Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Kaki 15.000 Langkah Seminggu Bisa Memperpanjang Umur 3 Tahun

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash
Jalan kaki untuk memperpanjang umur.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Penelitian yang dilakukan London School of Economics (LSE) menyebutkan, seseorang yang rutin melakukan jalan kaki 15.000 langkah seminggu bisa memperpanjang umur hingga tiga tahun. 

Penelitian yang dilakukan LSE mengambil sampel satu juta anggota Vitality di Inggris dan Afrika Selatan pada 2013-2023.

Hasilnya mereka menyimpulkan, seseorang yang rutin jalan kaki 15.000 langkah dalam seminggu mampu menambah umur 2,5 tahun bagi pria yang tidak aktif dan 3 tahun bagi wanita yang tidak aktif.

"Kebiasaan sehat dapat memperpanjang kualitas dan panjangnya usia," kata pendiri Discovery Vitality Adrian Gore dilansir dari Mens Journal.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metodologi penelitian

Dalam penelitian itu, responden diminta untuk berjalan kaki 5.000 langkah sebanyak tiga kali dalam seminggu selama dua tahun.

Hasilnya, harapan hidup mereka mereka yang rutin jalan kaki bertambah, yakni 2,5 tahun bagi laki-laki dan 3 tahun bagi perempuan. Jalan kaki yang dilakukan secara rutin juga bisa mengurangi biaya perawatan kesehatan hingga 13 persen.

Baca juga: Berapa Lama Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan?

Manfaat jalan kaki mencegah penyakit kronis

Para ahli dari LSE dan perusahaan asuransi kesehatan Vitality menemukan, manfaat jalan kaki untuk memperpanjang umur paling terasa pada orang lanjut usia atau lansia.

Dikutip dari The Telegraph, orang yang berusia 65 tahun ke atas dapat mengurangi risiko kematian sebesar 52 persen jika mereka memiliki kebiasaan jalan kaki 7.500 langkah tiga kali atau lebih dalam seminggu.

Angka ini turun menjadi 38 persen pada kelompok usia 45 hingga 65 tahun dan 27 persen pada populasi secara keseluruhan.

Di sisi lain, jalan kaki juga terbukti efektif untuk menurunkan risiko kematian dini akibat penyakit kronis, seperti jantung, obesitas, dan diabetes tipe 2.

Para peneliti menemukan, penderita diabetes tipe 2 yang berusia 55 tahun dapat mengurangi risiko kematian sebesar 40 persen jika berjalan kaki 5.000 langkah tiga kali seminggu.

Penelitian yang dilakukan pada satu juta orang selama 10 tahun itu juga mengungkapkan bahwa manfaat berjalan kaki meningkat pada orang yang berjalan 7.500 langkah lebih dari empat kali seminggu.

Hasil itu menunjukkan bahwa jalan kaki untuk menjaga kesehatan tidak perlu dilakukan sebanyak 10.000 langkah per hari.

Dengan melakukan jalan kaki 15.000 langkah dalam seminggu, Anda sudah bisa merasakan manfaat jalan kaki untuk memperpanjang umur.

Hasil penelitian tersebut mematahkan pendapat di Jepang pada 1960-an yang menyatakan bahwa diperlukan jalan kaki 10.000 langkah per hari untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga: Jalan Kaki 10.000 Langkah Per Hari Bisa Kurangi Risiko Bahaya Duduk Terlalu Lama

Menjaga kesehatan jantung

Sebelumnya studi yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menyimpulkan bahwa jalan kaki 2.200 langkah per hari memiliki manfaat bagi kesehatan jantung.

Seseorang yang berjalan kaki 4.000 langkah per hari juga dapat mengurangi risiko kematian dini hingga 20 persen.

Sementara itu, penelitian yang mempelajari satu juta anggota Vitality dari Afrika Selatan dan Inggris selama 10 tahun menemukan bahwa orang yang berusia 65 tahun ke atas hanya memerlukan 2.500 langkah sehari agar dapat meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko kematian.

Diberitakan Kompas.com (18/10/2023), para ahli merekomendasikan jalan kaki selama 150 menit selama seminggu untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Tak peduli berapapun jumlah langkah yang dilakukan.

Saran itu didukung oleh bukti ilmiah yang menunjukkan, jalan kaki selama 150 menit dengan intensitas sedang per minggu dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti kardiovaskular, diabetes tipe 2, obesitas, dan beberapa jenis kanker.

Pedoman tersebut juga bertujuan membantu seseorang mencapai berat badan yang sehat, meningkatkan suasana hati, dan kesehatan mental, serta meningkatkan kualitas hidup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi