Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Anies, Prabowo, dan Ganjar terkait Hasil Pilpres 2024

Baca di App
Lihat Foto
ANTARA FOTO/Galih Pradipta(GALIH PRADIPTA)
Hasil akhir quick count Pilpres 2024. Calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kedua kiri), Capres dan Cawapres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto (ketiga kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kanan), serta Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo (kedua kanan) dan Mahfud MD (kanan) berfoto bersama dengan menunjukkan nomor hasil undian pada Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Pemilu Tahun 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (14/11/2023). Pasangan Capres dan Cawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut satu, untuk pasangan Capres dan Cawapres dari koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendapatkan nomor urut dua sedangkan untuk pasangan Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud Md mendapat nomor urut tiga.
|
Editor: Ahmad Naufal Dzulfaroh

KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Penetapan tersebut diumumkan dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Nasional Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Prabowo-Gibran memperoleh 96.214.691 suara, unggul jauh dari capres-cawapres nomor 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang meraup 40.971.906 suara.

Sementara capres-cawapres nomor 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapatkan 27.400.878 suara.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantas, bagaimana tanggapan para capres terkait penetapan hasil Pilpres 2024 ini?

Baca juga: Media Asing soal Hasil Pilpres 2024: Eks Komandan Pasukan Khusus dan Putra Jokowi Menang


Tanggapan Anies-Muhaimin

Merespons hasil itu, Anies meminta pendukungnya agar memberikan semangat kepada Tim Hukum Nasional (THN) Anies-Muhaimin (Amin) yang akan mengajukan gugatan pada Kamis (21/3/2024).

“Kami harap pertolongan Allah, Tuhan Yang Maha Esa, semoga Allah bukakan, teguhkan hati hakim konstitusi untuk bisa imparsial, punya keberanian untuk mengambil keputusan yang adil, benar, yang mereka pertanggungjawabkan di hadapan Tuhan, sejarah bangsa Indonesia, anak cucu mereka di kemudian hari,” ungkap Anies, dilansir dari Kompas.com, Kamis (21/3/2024).

Lebih lanjut, Anies juga mengatakan bahwa kecurangan pada Pilpres 2024 sudah terjadi sejak sebelum pemungutan suara berlangsung.

Meskipun sudah menyuarakan kecurangan, pihak THN belum ingin menyampaikan tuduhan tersebut tanpa adanya bukti.

“Kami tegaskan kami tidak ingin penyimpangan proses demokrasi itu berlalu tanpa catatan, tidak ingin ini jadi preseden buruk bagi generasi-generasi yang akan datang,” katanya.

Baca juga: Membandingkan Hasil Quick Count dan Real Count Pilpres 2024, Mana yang Lebih Mendekati?

Tanggapan Prabowo-Gibran

Sementara, capres nomor urut 2, Prabowo Subianto mengatakan, pihaknya akan membuktikan diri dan bekerja keras demi rakyat Indonesia.

"Kami akan buktikan kami presiden-wapres yang bekerja sekeras-kerasnya untuk seluruh rakyat Indonesia," ucapnya, dikutip dari Kompas.com, Kamis (21/3/2024).

Ia juga memastikan bahwa pemerintahannya dengan Gibran adalah untuk seluruh rakyat Indonesia.

Prabowo juga mengajak masyarakat untuk bersatu dan menjaga kerukunan agar Indonesia akan makmur dan adil.

"Dari kemakmuran kita bisa bawa keadilan ke seluruh rakyat Indonesia. Kita harus bersatu hilangkan kemiskinan dan kelaparan dan hilangkan penderitaan rakyat. Itu adalah cita-cita perjuangan Koalisi Indonesia Maju," jelasnya.

Baca juga: Resmi, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Pemenang Pilpres 2024

Tanggapan Ganjar-Mahfud

Berada di posisi buncit, pasangan Ganjar-Mahfud akan mengajukan gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menuturkan, pihaknya sudah menyiapkan banyak hal, seperti tim hukum untuk mengikuti proses gugatan tersebut.

Meskipun demikian, Ganjar enggan berkomentar lebih jauh mengenai detail gugatan yang bakal diajukan ke MK.

"Relawan semua tetap kita jaga silaturahmi, jaga semangat. Sampaikan data, fakta, bukti kebenaran-kebenaran terkait dengan pemilu, dan tentu bantu masyarakat, itu yang paling penting," tutur Ganjar, dilansir dari Kompas.com, Kamis (21/3/2024).

Apabila sesuai rencana, kubu Ganjar-Mahfud akan memberikan keterangan resmi sebagai respons hasil Pemilu 2024 pada Kamis (21/3/2024).

(Sumber: Kompas.com/Tatang Guritno, Adhyasta Dirgantara, Ardito Ramadhan | Editor: Ihsanuddin, Krisiandi)

Baca juga: Rekap Daftar Provinsi yang Dimenangi Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi