Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidang Isbat Awal Ramadhan 2024: Link, Tahapan, Jadwal dan Lokasi Pantau Hilal

Baca di App
Lihat Foto
MUHAMAD SYAHRI ROMDHON
Salah satu petugas tim BHRD Kabupaten Cirebon melakukan pengamatan Hilal di Pantai Baro Gebang, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat
|
Editor: Mahardini Nur Afifah

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang Isbat untuk menentukan awal Ramadhan 1445 H, Minggu (10/3/2024) atau 29 Syakban 1445 H.

Sidang Isbat akan digelar secara luring (offline) di Auditorium H.M Rasjidi Gedung Kemenag, Jakarta dan secara daring (online).

Simak link, tahapan, jadwal dan lokasi pemantauan sidang isbat oleh Kemenag lewat artikel berikut ini. 

Baca juga: Potensi Beda, Ini Awal Ramadhan 1445 H Menurut NU dan Muhammadiyah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link siaran sidang Isbat

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib menyampaikan, ada beberapa pihak yang dilibatkan dalam sidang Isbat penentuan awal Ramadhan 1445 H.

Beberapa pihak yang dilibatkan di antaranya Tim Hisab dan Rukyat Kemenag, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi VIII DPR RI, perwakilan organisasi massa (ormas) Islam, dan duta besar negara sahabat.

Adib menjelaskan bahwa jalannya sidang Isbat akan dibuka dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1445 H.

Jalannya sidang Isbat akan disiarkan secara live melalui kanal YouTube Bimas Islam di https://www.youtube.com/@BimasIslamTV.

Baca juga: Arab Saudi Gelar Pemantauan Hilal 10 Maret 2024, Kapan Awal Ramadhan?

Tahapan sidang Isbat

Adib menerangkan, jalannya sidang Isbat penentuan awal Ramadhan 1445 H dibagi menjadi tiga tahap.

Tahap pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag pukul 17.00 WIB. Adib menyampaikan, sesi ini terbuka untuk umum.

Adib menyampaikan bahwa sidang Isbat juga akan menggunakan hasil rukyatul hilal atau konfirmasi yang dilakukan Tim Kemenag di 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Selanjutnya, Kemenag akan menggelar sidang Isbat secara tertutup untuk menentukan awal Ramadhan 1445 jatuh pada tanggal berapa. Sesi ini akan digelar setelah shalat Maghrib.

"Tahap ketiga, konferensi pers hasil sidang isbat yang juga disiarkan melalui media sosial Kemenag," jelas Adib dikutip dari laman Kemenag.

Baca juga: Lembaga Falakiyah PBNU: Hilal Awal Ramadhan Tak Mungkin Tampak pada 10 Maret 2024

Jadwal pemantauan hilal

Adib mengatakan, rukyatul hilal akan dilakukan oleh kanwil Kemenag dan Kemenag kabupaten/kota bekerja sama dengan pengadilan agama, ormas Islam serta instansi lain di daerah setempat.

Merujuk hisab, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadhan bertepatan dengan Minggu (10/3/2024).

Pada saat itu, hilal ketika Matahari terbenam di seluruh Indonesia berada di ketinggian -0 derajat 20 menit 1,2 detik sampai 0 derajat 52 menit 5,4 detik dengan sudut elongasi 2 derajat 14 menit 46,8 detik sampai 2 derajat 41 menit 50,4 detik.

Baca juga: Amankah Minum Obat Penunda Haid Selama Bulan Ramadhan? Ini Kata Dokter

Lokasi pemantauan hilal

Dilansir dari laman Kemenag, berikut 134 lokasi pemantauan hilal untuk menentukan awal Ramadhan 1445 H:

Aceh Sumatera Utara Sumatera Barat Riau Kepulauan Riau Jambi Sumatera Selatan Bangka Belitung Bengkulu Lampung DKI Jakarta Jawa Barat Banten Jawa Tengah Daerah Istimewa Yogyakarta Jawa Timur Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Timur Kalimantan Selatan

Zury Expres Hotel, Banjarmasin.

Kalimantan Utara Bali Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur Sulawesi Selatan Sulawesi Barat Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara Gorontalo Sulawesi Tengah Maluku Maluku Utara Papua Papua Barat Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi