Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Dhoho Layani Penerbangan Perdana 5 April 2024, Ini Maskapai yang Kantongi Izin

Baca di App
Lihat Foto
DOK. Pemkab Kediri
Bandara Dhoho Kediri layani penerbangan perdana 5 April 2024.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I mengonfirmasi akan membuka penerbangan perdana di Bandara Dhoho, Kediri, Jawa Timur pada Jumat (5/4/2024).

General Manager PT Angkasa Pura I, I Nyoman Noer Rohim mengatakan, penerbangan perdana Bandara Dhoho akan dilakukan oleh maskapai Citilink.

Penerbangan tersebut akan melayani penerbangan domestik dengan rute Jakarta-Kediri PP menggunakan pesawat jenis Airbus A320 berkapasitas 180 kursi.

"Dengan adanya penerbangan Citilink di Bandar Udara Dhoho – Kediri ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Kediri. Terimakasih bagi Citilink telah melayani rute penerbangan dari Kediri," kata Nyoman, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (2/4/2024).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke depannya, Citilink akan melayani penerbangan dari Jakarta-Kediri secara reguler sebanyak dua kali dalam seminggu, yakni pada Selasa dan Sabtu.

Baca juga: Selesai Jalani Simulasi, Bandara Dhoho Kediri Siap Beroperasi Bulan Ini

Jadwal penerbangan Citilink di Bandara Dhoho

Lebih lanjut, Nyoman menyampaikan jadwal penerbangan maskapai Citilink dari Bandara Dhoho, Kediri, Jawa Timur ke Bandara Internasional Soekarno–Hatta PP.

Berikut jadwal penerbangan Citilink di Bandara Dhoho:

Selasa

1. Rute Jakarta-Kediri

2. Rute Kediri-Jakarta

Sabtu

1. Rute Jakarta-Kediri

2. Rute Kediri-Jakarta

Pemesanan tiket pesawat Citilink rute Jakarta-Kediri PP itu sudah bisa dipesan melalui laman resmi Citilink dan jasa travel lainnya.

Pantauan Kompas.com, Selasa (2/4/2024), harga tiket pesawat Citilink rute penerbangan Jakarta-Kediri adalah Rp 1,4 juta.

Baca juga: Sudah Memasuki Tahap Kalibrasi, Kapan Bandara Dhoho Kediri Akan Beroperasi?

Bandara Dhoho siap beroperasi 100 persen

Nyoman mengatakan, Bandara Dhoho sudah siap beroperasi melayani penerbangan 100 persen.

Selain Citilink, maskapai pesawat lain yang sudah mendapat izin terbang di Bandara Dhoho adalah Batik Air dan Super Air Jet.

"Bandara Dhoho ini sudah siap 100 persen untuk melayani penerbangan, dan sudah terbukti kemarin sudah ada tiga pesawat privat jet take off landing di sini," kata Nyoman.

Sementara itu, penerbangan reguler lainnya masih dalam proses perizinan, termasuk pengaturan rotasi pesawat bagi maskapai yang telah mendapatkan izin rute.

Untuk menunjang aksesibilitas Bandara Dhoho, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kediri bakal membangun akses jalan tol di dekat bandara.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kediri Irwan Chandra mengatakan, sebelum jalan tol dapat dilalui, akses pendukung menuju bandara yang lebih dulu dikebut pemerintah telah rampung dan dapat dilalui ketika tol belum selesai.

Akses jalan tersebut mulai dari Jalan Nganjuk-Kediri, Jalan Tulungagung-Kediri melalui Kecamatan Mojo, Jalan Jawa dan Jalan PB Sudirman.

"Saat ini yang belum (selesai) Jembatan Jongbiru," kata dia, dilansir dari Antara.

Baca juga: KAI Buka Suara soal Kecelakaan Kereta Api Dhoho Vs Mobil di Jombang

Sekilas tentang Bandara Dhoho

Bandara Dhoho Kediri merupakan Bandara pertama di Indonesia yang dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Pembangunannya dilakukan oleh PT Gudang Garam melalui anak perusahaannya PT Surya Dhoho Investama dan menghabiskan dana sebesar Rp 13 triliun.

Bandara ini memiliki landasan pacu 3.300 x 60 meter, apron commercial 548 x 141 meter, apron VIP 221 x 97 meter, empat taxiway atau jalur perpindahan pesawat yang membentang sepanjang 306 meter x 32 meter dan 438 meter x 32 meter, dan lahan parkir seluas 37.108 meter persegi.

Dengan luas tersebut, Bandara Dhoho memiliki kapasitas terminal 1,5 juta penumpang per tahun yang akan meningkat mencapai 4,5 juta penumpang per tahun pada pembangunan tahap 2.

Adapun kapasitas ultimate Bandara Dhoho mencapai 10 juta penumpang per tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi