Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Koin, Penerbangan China Ditunda hingga Empat Jam

Baca di App
Lihat Foto
Wikimedia/Waka77
Pesawat China Southern Airlines yang terbang dari China. Penerbangan ditunda karena penumpang lemparkan koin ke mesin pesawat [Wikimedia/Waka77].
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Maskapai China Southern Airlines terpaksa menunda salah satu penerbangannya lebih dari empat jam setelah seorang penumpang melemparkan koin ke dalam mesin pesawat.

Diberitakan CNN Travel, penumpang tersebut melemparkan koin ke mesin pesawat saat akan terbang pada Rabu (6/3/2024) pagi.

Penerbangan pun ditunda lebih dari empat jam usai awak pesawat mengetahui tindakan tersebut.

Aksi ini ternyata termasuk sering dilakukan penumpang pesawat di China. Padahal, melempar koin ke mesin pesawat sangat berisiko bagi keamanan penerbangan.

Baca juga: 10 Tahun Hilang, Kenapa Malaysia Airlines MH370 Sulit Ditemukan?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Penumpang lempar koin ke pesawat

Seorang penumpang yang tidak disebutkan namanya diketahui melemparkan koin ke dalam mesin pesawat maskapai China Southern Airlines CZ8805 pada Rabu (6/3/2024).

Pesawat tersebut dijadwalkan lepas landas dari Kota Sanya ke Beijing sekitar pukul 10 pagi waktu setempat. Namun, pesawat baru berangkat sekitar pukul 14.16 waktu setempat karena insiden tersebut.

Lewat video yang dibagikan media pemerintah China, seorang pramugari terlihat menanyai seorang penumpang yang diyakini melemparkan koin ke mesin pesawat.

Pramugari menanyakan jumlah koin yang dilemparkan ke mesin. Penumpang tersebut mengaku dirinya melempar tiga sampai lima koin.

Penumpang tersebut kemudian dibawa pergi oleh polisi bandara. Sementara maskapai segera melakukan pemeriksaan terhadap pesawat itu. Maskapai mengaku menemukan koin-koin di dekat mesin tapi tidak menyebutkan jumlah pastinya.

“Staf pemeliharaan pesawat melakukan inspeksi keselamatan komprehensif dan memastikan bahwa tidak ada masalah keselamatan sebelum lepas landas,” kata layanan pelanggan maskapai China Southern Airlines.

Atas kejadian ini, maskapai lalu mengeluarkan peringatan terhadap “perilaku tidak beradab” lewat akun media sosial resminya.

China Southern Airlines mengumumkan tindakan melempar koin ke mesin pesawat merupakan ancaman terhadap keselamatan penerbangan dan akan mengakibatkan hukuman bagi pelakunya.

Kejadian ini bukan kali pertama terjadi. Pada Oktober 2023, penerbangan China Southern Airlines di Guangzhou juga tertunda setelah penumpang melemparkan koin ke arah pesawat.

Pada 2021, penerbangan maskapai GX Airlines antara Weifang dan Haikou dibatalkan ketika petugas menemukan beberapa koin terbungkus kertas merah di tanah.

Pada 2017, penumpang lanjut usia melemparkan koin ke pesawat China Southern Airlines saat menaiki pesawat di Bandara Internasional Pudong Shanghai.

Baca juga: Belatung Berjatuhan dari Kabin, Pesawat Delta Air Lines di Belanda Putar Balik ke Bandara

Alasan dan bahaya lempat koin ke pesawat

Diberitakan Thats Mags, sebagian orang melakukan tindakan melempar koin ke mesin pesawat sebagai bagian dari takhayul untuk mendapatkan "keberuntungan".

Namun, keyakinan ini bukan bersumber dari tradisi agama Buddha. Takhayul melempar koin diyakini diadaptasi dari tradisi negara Barat yang melempar koin ke air mancur untuk mendapat keberuntungan.

Sementara itu, ada juga penumpang yang melemparkan koin ke pesawat sebagai bentuk doa untuk menjalani penerbangan yang aman.

Kenyataannya, melempar koin ke mesin pesawat justru menunda keberangkatan pesawat dan membahayakan penerbangan.

Ahli teknik mesin dan dirgantara dari Buffalo University, Javid Bayandor mengungkapkan pesawat tidak dirancang untuk menampung koin di dalam mesin.

Dia menjelaskan, mesin pesawat dibuat untuk mampu menahan hal-hal seperti hujan es dan air dengan kecepatan tinggi tapi bukan logam seperti koin.

“Meski bendanya sangat kecil, melemparkan benda ke dalam mesin pesawat yang sedang beroperasi dapat menyebabkan kejadian fatal,” katanya, dikutip dari Popular Mechanics.

Javid mengatakan, koin yang masuk ke mesin pesawat akan bergerak dengan kecepatan yang sangat tinggi. Gerakan itu membuat koin yang berukuran kecil menjadi senjata yang menembus mesin, tersangkut, dan merusak struktur pesawat.

Jika kejadian itu sampai terjadi, lanjutnya, mesin pesawat butuh perbaikan yang sangat rumit dan bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk bisa kembali bekerja dengan normal.

Sementara itu, penumpang yang melempar koin ke mesin pesawat terancam mendapatkan sanksi hukum seperti membayar ganti rugi ataupun dipenjara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi