Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/guslin-al-fikrah
Tips sebelum memelihara kucing liar.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Beberapa pencinta kucing biasanya akan dengan senang hati untuk mengadopsi atau memelihara kucing liar yang dianggap memiliki kondisi yang malang.

Kucing liar adalah kucing yang lahir dan hidup di alam liar, sehingga bertahan hidup secara mandiri dan jarang melakukan kontak dengan manusia.

Baca juga: Mengenal Kucing Chartreux, Berikut Asal-usul dan Tips Perawatannya

Namun, berbeda dengan kucing besar yang hidup di alam liar, kucing liar yang dimaksud di sini adalah kucing tunawisma yang menghabiskan seluruh hidupnya di luar tanpa pemilik.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski memiliki niatan baik untuk mengadopsi kucing malang tersebut, bukan berarti Anda boleh langsung mengambil dan membawanya ke rumah.

Sebab, kucing liar memiliki perilaku dan kebiasaan yang berbeda dengan kucing peliharaan. Ditambah dengan adanya potensi penyakit yang dibawa.

Baca juga: Apa Perbedaan Kucing Domestik dan Kucing Liar?


Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mengadopsi atau memelihara kucing liar:

1. Mulai dengan makanan kucing

Dilansir dari laman The Spruce Pets, diketahui secara luas bahwa kucing liar dapat dengan mudah dijinakkan jika mereka merasa puas dengan akses terhadap makanan yang rutin.

Jadi, jika Anda mempertimbangkan untuk menjinakkan kucing liar di lingkungan Anda, sebaiknya Anda mulai dengan membangun rutinitas seputar makanan untuk mereka.

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menawarkan makanan. Tawarkan makanan kepada kucing pada waktu yang sama setiap hari.

Baca juga: 5 Tips Sederhana Memilih Pasir Kucing untuk Kotak Kotorannya

2. Kesehatan kucing

Meski kucing sudah mulai jinak, hindari untuk langsung membawa kucing tersebut ke dalam rumah. Terutama jika Anda memiliki anak-anak atau hewan peliharaan lain.

Sebaiknya, bawalah kucing ke dokter hewan untuk pemeriksaan menyeluruh, dan vaksinasi. Langkah ini sangat penting untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Baca juga: 9 Rekomendasi Ras Kucing yang Cocok untuk Pemula

3. Biarkan kucing memulai kontak

Sejalan dengan itu, dilansir dari laman PetKeen, kucing liar menganggap manusia sebagai predator, sehingga mereka dapat menggigit, mendesis, atau bahkan menyerang Anda.

Saat ingin menjinakkan kucing liar, sebaiknya biarkan kucing itu sendirian terlebih dahulu. Biarkan mereka menjalankan aktivitasnya seperti biasa.

Jika ingin kucing lebih sering berada lebih dekat dan tertarik pada Anda, jangan berikan perhatian. Sebaliknya, tunggu saat mereka terus berada di sekitar Anda, maka lakukan interaksi.

Baca juga: 10 Ciri Kucing Peliharaan Menjadi Bucin pada Pemiliknya, Apa Saja?

4. Jangan sentuh sampai kucing siap

Penting untuk memahami kode dari reaksi kucing baru Anda. Jika ketika didekati dia mundur, maka Anda juga harus mundur.

Jika Anda bergerak terlalu cepat dan kucing belum siap, ia mungkin bersikap defensif. Mereka mungkin akan mencakar atau menggigit Anda jika merasa perlu melindungi diri.

Baca juga: Dapat Memberi Efek Euforia, Apakah Tanaman Catnip Aman bagi Kucing?

5. Biasakan dengan aktivitas manusia

Kontak dengan manusia bisa jadi menakutkan bagi sebagian besar kucing liar. Ini termasuk sentuhan, suara orang lain berbicara, pintu dibuka, dan musik.

Anda harus memastikan kucing terbiasa dengan suara-suara tersebut agar tidak lagi terasa menakutkan dan membuat mereka gelisah.

Anda dapat mengundang mereka masuk dengan membiarkan pintu terbuka atau meninggalkan makanan dan air di depan pintu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi