Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata Cara Shalat Tarawih: Niat, Jumlah Rakaat, dan Doanya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati
Shalat tarawih perdana di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, dipadati warga yang mencapai 20.000 orang, pada Rabu (22/3/2023).
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Shalat Tarawih merupakan salah satu ibadah sunah yang dikerjakan di bulan Ramadhan.

Shalat Tarawih biasanya dikerjakan berjamaah seusai shalat Isya di masjid.  

Berikut ini tata cara lengkap dalam mengerjakan shalat tarawih . 

Baca juga: Kapan Shalat Tarawih Terakhir 2023 dan Tanggal Berapa Lebaran?


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Niat shalat

Shalat tarawih dapat dilaksanakan secara berjamaah maupun sendirian di rumah. Berikut niat shalat Tarawih dikutip dari KOMPAS TV.

1. Niat shalat tarawih sendiri (munfarid)

"Usholli sunnatattarowihi rok’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala"

Artinya: “Aku niat Salat Tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

2. Niat shalat tarawih berjamaah sebagai imam

"Ushollii sunnatat-taraawiihi rok’ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillaahi ta’alaa"

Artinya: “Saya niat salat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta’ala.”

3. Niat shalat tarawih berjamaah sebagai makmum

"Ushalli sunnatat taraawiihi rak’ataini mustaqbilal qiblati ma’muman lillahi ta’aalaa"

Artinya: “Aku niat Salat Tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta’ala."

Baca juga: Sering Mengantuk Saat Shalat Tarawih? Ini Solusinya

Jumlah rakaat shalat tarawih

Dikutip dari Buku “Tuntunan Shalat Sunat Tarawih dan Witir” yang diedarkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi Tahun 2021, terdapat perbedaan jumlah rakaat shalat tarawih yang umum dilakukan di Indonesia.

1. Shalat tarawih 20 rakaat ditambah witir 3 rakaat

Bagi umat Islam yang melakukan shalat tarawih 23 rakaat, shalat dilakukan dengan cara dua rakaat salam pada shalat tarawih.

Sementara untuk shalat witir, dilakukan dengan cara 2 rakaat salam ditambah 1rakaat salam.

2. Shalat tarawih 8 rakaat ditambah witir 3 rakaat

Bagi yang melakukan shalat tarawih 11 rakaat, shalat dilakukan dengan tiga cara, yaitu:

Baca juga: Sejarah Pelaksanaan Shalat Tarawih, Bagaimana Awal Mulanya?

Doa dan zikir setelah shalat tarawih

Dikutip dari laman Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), berikut doa dan zikir setelah shalat tarawih dan shalat witir

Doa setelah shalat tarawih

"Allahummaj alna bil imani kamilin. Wa lil faraidli muaddin. Wa lish-shlati hafidhin. Wa liz-zakati fa ilin. Wa lima indaka thalibin. Wa li afwika rajin. Wa bil-huda mutamassikin. Wa anil laghwi mu ridlin. Wa fid-dunya zahdin. Wa fil akhirati raghibin. Wa bil-qadla I radlin. Wa lin na ma I syakirin. Wa alal bala i shabirin. Wa tahta lawa i muhammadin shallallahu alaihi wasallam yaumal qiyamati sairina wa ilal haudli waridin. Wa ilal jannati dakhilin. Wa min sundusin wa istabraqin wadibajin mutalabbisin. Wa min thaamil jannati akilin. Wa min labanin wa asalin mushaffan syaribin. Bi akwabin wa abariqa wa ka sin min ma in. Ma al ladzina an amta alaihim minan nabiyyina wash shiddiqina wasy syuhada i wash shalihina wa hasuna ula ika rafiqan. Dalikal fadl-lu minallahi wa kafa billahi aliman. Allahummaj alna fi hadzihil lailatisy syahrisy syarifail mubarakah minas su ada il maqbulin. Wa la taj alna minal asyqiya il mardudin. Wa shallallahu ala sayyidina muhammadin wa alihi wa shahbihi ajma in. Birahmatika ya arhamar rahimin wal hamdulillahi rabbil alamin."

Artinya: “Yaa Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara salat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra, yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan shahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

Zikir setelah shalat tarawih

"Subhaanal malikil qudduus. Rabbil malaaikati warruuh"

Artinya: "Maha Suci Engkau yang Maha Merajai lagi Maha Suci dari berbagai kekurangan. Tuhan pada malaikat dan ruh."

Doa setelah shalat witir

"Allahumma innaa nas'aluka iimaanan daaimaan, wan'asaluka qalban khaasyi'an, wanas'aluka 'ilman naafi'an, wanas'aluka yaqiinan shaadiqon, wanas'aluka 'amalan shaalihan, wanas'aluka diinan qayyiman, wanas'aluka khairan katsiran, wanas'alukal 'afwa wal'aafiyata, wanas'aluka tamaamal 'aafiyati, wanas'alukasyukra 'alal 'aafiyati, anas'alukal ghinaa'a'aninnaasi."

"Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu'anaa watadhorru'anaa wata'abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. washallallaahu 'alaa khairi khalqihi muhammadin wa'alaa aalihi washahbihiajma'iina, walhamdulillaahirabbil'aalamiina."

"Allahumma innii a'uudzu biridhooka min sakhothika, wa bimu'aafaatika min 'uquubatika, wa a'uudzubika minka laa uhshii tsanaaan 'alaika', anta kamaa atsnaita 'alaa nafsika."

Artinya: "Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia."

"Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam."

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemurkaan-Mu, dengan keselamatan-Mu dari hukuman-Mu, dan berlindung kepada-MU dari siksaan-Mu. Aku tidaklah mampu menghitung pujian dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana Engkau menyanjung/memuji diri-Mu sendiri."

Baca juga: Begini Suasana Tarawih Ramadhan di Times Square dan Berbagai Negara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi