Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 5 Jenis Simbiosis dalam Interaksi Makhluk Hidup

Baca di App
Lihat Foto
iStockPhoto/ugurhan
Jenis-jenis simbiosis.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Simbiosis adalah interaksi antara dua organisme berbeda, yang awalnya terbatas pada hubungan mutualistik di mana keduanya mendapatkan keuntungan dari interaksi tersebut.

Namun saat ini, pengertian simbiosis menjadi semakin luas dan mengacu pada hubungan yang menguntungkan dan merugikan dari berbagai organisme.

Artinya, setiap hubungan antara dua populasi spesies yang hidup bersama dapat saling menguntungkan, merugikan, atau tidak memengaruhi satu sama lain.

Berdasarkan pengaruh yang didapatkan oleh masing-masing organisme dari interaksi tersebut, simbiosis terbagi menjadi lima jenis.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Apa Itu Organisme? Berikut Pengertian, Ciri-ciri, dan Klasifikasinya


Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah lima jenis simbiosis dalam interaksi makhluk hidup:

1. Mutualisme

Dilansir dari laman Britannica, simbiosis mutualisme adalah hubungan antara organisme dari dua spesies berbeda yang masing-masing mendapat keuntungan.

Pengaturan mutualistik terjadi antara organisme dengan kebutuhan hidup yang sangat berbeda. Contoh umum simbiosis mutualisme adalah hubungan antara ikan badut dan anemon laut.

Anemon laut memberikan perlindungan dan nutrisi pada ikan badut, dan ikan badut memberikan ventilasi, nitrogen, karbon, dan sebagai penarik mangsa kepada inangnya.

Ada juga sapi yang memiliki bakteri rumen di saluran pencernaan dan membantu mencerna tanaman yang dikonsumsi sapi.

Baca juga: Mengenal 8 Tingkatan dalam Klasifikasi Makhluk Hidup

2. Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah interaksi di mana satu individu mendapat keuntungan dari spesies lain, sementara spesies lain tersebut tidak terpengaruh apa-apa.

Adapun keuntungannya bisa bermacam-macam, seperti memperoleh nutrisi, tempat berlindung, dukungan, atau penggerak dari spesies inangnya, namun tidak memengaruhi sang inang.

Contoh paling umum adalah hubungan antara ikan remora dan hiu. Remora menempel pada inangnya, bisa berupa hiu, pari, atau penyu untuk mendapatkan perlindungan.

Baca juga: Pengertian Organisme Autotrof dan Heterotrof, Apa Bedanya?

3. Parasitisme

Dikutip dari laman National Geographic, simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua spesies tumbuhan atau hewan di mana yang satu diuntungkan dan merugikan yang lain.

Satu spesies (parasit) hidup pada/di dalam spesies inang, dengan mengorbankan spesies inangnya, di mana lama-kelamaan ia bisa sakit dan mati.

Contoh simbiosis parasitisme adalah teritip yang menjadi parasit bagi kepiting perenang.

Teritip bisa berakar pada sistem reproduksi kepiting. Meski kepiting tidak mati akibat interaksi ini, kemampuan reproduksinya bisa sangat berkurang.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Habitat? Berikut Pengertian dan Klasifikasinya

4. Amensalisme

Mengutip laman Biology Online, simbiosis amensalisme adalah interaksi di mana satu spesies memberikan pengaruh negatif terhadap spesies lainnya.

Disaat bersamaan, spesies kedua mempunyai pengaruh sangat kecil atau bahkan tidak ada pengaruh sama sekali terhadap spesies pertama.

Contoh simbiosis amensalisme paling sederhana adalah ketika suatu tanaman dinaungi oleh tanaman yang lebih tinggi.

Tanaman yang lebih pendek akan terkena dampak buruk karena terbatasnya cahaya yang tersedia untuk digunakan dalam fotosintesis.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Ekosistem Alami dan Buatan? Berikut Pengertian dan Contohnya

5. Predasi

Dalam hubungan simbiosis predasi, satu spesies (simbion) membunuh spesies lain (inangnya) secara langsung. Berbeda dengan parasitisme yang melakukannya secara perlahan.

Contoh dari hubungan ini adalah predasi terhadap simbion anemon laut oleh kelomang (Dardanus pedunculatus) yang menjadi inangnya.

Beberapa kelomang membawa anemon laut di dalam cangkangnya, dan ketika masuk pada masa kelaparan, mereka mengeluarkan anemon tersebut dan memakannya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi