Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TREN] Elektabilitas Ketiga Capres Sebelum Debat Kelima | Wilayah Berpotensi Hujan Lebat 4-5 Februari 2024

Baca di App
Lihat Foto
Tangkapan layar
Salah satu populer kanal Tren adalah artikel soal elektabilitas ketiga capres sebelum debat pilpres kelima atau debat pilpres terakhir.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com -  Salah satu populer kanal Tren sepanjang Minggu (4/2/2024) adalah artikel soal elektabilitas ketiga capres sebelum debat pemilihan presiden (pilpres) kelima atau debat pilpres terakhir.

Debat pilres kelima dilangsungkan pada Minggu (4/2/2024) malam, karena itulah, soal elektabilitas ketika capres disorot oleh masyarakat.

Populer kanal Tren berikutnya adalah soal wilayah di Indonesia yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem sepanjang Minggu (4/2/2024) hingga Senin (5/2/2024).

Berikut selengkapnya:

1. Elektabilitas ketiga capres sebelum debat pilpres terakhir

Debat pilpres kelima atau terakhir digelar pada Minggu (4/2/2024) pukul 19.00 WIB.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum debat kelima Pilpres 2024, sejumlah lembaga survei merilis elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden (paslon capres-cawapres) pada Januari 2024.

Berdasarkan hasil riset tiga lembaga survei terbaru, paslon capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tercatat berada di peringkat teratas.

Sementara, posisi paslon capres-cawapres nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon capres-cawapres nomor 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mempunyai hasil berbeda di tiap lembaga surveinya.

Lantas, bagaimana elektabilitas capres-cawapres menjelang debat kelima?

Elektabilitas Anies, Prabowo, dan Ganjar Sebelum Debat Kelima

2. Wilayah yang berpotensi hujan lebat 4-5 Februari 2024

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang akan melanda sejumlah wilayah Indonesia pada Minggu (4/2/2024) dan Senin (5/2/2024).

BMKG mengungkapkan, cuaca ekstrem berupa hujan dan angin kencang tersebut terjadi karena adanya pusat tekanan rendah yang terpantau berada di daratan Australia bagian utara.

Hal itu kemudian membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Teluk Carpentaria dan menginduksi peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot (low level jet) dari Teluk Carpentaria hingga Australia bagian utara.

Berikut daftar wilayahnya:

BMKG: Ini Wilayah yang Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang pada 4-5 Februari 2024

3. Rincian jadwal pilkada 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan jadwal sekaligus tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Tahapan Pilkada 2024 dibagi menjadi dua, yaitu persiapan dan penyelenggaraan.

Ketetapan tersebut diatur pada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Berikut jadwal lengkapnya:

KPU Resmi Tetapkan Jadwal Pilkada 2024, Ini Rinciannya

4. Persiapan ketiga capres jelang debat kelima

Debat pilpres kelima digelar Minggu (4/2/2024) pukul 19.00 WIB di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Anies Baswedan mengaku tidak ada persiapan khusus menjelang debat pilpres terakhir. Dia mengatakan, persiapannya hanyalah istirahat sehari sebelum debat supaya bisa tampil prima.

Sedangkan Prabowo Subianto mengaku giat latihan menjelang debat terakhir karena takut diberi nilai rendah lagi oleh kedua capres lainnya.

Sedangkan Ganjar Pranowo mengaku siap menghadapi debat. Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Andi Widjajanto menyampaikan bahwa Ganjar akan menyampaikan capaian-capaiannya selama menjabat dua periode sebagai gubernur Jawa Tengah.

Persiapan Anies, Prabowo, dan Ganjar Jelang Debat Kelima Pilpres 2024

5. Bus rombongan Hanura kecelakaan di Tol Ngawi

Bus yang mengangkut rombongan satgas Partai Hanura mengalami kecelakaan di Tol Sragen-Ngawi Km 553, kabupaten Ngawi, Jawa Timur pada Minggu (4/2/2024) pagi.

Dalam kecelakaan tersebut, tiga orang dilaporkan meninggal dunia.

Menurut Kanit Gakkum Satlantas Polres Ngawi Ipda Yudi Irawan, kecelakaan berawal saat bus hilang kendali saat mencoba menyalip kendaraan roda enam yang ada di depannya.

Saat tidak mampu menguasai laju kendaraan, bus lalu oleng ke kanan dan menabrak median tengah.

Bus Rombongan Partai Hanura Terlibat Kecelakaan di Tol Ngawi, 3 Orang Meninggal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi