Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Dekat Jokowi yang Terjun ke Politik, Terbaru Sespri Iriana Maju Pilwalkot Bogor 2024

Baca di App
Lihat Foto
dok. istimewa
Sekretaris Pribadi Iriana Joko Widodo, Sendi Fardiansyah saat bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin (18/3/2024).
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Sejumlah orang terdekat atau keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini satu per satu mulai terjun ke dunia politik.

Sebelumnya hal itu dimulai oleh anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Solo. Gibran juga maju dala Pilpres 2024 sebagai cawapres Prabowo Subianto.

Berikutnya ada menantu Jokowi, Bobby Nasution yang saat ini menjabat Wali Kota Medan.

Kemudian menyusul anak bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep yang kini memimpi Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Berikut orang-orang dekat Jokowi yang mulai terjun ke politik. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Paspampres Bantah Petugasnya Adang Kakek yang Pergi ke Masjid di Labuhanbatu Saat Kunjungan Jokowi


1. Gibran Rakabuming Raka

Putra pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebelumnya dikenal sebagai pengusaha bidang kuliner.

Namun, belakangan dia juga terjun ke politik saat mencalonkan diri sebagai wali kota Surakarta pada Pilkada Surakarta 2020.

Dikutip dari Kompas.com (23/10/2024), Gibran maju sebagai calon wali kota didampingi Teguh Prakosa. Keduanya diusung oleh PDI-P, Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN, PPP, PKB, Nasdem, Perindo, dan PSI.

Pasangan itu meraih kemenangan dengan 86 persen suara. Keduanya dilantik pada 26 Februari 2021 sebagai wali kota dan wakil wali kota Surakarta masa periode 2021–2024.

Belum tiga tahun memimpin Solo, Gibran dilirik mendampingi calon presiden Prabowo Subianto sebagai cawapres dalam Pilpres 2024. Keduanya diusung Koalisi Indonesia Maju yakni Partai Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat.

2. Bobby Nasution

Ketika Gibran maju menjadi calon wali kota Solo, menantu Jokowi Bobby Nasution juga mencalonkan diri sebagai calon wali kota Medan dalam Pilkada 2020.

Dikutip dari Kompaspedia, suami dari anak kedua Jokowi, Kahiyang Ayu ini awalnya merupakan pengusaha properti. Dia juga memiliki saham di perusahaan tambang dan beras.

Bobby kemudian maju berpolitik didampingi Aulia Rachman. Dia didukung oleh Gerindra, PDI-P, PAN, Golkar, Nasdem, Hanura, PSI, dan PPP.

Keduanya memenangkan Pilkada 2020 dan memimpin Medan selama periode 2021-2024.

Setelah jabatannya berakhir pada 2024, nama Bobby mulai dikaitkan dengan Pilkada Sumatra Utara. Dikutip dari Kompas TV, Bobby mengatakan siap maju ke Pilkada 2024. Namun, dia akan fokus bekerja terlebih dahulu sebagai wali kota Medan.

Baca juga: Alasan Jokowi Naikkan Pangkat Prabowo Jadi Jenderal Kehormatan

3. Kaesang Pangarep

Putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep juga awalnya adalah pebisnis yang menggeluti berbagai bidang seperti kuliner, busana, aplikasi digital, dan olahraga. 

Dilansir dari Kompaspedia, dia lalu bergabung sebagai anggota PSI pada 23 September 2023.

Kaesang Pangarep lalu dilantik menjadi Ketua Umum PSI periode 2023–2028 dua hari kemudian tepatnya pada 25 September 2023 menggantikan posisi Giring Ganesha.

Sebagai ketua umum PSI, Kaesang tengah memimpin partainya untuk mendapat parliamentary threshold sebesar 4 persen dalam Pemilu 2024 agar mendapatkan kursi di parlemen.

Terbaru, nama Kaesang tercantum dalam bursa 12 nama bakal calon wali kota Solo untuk Pilkada 2024 yang dirilis lembaga survei Solo Raya Polling. Nama-nama tersebut berasal dari hasil survei terhadap masyarakat Solo.

Baca juga: Mantan Ajudan Jokowi Dikabarkan Jadi Kandidat Kuat KSAU Pengganti Fadjar Prasetyo

4. Sendi Fardiansyah

Sekretaris pribadi Iriana Jokowi, Sendi Fardiansyah menyatakan akan maju dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bogor 2024. Dia diketahui sudah bekerja bersama Iriana selama 10 tahun.

Menurut Sendi, Jokowi sudah memberikan restu kepadanya untuk maju berpolitik. Jokowi bahkan memberikan arahan dan dukungan baginya.

“Alhamdulillah, Senin 18 Maret 2024, saya diterima menghadap Bapak Presiden di Istana Merdeka untuk melaporkan hasil survei, kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu tahun belakangan," terangnya, dikutip dari Kompas.com (19/3/2024).

"Dan terakhir terkait dengan program yang akan kita laksanakan menyambut Pilkada Kota Bogor mendatang," lanjut pria berusia 35 tahun ini.

5. Devid Agus Yunanto

Berikutnya ada mantan asisten pribadi Jokowi bernama Devid Agus Yunanto yang juga dikabarkan akan maju sebagai calon bupati dalam Pilkada Boyolali 2024.

Devid disebut-sebut dekat dengan Jokowi karena menjadi ajudan Jokowi sejak masih menjadi wali kota Solo.

Rencana Devid maju Pilkada Boyolali 2024 disampaikan Koordinator Relawan Bolone Mase Boyolali, Andi Waluyo.

"Betul. Betul. Beliau (Devid) sudah iya untuk jadi bupati (Boyolali)," ujarnya, dilansir dari TribunSolo.

Relawan Bolone Mase yang merupakan relawan Gibran menyatakan akan mendukung Devid memenangkan Pilkada 2024. Devid dinilai mampu sebagai wakil tokoh muda yang hebat dan berani mengubah Boyolali.

6. Erina Gudono

Nama istri Erina Gudono mulai dikaitkan dengan dunia politik setelah namanya muncul dalam bursa calon bupati Sleman pada Pilkada 2024.

Erina kabarnya berpotensi maju Pilkada Sleman dengan diusung Gerindra.

Wakil Ketua Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan DPD Partai Gerindra DIY Widi Handoko menyebut kemunculan nama Erina berawal dari aspirasi masyarakat.

"Berawal dari aspirasi masyarakat, yang kemudian diakomodir oleh DPC Partai Gerindra Sleman," ujar Widi, diberitakan Kompas.com (12/3/2024).

Meski begitu, pengusulan Erina baru sebatas wacana. Belum ada pernyataan resmi dari Erina ataupun Gerindra terkait rencana pengusungannya.

(Sumber: Kompas.com/Alinda Hardiantoro, Wisang Seto Pangaribowo, Dian Erika Nugraheny | Editor: Inten Esti Pratiwi, Dita Angga Rusiana, Novianti Setuningsih)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi