Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Ikan Dipotong Malah Memercikkan Api, Ini Kata Peneliti BRIN

Baca di App
Lihat Foto
Twitter/LokalPendaki
Tangkap layar video ikan alligator gal yang memercikkan api saat akan dipotong.
|
Editor: Mahardini Nur Afifah

KOMPAS.com - Sebuah video yang menunjukkan kulit ikan dapat memercikkan api saat akan dipotong beredar dan ramai diperbincangkan di media sosial, Minggu (24/3/2024).

Dalam video yang salah satunya dibagikan akun media sosial X atau Twitter @LokalPendaki, Minggu, tampak seorang pria berusaha memotong bangkai ikan yang sudah mati hanyut terbawa banjir.

Saat dipotong, muncul percikan api ketika pisau besar atau golok yang dipakai mengenai kulit ikan tersebut.

"Viral di sosmed penemuan bangkai ikan paska-banjir tahan sajam (senjata tajam)," tulis pembuat video.

Sementara itu, pengunggah menyatakan ikan dalam video tersebut adalah ikan alligator yang sisiknya mengandung arus listrik.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalu, apa sebenarnya yang terjadi sehingga muncul percikan api dari kulit ikan yang akan dipotong dalam video tersebut? Simak penjelasan pakar berikut ini.

Baca juga: Mengenal Alligator Gar, Ikan Bajak Lauk dengan Gigi Setajam Silet


Penjelasan pakar BRIN

Peneliti utama ikan air tawar dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Haryono mengungkapkan jenis ikan dalam video viral tersebut.

"Ikan yang ada di medsos tersebut tampaknya memang termasuk ikan alligator gar," ujar dia saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (25/3/2024).

Aligator gar atau Atractosteus spatula adalah jenis ikan predator besar yang hidup di perairan tawar wilayah Amerika Utara dan Tengah. Ikan ini dikenal berbahaya dan invasif.

Haryono menerangkan, struktur sisik ikan alligator gar memang keras dan tajam. Ini karena sisiknya berfungsi untuk meindungi tubuh ikan dari serangan predator lain.

Namun, kata dia, ikan alligator tetap bisa terluka atau tubuhnya terpotong meski memiliki sisik yang keras.

Menurut Haryono, ikan alligator gar memang dapat mengeluarkan percikan api dari sisiknya. Meski begitu, kejadian ini tergantung dari kondisi ikan tersebut.

"Diantaranya kondisi atau stadia ikan tersebut, apakah sudah dewasa atau belum, masih segar atau tidak, serta alat pemotong yang digunakan sehingga dapat menimbulkan percikan api," jelasn dia.

Baca juga: Mengenal Ikan Aligator, Tak Boleh Dipelihara dan Berbahaya bagi Ekosistem

Penyebab muncul percikan api saat ikan dipotong

Haryono melanjutkan, ikan alligator gar yang berusia dewasa akan memiliki struktur sisik yang kuat dan liat. Karena itu, ikan dewasa lebih mungkin memunculkan percikan api saat kulitnya tergores senjata tajam.

Sebaliknya, ikan alligator gar yang masih muda, kondisi sisiknya belum terlalu keras, sehingga bisa saja tidak memercikkan api saat tergores.

"Selanjutnya, jika ikan segar atau baru mati maka sisiknya masih keras dan melekat pada tubuhnya," tambah dia.

Kondisi tersebut membuat bangkai ikan alligator gar tetap memiliki sisik keras. Namun, ikan yang sudah mati dalam waktu lama atau membusuk maka sisik tidak terlalu lengket dan mudah lepas.

Terlepas dari kondisi sisik aligator gar, Haryono menegaskan, percikan api yang timbul saat memotong kulit ikan tersebut muncul dipengaruhi senjata tajam yang dipakai.

Jika senjata tajam, seperti golok atau parang; bergesekan dengan sesuatu yang sifatnya keras termasuk sisik; ditambah tenaga cukup kuat dari orang yang menggunakan senjata tajam, maka percikan api dapat muncul.

"Kemungkinan bisa (muncul percikan api) karena saking kuatnya sisik ikan, apalagi jika ikannya sudah dewasa," imbuh dia.

Terpisah, peneliti ikan di Pusat Riset Oseanografi BRIN Fahmi membenarkan kemungkinan adanya percikan api dari kulit ikan alligator gar saat akan dipotong.

"Kalau dilihat dari videonya, sepertinya cara memotongnya memang sengaja agar menimbulkan percikan api karena golok yang dipakai sengaja dimiringkan," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin.

Fahmi menuturkan, golok yang diarahkan supaya membentur dan digesekkan ke benda keras atau kasar seperti kulit ikan alligator gar bisa menimbulkan percikan api.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi