Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Asing Soroti Kemenangan Prabowo di Quick Count Pilpres 2024

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.COM/NUR ZAIDI
Ilustrasi surat suara Pilpres 2024.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dilaksanakan secara serentak di Indonesia pada Rabu (14/2/2024).

Pemilu kali ini diadakan untuk pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan anggota legislatif (pileg).

Pilpres 2024 diikuti oleh tiga pasangan capres-cawapres, nomor urut 1 yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sejumlah media asing juga menyoroti Pilpres 2024 tersebut, termasuk kemenangan Prabowo Subianto dalam quick count sejumlah lembaga survei. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Hasil Quick Count Pilpres 2024 Data di Atas 80 Persen, Prabowo-Gibran Unggul di 6 Lembaga Survei

Sorotan media asing soal Pilpres 2024

Berikut sejumlah media asing yang menyoroti Pilpres 2024:

1. South China Morning Post

South China Morning Post (SCMP) menyoroti Pilpres 2024 di Indonesia dalam berita berjudul "Indonesia election 2024: Prabowo Subianto’s camp declares first-round victory as early counts show him with 58%".

SCMP menyoroti kemenangan capres nomor urut 2 Prabowo melalui metode hitung cepat atau quick count.

Media asing asal Hong Kong itu menyebutkan Menteri Pertahanan Prabowo memperoleh suara sekitar 58 persen. SCMP juga mengutip pernyataan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani.

“Kami yakin ini adalah kemenangan satu putaran bagi Prabowo dan Gibran,” kata Muzani dikutip dari SCMP, Rabu (14/2/2024).

Media berita ini juga menyoroti pencalonan ketiga kalinya Prabowo dalam kontestati Pilpres untuk menduduki jabatan Presiden Indonesia.

Meski begitu, kata SCMP menekankan bahwa hasil resmi dari Pilpres 2024 tersebut membutuhkan waktu berminggu-minggu.

2. France24

Media Perancis, France24 menyoroti sosok Prabowo Subianto dalam berita berjudu "Ex-general Subianto takes strong lead in Indonesian election, early polls show".

Disebutkan Prabowo yang pernah menjabat pimpinan pasukan TNI berpangkat letnan jenderal, kini unggul lewat quick count dari lembaga survei.

Mereka juga mengungkapkan bahwa quick count dari lembaga survei tersebut dapat sebagai acuan paslon yang unggul pada Pilpres 2024.

“Dengan sekitar 60 persen sampel suara yang dihitung, Prabowo Subianto memperoleh lebih dari 55 persen suara, yang akan cukup untuk menghindari pemilihan putaran kedua,” tulis mereka pada Rabu.

Disebutkan pula, hasil resmi pemenang pilpres diperkirakan akan diumumkan bulan depan.

Mereka juga menyoroti bahwa janji Prabowo Subianto akan melanjutkan pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Pilpres 2024 Diprediksi Satu Putaran, Simak Syaratnya Berikut Ini

3. Australian Broadcasting Corporation

Sementara Australian Broadcasting Corporation (ABC) menerbitkan berita mengenai Pilpres Indonesia dengan judul "Unofficial results put Prabowo Subianto in the lead in Indonesia's election, as counting continues in world's largest single-day vote".

ABC menyoroti Prabowo yang seorang mantan jenderal militer akan menjadi presiden Indonesia berikutnya, menurut penghitungan quick count. 

Media ini juga menyoroti bahwa Prabowo Subianto sempat pernah dilarang masuk Australia karena catatan pelanggaran hak asasi manusianya.

Mereka menyoroti bahwa Prabowo unggul dari paslon lainnya pada quick count yang digelar oleh lembaga survei.

Meski begitu, ABC mengungkapkan bahwa diperlukan perolehan suara 50 persen dan setidaknya 20 persen suara di separuh dari 38 provinsi di Indonesia untuk menang pilpres.

“Jika dia gagal mencapai ambang batas tersebut, dia akan menjadi runner-up dalam pemilu hari ini,” tulis ABC, Rabu.

Sementara jika terdapat putaran kedua, maka akan dilaksanakan pada bulan Juni. 

4. Time

Sama halnya dengan ABC, Time juga menyoroti Prabowo memalui berita berjudul"What to Know About Prabowo Subianto as Uncertainty Looms for Indonesia’s Democracy".

Disebutkan, Prabowo merupakan seorang mantan jenderal dan pernah dilarang memasuki Amerika Serikat (AS).

Dia dilarang masuk ke Amerika Serikat karena dugaan pelanggaran hak asasi manusia. 

Namun Time juga menyebutkan, Prabowo tampaknya akan menjadi Presiden Indonesia berikutnya, menurut hasil awal quick count. 

Lebih lanjut, Time menyoroti bahwa Prabowo berada di jalur kemanangan dengan hampir 60 persen suara pada Pilpres 2024 melalui lembaga survei independen.

“Sementara pihak berwenang (KPU) diperkirakan akan memvalidasi hasilnya dalam beberapa minggu mendatang. Kemenangan yang menentukan ini tidak terlalu mengejutkan,” ulas Time.

Time juga menyebutkan bahwa potensi kemenangan Prabowo ini akan mempengaruhi demokrasi Indonesia.

“Namun, hal ini juga menjadi pertanda era ketidakpastian baru bagi demokrasi Indonesia yang masih muda,” tulis Time.

Baca juga: Begini Kata Anies, Prabowo, dan Ganjar Menanggapi Hasil Quick Count Pilpres 2024

5. Strait Times

Dalam pemberitannya Straits Times berjudul "Prabowo on track to becoming Indonesia’s next president, with three-quarters of sample votes counted" menyebutkan, pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berada di jalur kemenangan pada Pilpres 2024.

Hal itu berdasarkan keunggulan telak pada quick count oleh sejumlah lembaga survei.

“Berdasarkan pemilu-pemilu sebelumnya, hal ini dapat menjadi indikator yang dapat diandalkan untuk mengetahui hasil akhir pemilu,” tulis pemberitaan Strait Times, Rabu.

Mereka juga mengutip apa yang dikatakan wakil ketua tim kampanye Prabowo-Gibran Habiburokhman terkait kemenangan tersebut.

“Ini adalah kemenangan rakyat Indonesia. Hasil (quick count) jauh lebih tinggi dibandingkan hasil survei sebelum pemilu presiden,” ujar Habiburokhman.

Selain itu, Habiburokhman juga mengklaim, masyarakat ingin melihat kesinambungan pencapaian Pak Jokowi sejauh ini, dan masyarakat percaya bahwa Pak Prabowo-lah bisa memimpin.

6. New York Times

Sementara menurut New York Times dalam berita "A Feared Ex-General Appears Set to Become Indonesia’s New Leader" menyebutkan Prabowo tampaknya akan memenangkan Pilpres 2024.

Media asal AS itu menyebutkan, Prabowo merupakan jenderal yang ditakuti dan diberhentikan dari militer.

Prabowo diberhentikan dari militer karena terbukti bertanggung jawab atas penculikan para aktivis. 

Menteri Pertahanan RI itu dinilai berada di jalur yang tepat untuk memenangkan pemilihan presiden pada hari Rabu (14/2/2024)

Namun di sisi lain, menimbulkan keraguan akan masa depan salah satu negara demokrasi yang paling dinamis di dunia tersebut. 

Disebutkan pula oleh New York Times, Prabowo Subianto unggul telak dalam Pilpres dengan perolehan lebih dari 58 persen dalam sejumlah quick count. 

Baca juga: Kata Anies, Prabowo, dan Ganjar Usai Mencoblos

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi