Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga dan Cara BeliHarga Tiket F1 Powerboat 2024 di Danau Toba

Baca di App
Lihat Foto
DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF
Kejuaraan F1 Powerboat 2023 (F1H2O) di Danau Toba, Sumatra Selatan
|
Editor: Ahmad Naufal Dzulfaroh

KOMPAS.com - Ajang balap perahu motor Formula 1 Powerboat atau F1 Powerboat akan berlangsung di Danau Toba, Sumatera Utara pada 2-3 Maret 2024.

F1 Powerboat rencananya akan diikuti 18 pembalap perahu motor yang berasal lebih dari 10 negara. 

Bagi penonton yang ingin melihat kompetisi F1 Powerboat, pihak panitia telah membuka penjualan tiketnya pada Senin (19/2/2024).

“Kami berharap F1 Powerboat ini tidak hanya menjadi ajang perlombaan olahraga air," ujar Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia, Maya Watono, diberitakan Kompas.com, Minggu (18/2/2024).

“Akan tetapi, menjadi salah satu event yang mampu menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Indonesia,” lanjutnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut harga dan cara pembelian tiket kompetisi F1 Powerboat 2024 di Danau Toba.

Baca juga: Dari Toba hingga Matano, Berikut 5 Danau Terbesar di Indonesia


Harga tiket F1 Powerboat 2024 di Danau Toba

F1 Powerboat 2024 di Danau Toba dimeriahkan band ternama, seperti Ada Band, Radja, dan Wali. Ajang balapan yang juga dikenal dengan sebutan F1 H2O ini dikemas dengan festival budaya dan UMKM.

Dikutip dari Kompas.com, Senin (19/2/2024), tiket F1 Powerboat 2024 terbagi menjadi dua kategori, yaitu tiket Grandstand dan Festival.

Berikut rinciannya:

Setiap tiket berlaku untuk masuk kawasan F1 Powerboat 2024 di Danau Toba, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara selama dua hari.

Penonton yang membeli tiket kategori Grandstand akan menempati posisi duduk di tribun, sedangkan penonton kategori Festival harus berdiri di tempat yang disediakan.

Bisa dibeli di tiket.com

Sementara itu, pihak penyelenggaran menghapus penjualan tiket di titik-titik viewing tertentu yang dihargai Rp 50.000 pada F1 Powerboar 2023.

Untuk membeli tiket F1 Powerboat 2024 Danau Toba, masyarakat dapat mengakses laman tiket.com sejak 19 Februari 2024.

Selain itu, penonton juga dapat membeli tiket F1 Powerboat 2024 secara offline di kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Toba mulai 27 Februari 2024.

Tak hanya menyaksikan kompetisi F1 Powerboat, penonton juga bisa melihat perlombaan jetski Aquabike Indonesia Championship (AIC) yang diselenggarakan bersamaan dengan F1 Powerboat 2024.

Ajang balapan lokal juga meramaikan acara tersebut, yaitu kompetisi Solu Bolon atau perahu naga yang diikuti masyarakat sekitar Danau Toba.

Untuk membeli tiket F1 Powerboat 2024 secara online, dapat melalui link ini.

Baca juga: Sejarah Danau Toba, Legenda Ikan Mas dan Letusan Dahsyat yang Hampir Musnahkan Manusia

Mengenal F1 Powerboat

Formula 1 Powerboat atau F1H2O merupakan kompetisi balap perahu motor internasional yang digelar setiap tahun.

Diberitakan Antara (19/2/2024), ajang ini merupakan kali kedua diadakan di Indonesia. Pada pelaksanaan perdananya tahun lalu, sekitar 2.000 tiket habis terjual dalam waktu kurang dari satu jam.

Dikutip dari situs Indonesia.go.id, F1 Powerboat pertama dilaksanakan pada 1981. Kompetisi ini sempat terhenti pada 1987-1989, dan 2020. Selama 36 tahun, sebanyak 297 seri perlombaan diadakan di 39 negara berbeda.

Pertandingan F1 Powerboat dimulai dengan peserta balap air itu melakoni babak kualifikasi, sprint race, dan grand prix. Balapan perahu motor ini menggunakan kapal F1 dengan kecepatan kilat 120 mph yang berlayar di sirkuit dengan tikungan tajam.

Danau Toba dipilih menjadi lokasi lomba karena dianggap tempat ideal menjadi sirkuit balap perahu motor.

Perlombaan ini diharapkan dapat mendatangkan pertumbuhan ekonomi, terutama di Sumatera Utara, sebesar Rp 212,5 miliar. Selain itu, ajang tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara mencapai 1,3 miliar perjalanan.

(Sumber: Kompas.com/Ahmad Zilky | Editor: Firzie A. Idris, Eris Eka Jaya)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi