Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Operasional KRL Yogyakarta-Palur dan Prameks Selama Libur Lebaran 2024

Baca di App
Lihat Foto
Wikimedia Commons
KRL Commuter Line.
|
Editor: Ahmad Naufal Dzulfaroh

KOMPAS.com - KAI Commuter menambah jumlah perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) wilayah Yogyakarta-Palur dan Prameks Yogyakarta-Kutoarjo selama periode Lebaran 2024.

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan, penampahan perjalanan ini sebagai respons atas hasil survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait Pergerakan Pemudik pada Lebaran Tahun 2024.

"Dalam survei tersebut, Provinsi Jawa Tengah merupakan provinsi tujuan utama pemudik yang diprediksi (dilewari) sebanyak 61,6 juta orang atau sebesar 31,6 persen dari total pemudik (Indonesia)," ujar Anne dalam rilis resminya.

Selain itu, penambahan perjalanan KRL juga dibuat untuk memudahkan pemudik yang akan melanjutkan perjalanannya menuju daerah sekitar Yogyakarta, Solo, dan Karangayar, Jawa Tengah.

"Seperti yang diketahui bersama, Yogyakarta merupakan salah satu daerah tujuan pemudik yang berasal dari Jakarta, Bandung, atau Surabaya pada Angkutan Lebaran 2024," tambahnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Aturan Buka Puasa dalam KRL, LRT, MRT, dan TransJakarta


Jadwal operasional KRL Lebaran 2024

Pada masa Lebaran 2024, KAI Commuter akan mengoperasikan enam jadwal perjalanan tambahan untuk Commuter Line atau KRL Yogyakarta menjadi 30 perjalanan.

Tak hanya itu, perjalanan Commuter Line Prameks juga ditambah empat perjalanan menjadi total 12 perjalanan per hari.

Penambahan perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Palur PP tersebut berlaku mulai 6-18 April 2024.

Sementara pemberlakukan tambahan perjalanan Commuter Line Prameks Yogyakarta-Kutoarjo PP mulai 5-16 April 2024.

Selain penambahan jadwal perjalanan, KAI Commuter juga menambah jam operasional kereta mulai pukul 04.55 WIB sampai 22.35 WIB.

"Diharapkan dapat mengakomodir dan memudahkan para pengguna musiman dan masyarakat sekitar stasiun-stasiun Commuter Line dalam melakukan mobilisasi selama hari raya Idul Fitri tahun ini," ujar Anne.

Baca juga: Jadwal Operasional LRT Jabodebek Selama Libur Lebaran 2024

Berikut jadwal perjalanan tambahan KRL Yogyakarta-Palur selama libur Lebaran 2024.

Berikut jadwal perjalanan tambahan Prameks Yogyakarta-Kutoarjo selama libur Lebaran 2024.

Baca juga: Gamis Shimmer Laris Manis, Jadi Tren Baju Lebaran 2024?

Jumlah pengguna selama Lebaran 2024 naik

Sementara itu, KAI Commuter mencatat volume pengguna KRL Yogyakarta pada Lebaran 2024 diproyeksikan naik 13 persen atau sebanyak 507.262 orang.

Puncak volume penumpang diperkirakan terjadi pada Sabtu (13/4/2024) mencapai 38.696 orang.

Sementara itu, KA Prameks diperkirakan akan mengalami kenaikan penumpang sebanyak 7 persen atau 69.986 orang pada Lebaran 2024. Puncak volume penumpang diperkirakan terjadi pada Minggu (14/4/2024) mencapai 4.310 orang.

Tahun lalu, Prameks tercatat digunakan sebanyak 65.647 orang pada Lebaran 2023.

Baca juga: Kena Lebaran Surcharge Jelang Idul Fitri, Bolehkah Menolak Membayar?

Adapun Stasiun Yogyakarta, menjadi stasiun dengan jumlah pengguna terbanyak selama masa libur. Tercatat sebanyak 10–11 ribu orang berada di Stasiun Yogyakarta setiap harinya.

"Untuk menghindari kepadatan, KAI Commuter mengimbau untuk naik Commuter Line Yogyakarta dari stasiun lainnya seperti Stasiun Lempuyangan yang tercatat rata-rata volume pengguna sebanyak 3 ribu setiap harinya," saran Anne.

Pihaknya juga menambah fasilitas layanan jelang masa lebaran, seperti penambahan toilet, perluasan mushala, serta penambahan kanopi, pos kesehatan, dan fasilitas lainnya di Stasiun Yogyakarta, Kutorjo, Maguwo, Brambanan, Jenar, Purwosari, Delanggu, dan Palur.

Sementara itu, transaksi pembayaran tiket KRL dapat dilakukan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), kartu bank berupa Flazz, Emoney, Tap Cash, atau Brizzi, serta QR Code Gotransit by Gojek.

Sementara pembelian tiket Prameks dapat dipesan melalui aplikasi Access By KAI atau menggunakan KMT dan kartu bank sesuai kuota yang tersedia.

Baca juga: Jadwal Operasional Jalan Tol Solo-Yogyakarta Saat Mudik Lebaran 2024

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi