Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap Manfaat Jalan Kaki untuk Pasien Penggantian Sendi Panggul

Baca di App
Lihat Foto
Freepik/Goncalo Costa
Manfaat jalan kaki.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Jalan kaki terbukti secara ilmiah bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Penelitian terbaru mengungkap, salah satu manfaat jalan kaki adalah meningkatkan proses  penyembuhan bagi pasien penggantian sendi panggul total (total hip replacement/THR).

"Sepanjang protokol ini, kami akan menyebut jalan kaki di luar ruangan yang direkam dengan sensor GPS sebagai 'jalan kaki dengan tujuan'," kata penulis studi, profesor di Bournemouth University Shayan Bahadori, dilansir dari Medical.net.

Hasilnya, temuan ini menunjukkan bahwa intervensi berjalan kaki yang disengaja, berhasil meningkatkan aktivitas dan fungsi berjalan kaki setiap hari dibandingkan mereka yang tidak.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 5 Manfaat Meditasi Jalan Kaki bagi Kesehatan

Manfaat jalan kaki untuk pasien penggantian sendi panggul total

Penelitian jalan kaki bagi pasien penggantian panggul total diterbitkan di jurnal Cyborg and Bionic Systems pada 30 November 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efek dari intervensi di mana jarak berjalan kaki di luar ruangan digunakan sebagai tujuan untuk meningkatkan aktivitas berjalan kaki setiap hari.

Hanya saja, fokus penelitian saat ini hanya pada pemantauan atau peningkatan jumlah langkah menggunakan parameter jumlah langkah.

Penulis penelitian menyatakan bahwa penelitian ini merupakan uji coba acak pertama yang melaporkan efek berjalan kaki di luar ruangan yang dipantau menggunakan monitor aktivitas komersial.

Temuan menunjukkan, berjalan kaki berhasil meningkatkan aktivitas dan fungsi berjalan kaki setiap hari dibandingkan dengan kelompok kontrol.

"Di masa depan, penelitian lebih lanjut dengan jumlah sampel yang lebih besar diperlukan untuk memberikan bukti nyata tentang pentingnya efek berjalan kaki yang disengaja dibandingkan dengan jumlah langkah," kata Bahadori.

Secara keseluruhan, penelitian ini dapat berkontribusi pada bidang pemantauan aktivitas kesehatan dan menginspirasi inovasi di sekitarnya.

Baca juga: 5 Manfaat Jalan Kaki Selama 10 Menit Setelah Makan, Apa Saja?

Manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh

Jalan kaki memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti dilansir dari Kompas.com (6/2/2024).

Berikut manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh:

1. Menurunkan berat badan

Jalan kaki secara rutin mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membantu membakar kalori sepanjang hari.

Pada gilirannya, jalan kaki dapat membantu menurunkan dan menjaga berat badan.

2. Menjaga kesehatan jantung

Saat Anda berjalan kaki, jantung akan terpompa sehingga darah mengalir ke seluruh tubuh.

Hal tersebut bermanfaat untuk memperkuat jantung, meningkatkan efisiensi dalam memompa darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Baca juga: 7 Manfaat Jalan Kaki, Turunkan Risiko Obesitas dan Penyakit Jantung

3. Menyehatkan tulang

Jalan kaki juga termasuk ke dalam aktivitas olahraga dengan intensitas ringan sehingga berdampak rendah pada persendian sehingga minim cedera.

Aktivitas satu ini mampu meningkatkan kepadatan tulang, mengurangi risiko osteoporosis, dan patah tulang.

4. Mengatur gula darah

Jalan kaki merupakan aktivitas terbaik bagi penderita gula darah. Kebiasaan ini mampu meningkatkan sensitivitas insulin, memungkinkan sel merespons insulin dengan lebih baik, dan memfasilitasi penyerapan glukosa dari aliran darah.

Studi menunjukkan jalan kaki untuk mengatur gula darah sebaiknya dilakukan pada 60-90 menit setelah makan selama 2-5 menit.

5. Memperbaiki postur tubuh

Jalan kaki mampu membantu memperbaiki postur tubuh dan memperkuat otot inti.

Manfaat ini terjadi karena pada saat berjalan kaki, tubuh akan mempertahankan postur tegak untuk melatih otot perut dan punggung.

Dengan begitu, manfaat jalan kaki akan berkontribusi terhadap kekuatan inti tubuh sehingga mempertahankan postur tubuh yang lebih baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi