Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warganet Keluhkan Sering Tak Dapat Setruk Belanja karena Alasan Mesin Rusak, Ini Kata Indomaret

Baca di App
Lihat Foto
X
Tangkapan layar soal utas warganet yang mengeluhkan tidak dapat struk belanja di Indomaret.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Sebuah utas yang mengeluhkan sering tak dapat setruk saat belanja di Indomaret, ramai di media sosial.

Hal tersebut disampaikan oleh akun media sosial X (Twitter) @twentyfiveus pada Kamis (29/2/2024).

Pengunggah mengatakan bahwa dirinya tak pernah diberi setruk belanja di Indomaret dengan alasan mesinnya sedang rusak.

"Sumpah gedek banget sama indomaret, struk gapernah dikasih eh tau2nya emg sengaja pegawainya buat ambil voc cashback buat dipake dia sendiri. Alesannya mesin rusak, lawak bgt ga si mesin rusak udah berbulan2 ko ga dibenerin?? Ga sekali dua kali kaya gini, semua indomatet ditempa tempatku susah banget but dimintain struck," tulisnya dalam unggahan.

"Hahaha Lucu gimana nih @Indomaret katanya kalo gaada struk belanjanya gratis, ini ko pada ngeyel semua pegawainya?? Sumpah curang bgt yg kaya gini emang enak ya itu pegawai ngambil bukan hak dia," tambahnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain itu, pengunggah juga mengatakan bahwa kejadian tersebut tak hanya terjadi di satu cabang Indomaret saja.

"Masalahnya ya kalo cuman satu toko indomaret yg kaya gini gapapa. Ini perasaan setiap mampir/melipir buat belanja ko ga pernah dikasiu. Seolah2 semua cabang pegawai indomaret pada sengaja buat kaya gini. Plis lahh :)" kata pengunggah.

Baca juga: Videonya Viral, Pegawai Indomaret yang Fasih Bahasa Jepang Dapat Kado Wisata ke Jepang

Tidak mendapatkan setruk belanja di Indomaret

Saat dihubungi Kompas.com, pemilik akun X @twentyfiveus, Mutiara (21) mengaku bahwa utas yang diunggah tersebut merupakan pengalaman pribadinya sendiri saat belanja di salah satu cabang Indomaret yang berada di Balikpapan pada 9 Februari 2024.

Tepatnya, berada di Jalan Soekarno Hatta KM 12 RT 21, Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. 

"Saya sempat beberapa kali ke Indomaret yang ada di foto (unggahan). Pertama kali tanggal 9 Februari 2024 (foto yang saya masukkan ke dalam utas itu diambil tanggal sekian)," ujarnya pada Kompas.com, Senin (4/3/2024).

Mutiara melanjutkan, kejadian kedua kalinya saat ia tak mendapatkan setruk dan karyawan beralasan mesin rusak, terjadi pada 19 Februari 2024.

"Kedua kali tanggal 19 Februari, saya lihat dengan jelas masih ada tulisan mesin print rusak, jadi lagi-lagi saya hanya dapat foto harga di komputernya," ungkap dia.

Selanjutnya, untuk ketiga kalinya, pada 29 Februari 2024, Mutiara mengaku tak mendapatkan setruk belanja dan di tempat kasir masih terdapat tulisan bahwa mesin print rusak.

Selain itu, ia juga mengeluhkan bahwa harga diskon di etalase tak sama dengan harga yang ia bayarkan.

"Saya beli 5 minuman yang bertuliskan diskon di etalase, tapi pas saya bayar harga normal. saya bilang ke kasirnya," kata Mutiara.

"Kok perasaan itu lagi diskon, tapi mbaknya bilang di sini (komputer) harganya sekian kan aneh ya, kok bisa kaya gini. Dan lagi-lagi setruk gak dikasih karena mesin print rusak," imbuhnya.

Baca juga: Indomaret Buka Suara soal Otter yang Terjebak di Tumpukan Tabung Elpiji

Tidak ada tanda stiker gratis belanja jika tak diberi setruk

Seperti yang diketahui, Indomaret memiliki stiker yang biasanya tertempel di area kasir atau kaca pintu yang bertuliskan "Gratis Belanjaan Anda Jika Kasir Kami Tidak Memberikan Setruk Belanja".

Kendati demikian, Mutiara mengaku tak ada tanda serupa yang terpasang di area kasir Indomaret tersebut.

"Anehnya di sini tidak ada tulisan barang gratis jika tidak mendapat setruk. Saya tidak tahu memang sengaja dicopot atau gimana. Namun setahu saya dulu ketika saya di Bandung, tulisan seperti itu lumrah dan saya sering nemu juga," ungkap dia.

"Nggak tahu kenapa di sini sudah 2 kali Indomaret berbeda yang saya kunjungi tidak ada tulisan seperti itu dan semuanya susah mendapat setruk," tambahnya.

Selain itu, kata Mutiara, dirinya juga sering kali melihat orang-orang yang belanja di Indomaret tersebut memang banyak yang tidak mendapatkan setruk belanja.

"Saya juga sering lihat di sini orang yang belanja banyak juga tidak mendapat setruk. Lalu untuk kasirnya sama semua, saya masih ingat," ucap Mutiara.

Ia berharap agar pihak Indomaret bisa bertindak tegas terkait dengan kejadian tersebut.

Baca juga: Parkir di Depan Indomaret Harus Bayar atau Gratis? Ini Kata Manajemen

Tanggapan Indomaret

Marketing Communication Executive Director Indomaret Bastari Akmal mengatakan, pihaknya akan melakukan pengecekan lebih lanjut terkait dengan mesin print di salah satu Indomaret yang diklaim rusak tersebut.

Meski demikian, ia mengatakan, apabila terdapat gangguan atau mesin rusak, kasir wajib melaporkannya ke supervisor untuk segara dilakukan perbaikan.

"Standar Operasional Perusahaan (SOP) di toko, kasir wajib info ke supervisornya tentang kerusakan tersebut karena berpotensi diklaim oleh konsumen. Terkadang konsumen yang proaktif juga akan info hal tersebut di call center Indomaret," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (6/3/2024).

Terkait dengan stiker, ia mengatakan bahwa stiker tersebut tertempel di bagian dalam pintu kaca di setiap toko Indomaret.

"Stiker 'Gratis Belanjaan Anda Jika Kasir Kami Tidak Memberikan Setruk Belanja' dan 'Harga Termurah Jika Terdapat Perbedaan Antara Label Harga dengan Komputer Kasir' ditempel di bagian dalam kaca pintu toko," jelas Bastari.

Ia menambahkan, jadi secara otomatis hal tersebut merupakan kebijakan resmi dari manajemen Indomaret.

Bastari menegaskan, konsumen wajib mendapatkan setruk belanjaan. Apabila kasir tak memberikan setruk belanjaan tanpa alasan yang jelas, maka konsumen dapat melakukan klaim untuk mendapatkan barang belanjaan tersebut secara gratis.

"Praktiknya memang terjadi komunikasi antara kasir dengan konsumen. Seandainya mesin setruk rusak, dari awal kasir sudah berikan informasi kalau hal tersebut terjadi. Sehingga konsumen bisa maklum bila tidak dapat setruk belanja," ucapnya.

"Tapi seandainya semua normal dan kasir tidak memberikan setruk atau gratisan barang, maka itu merupakan pelanggaran yang dianggap serius bagi perusahaan," imbuhnya.

Bastari mengatakan, pihaknya akan menindak tegas untuk pelanggaran tersebut. Adapun bila menemukan kejadian serupa, konsumen bisa melaporkannya ke call center Indomaret.

"Ada juga konsumen yang tidak mau ribut-ribut dengan kasir, tapi melaporkan kejadian tersebut ke call center Indomaret, maka pasti akan kita tindak lanjuti secara tuntas," pungkasnya.

Terkait kasus yang terjadi di salah satu Indomaret di Balikpapan tersebut, akan diselidiki lebih lanjut apakah benar mesin rusak atau ada unsur kesengajaan dari karyawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi