Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monumen Kemanusiaan "Kindred Spirits"

Baca di App
Lihat Foto
Wikipedia
Monumen Kindred Spirits di taman Bailick, Midleton, county Cork, Irlandia
Penulis: Jaya Suprana
|
Editor: Sandro Gatra

DI TAMAN Bailick, Midleton, County Cork, Irlandia berdiri monumen kemanusiaan berupa sembilan skulptur bulu burung elang terbuat dari baja nirkarat setinggi 6 meter membentuk mangkuk makanan yang diberi gelar "Kindred Spirits" alias Semangat Kekeluargaan.

Monumen kemanusiaan Kindred Spirits didirikan di Midleton, Irlandia sebagai tanda terima kasih bangsa Irlandia atas sumbangsih yang diberikan oleh suku pribumi Amerika, Choctaw pada saat bencana kelaparan melanda Irlandia pada 1847 akibat gagal panen kentang yang tersohor sebagai "The Irish Potato Famine".

Mengharukan adalah fakta sebenarnya pada masa itu, suku Choctaw masih dalam penderitaan akibat penindasan kaum pendatang dari Eropa yang tega menggusur kaum pribumi Amerika dari tanah kakek-nenek moyang mereka yang disebut sebagai "Trail of Tears".

Penggusuran paksa kaum pribumi Amerika Serikat dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan oleh kaum non-pribumi dari Eropa sejak 1830 sampai dengan 1850, memakan korban nyawa ribuan warga Choctaw yang dipaksa pindah ke kawasan yang kini disebut sebagai Oklahoma.

Justru pada masa sengsara itu, para warga Choctaw mendengar tentang malapetaka kelaparan di Irlandia dari seorang tentara asal Irlandia yang sedang bertugas di Amerika Serikat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagai ungkapan belarasa terhadap warga Irlandia, warga Choctaw menghimpun dana sekitar 320 dollar yang kini bernilai sekitar 5.000 dollar Amerika Serikat.

Dana sumbangsih itu dikirim lewat New York ke Midleton, Irlandia yang kemudian digunakan untuk membeli makanan bagi warga Irlandia yang kelaparan.

Sebenarnya masyarakat Choctaw sudah melupakan peristiwa sumbangsih kemanusiaan bagi Irlandia tersebut sebab berbelarasa terhadap sesama manusia yang sedang menderita merupakan DNA kewajiban yang sudah melekat pada darah-daging suku Choctaw.

Tidak ada istilah altruisme di dalam kamus bahasa Choctaw. Namun pada awal abad XX, justru pemerintah daerah Midleton yang tersadar bahwa pada 1847 bangsa Irlandia pernah menerima bantuan dana untuk meringankan beban derita malapetaka kelaparan bangsa Irlandia dari masyarakat Choctaw yang bermukim di kawasan lebih dari 4000 kilometer nun jauh di seberang samudra Atlantis.

Sehingga kemudian didirikanlah monumen kemanusiaan "Kindred Spirits" yang diresmikan oleh Kepala Suku Choctaw bersama Kepala Daerah Cork di Taman Bailick, Midleton, Irlandia pada tahun 2015.

Monumen Kindred Spirits didirikan demi mengabadikan jalinan persahabatan kemanusiaan antara Choctaw dan Irlandia yang diharapkan dapat menjadi pengilhaman suri teladan bagi seluruh umat manusia untuk saling menolong di masa penderitaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi