Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBVSI: Megawati Hangestri Bergabung Jakarta BIN di Proliga 2024

Baca di App
Lihat Foto
Sports.naver.com
PBVSI pastikan Megawati bergabung dengan Jakarta BIN di Proliga 2024. Pevoli putri asal Indonesia, Megawati Hangestri Pertiwi, menyapa para penggemar usai laga Daejeon JungKwanJang Red Sparks vs Suwon Hyundai Hillstate yang digelar di Chungmu Gymnasium, Daejeon, pada Minggu (29/10/2023).
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Kabar pevoli Megawati Hangestri akan bergabung dalam Proliga 2024, tersiar di media sosial.

Informasi tersebut salah satunya dibuat oleh akun media sosial X (dulu Twitter) @dly_volleyball, Senin (1/4/2024) petang.

Tampak dalam unggahan, pengunggah menuliskan bahwa pemain bola voli dengan julukan Megatron itu bergabung dengan Jakarta BIN.

"RESMI. Setelah selesai di Liga Korea, Megawati Hangestri (24/OP/Indonesia) akan bergabung dengan Jakarta BIN di Proliga 2024. Ngeri juga BIN," tulisnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megawati Hangestri Pertiwi dikenal sebagai atlet voli yang menarik perhatian publik berkat penampilan mengesankannya di Liga Voli Korea bersama klub Red Sparks.

Namun, Red Sparks gagal lolos ke final Liga Voli Korea usai takluk 0-3 dari Pink Spiders pada babak playoff di Samsan World Gymnasium, Incheon, pada Selasa (26/4/2024).

Lantas, benarkah Megawati akan bertanding dalam Proliga usai selesai di Liga Korea?

Baca juga: Megawati Hangestri dan Red Sparks Berencana Kunjungi Indonesia


Penjelasan PBVSI

Humas Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Lutfi Sukri mengonfirmasi kabar Megawati Hangestri akan bermain di Proliga 2024.

"Iya benar," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com melalui pesan singkat, Selasa (2/4/2024).

Dia mengatakan, atlet wanita kelahiran Jember, Jawa Timur pada 20 September 1999 tersebut akan memperkuat tim voli Jakarta BIN.

Jakarta BIN atau Jakarta Badan Intelijen Negara adalah tim bola voli putri Indonesia yang dimiliki oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dan berbasis di DKI Jakarta.

Klub ini didirikan bersama dengan klub bola voli putra Jakarta STIN BIN pada 2022 dan menjadi peserta pada kategori putri kompetisi Proliga sejak musim 2023.

Baca juga: Profil Megawati Hangestri, Atlet Voli Indonesia yang Tampil Cemerlang Saat Debut di Korsel

Megawati resmi gabung klub Jakarta BIN

Sementara itu, kepastian Megawati bergabung dengan Jakarta BIN diumumkan langsung melalui unggahan Instagram BIN Volleyball Club, @bin_volleyballclub, Senin (1/4/2024) malam.

Tampak dalam unggahan, Megawati diperkenalkan sebagai opposite hitter bersama tiga pemain lain, Dian Wijayanti, Alya Annastasya, dan Ni Nyoman Haniawati.

Opposite hitter adalah posisi pemain penyerang berlawanan yang sering kali menjadi penyerang utama dalam tim.

"Memperkenalkan opposite Jakarta BIN untuk Proliga 2024: Megawati Hangesti Pertiwi, Dian Wijayanti, Alya Annastasya, Nyoman Shaniawati. Nantikan selengkapnya," tulis BIN Volleyball Club.

Pengumuman tersebut pun mengakhiri rumor Megawati setelah menyelesaikan satu musim Liga Voli Korea pada Maret lalu.

Proliga 2024 sendiri akan dimulai pada 25 April hingga 21 Juli 2024. Sementara itu, musim baru Liga Voli Korea 2024/2025 baru akan kembali digelar mulai Oktober 2024.

Proliga musim ini akan dilaksanakan di sembilan kota di Indonesia, yakni Yogyakarta, Semarang, Palembang, Pontianak, Bandung, Gresik, dan Malang untuk putaran reguler.

Sementara itu, dikutip dari Kompas.id, Minggu (25/2/2024), putaran final four hingga grand final bakal dilaksanakan di Kediri, Solo, dan ditutup di Yogyakarta.

Direktur Proliga Hanny S Surkatty mengatakan, kompetisi profesional bola voli Indonesia ini akan diikuti tujuh peserta putra.

Mereka adalah juara bertahan Jakarta LavAni Allobank, Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta STIN BIN, Jakarta Pertamina Pertamax, Palembang Bank Sumsel Babel, Kudus Sukun Badak, dan Garuda Jaya.

Pada sektor putri, tujuh tim akan ikut serta, meliputi juara bertahan Bandung Bank bjb Tandamata, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Fastron, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta BIN, Jakarta Elektrik PLN, dan pendatang baru Jakarta Livin Mandiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi