dan 2024...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi