Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Perancis Temukan Fosil Dinosaurus Berusia 70 Juta Tahun dan Merahasiakannya Selama 2 Tahun

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock/@schusterbauer.com
Ilustrasi fosil Titanosaurus
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Seorang pria asal Perancis mendapatkan sorotan usai tindakannya menemukan dan merahasiakan fosil dinosaurus berusia 70 juta tahun selama dua tahun.

Damien Boschetto (25) awalnya menemukan fosil dinosaurus jenis Titanosaurus dalam kondisi yang nyaris lengkap saat sedang berjalan-jalan bersama anjing peliharaannya.

Tapi, penemuan fosil dinosaurus berukuran lebih dari sembilan meter itu dia rahasiakan dari publik.

Dia bekerja sama dengan arkeolog setempat untuk merahasiakan temuan tersebut selama dua tahun karena khawatir ada pengacau yang akan merusak fosil itu.

Ketika akhirnya terkuak, penemuan Damien Boschetto menjadi salah satu penemuan penting di Perancis.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Fosil Capit Kepiting Terbesar yang Hidup 9 Juta Tahun Lalu Ditemukan di Selandia Baru


Penemuan fosil dinosaurus raksasa

Diberitakan Business Insider (4/3/2024), Damien Boschetto menemukan fosil dinosaurus jenis Titanosaurus yang diketahui berusia 70 juta tahun saat berjalan-jalan dengan anjingnya pada 2022.

Penemuan tersebut terjadi di dekat rumahnya, tepatnya di Hutan Montouliers, Herault, Perancis.

Damien lalu melaporkan penemuan tersebut ke Asosiasi Budaya Arkeologi dan Paleontologi (ACAP) di Kota Cruzy yang berada paling dekat dari lokasi penemuan fosil.

Asosiasi tersebut mengungkapkan, fosil yang ditemukan memiliki panjang lebih dari sembilan meter dan ditemukan dalam kondisi 70 persen lengkap. 

Peneliti memang sangat jarang menemukan kerangka dinosaurus dalam kondisi utuh meski mereka cukup rutin menggali fosil-fosil tersebut.

“Sambil berjalan-jalan dengan anjing, sebuah longsor di tepi tebing memperlihatkan tulang-tulang dari sebuah kerangka,” kata Damien.

“Itu adalah tulang-tulang yang jatuh karena itu terisolasi. Kami menyadari setelah beberapa hari penggalian bahwa mereka adalah tulang yang terhubung," lanjutnya.

Para peneliti lalu berusaha mengekstraksi fosil tersebut dari batuan sedimen yang keras. Namun, mereka khawatir situs tersebut akan dijarah dan dirusak oleh orang-orang yang mengetahui temuan itu.

Damien dan para peneliti lalu menyembunyikan penemuan tersebut selama dua tahun untuk melindungi situs tempat penemuan fosil dinosaurus.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Fosil Berusia 240 Juta Tahun yang Mirip Naga

Fosil dinosaurus ubah kehidupannya

Damien menyebut, Kota Cruzy yang berada di dekat tempat penemuan fosil tersebut memang dikenal sebagai situs pemasok koleksi fosil dinosaurus terbesar di Perancis sejak 228 tahun lalu. 

Fosil dinosaurus yang ditemukan di sana berasal dari Zaman Kapur, sekitar 145,5–65,5 juta tahun yang lalu.

Setelah para peneliti selesai mempelajari tulang-tulang fosil Titanosaurus, fosil itu lalu  dipajang di Museum Cruzy.

Damien berharap masyarakat tertarik mengunjungi Museum Cruzy untuk melihat kerangka Titanosaurus itu. Menurutnya, fosil tersebut telah digali dan dilindungi untuk dipelajari.

“Ini merupakan karya andalan bagi masyarakat umum, untuk bisa mengagumi dinosaurus secara anatomis seperti itu,” ujarnya, dikutip dari ABC News (4/3/2024).

Setelah penemuan besar tersebut, Damien yang memang menyukai paleontologi memutuskan berhenti dari pekerjaannya di sektor energi. Dia tertarik mengambil gelar master bidang paleontologi untuk melanjutkan pekerjaannya di Museum Cruzy.

Direktur museum tersebut, Francis Fages menghargai Damien yang sukarela terlibat dalam penemuan tersebut. Penemuan itu sangat berharga bagi departemen paleontologinya.

“Penemuan ini menarik dari sudut pandang ilmiah karena berkontribusi pada pemahaman spesies dan ekosistem zaman Kapur akhir di Perancis dan Eropa,” kata dia.

Francis juga mengakui Damien memiliki kemampuan yang bagus untuk meneliti dinosaurus. Damien dinilai punya penglihatan yang tepat untuk bekerja dalam bidang ini.

Baca juga: 6 Dinosaurus Terbesar yang Pernah Ada di Bumi

Dinosaurus titanosaurus

Titanosaurus merupakan nggota keluarga dinosaurus sauropoda. Hewan ini menjelajahi Bumi dari Zaman Jura Akhir.

Tepatnya sekitar 163,5-145 juta tahun lalu hingga akhir Periode Kapur yang berlangsung dari 145-66 juta tahun yang lalu.

Titanosaurus merupakan pemakan tumbuhan dengan leher yang sangat panjang. Hewan herbivora raksasa ini termasuk salah satu dinosaurus darat terbesar yang diketahui hidup di Bumi.

Beberapa Titanosaurus tumbuh seukuran paus modern. Terdapat setidaknya 40 spesies Titanosaurus berbeda di dunia.

Hewan ini telah ditemukan di semua benua kecuali Antartika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi