Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Operasional Kereta Cepat Whoosh Selama Libur Lebaran 2024

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Shutterstock/ Ahmad Dwi Cahyadi
Kereta cepat Whoosh. Kereta cepat Jakarta Bandung. Aturan bagasi kereta cepat Whoosh.
|
Editor: Ahmad Naufal Dzulfaroh

KOMPAS.com - Menjelang libur Lebaran 2024, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menambah jumlah perjalanan Kereta Cepat Whoosh.

"Kereta Cepat Whoosh akan menghadapi momen libur Lebaran perdananya di tahun 2024 ini setelah pertama kali diluncurkan pada Oktober 2023," ujar General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa saat dihubungi Kompas.com, Jumat (5/4/2024).

Eva mengungkapkan, KCIC selaku operator Whoosh melakukan penambahan jadwal perjalanan harian Whoosh sebanyak 30 persen sebagai bentuk kesiapan jelang Lebaran 2024.

Sebagai informasi, KCIC menetapkan masa angkutan lebaran berlaku sejak 3-18 April 2024. Pada periode tersebut, ada 40 perjalanan reguler dan 12 perjalanan tambahan Whoosh.

Total, ada 52 perjalanan Whoosh setiap harinya mulai Jumat (5/4/2024) untuk melayani penumpang pada masa libur lebaran.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Cara Beli Tiket Whoosh Pulang Pergi dalam Sekali Transaksi


Jadwal operasional Whoosh Lebaran 2024

Eva menjelaskan, penambahan jadwal perjalanan Whoosh menyebabkan waktu antara keberangkatan atau headway pada jam sibuk mencapai 25 menit.

Whoosh beroperasi mulai pukul 06.40 WIB sampai 20.30 WIB untuk relasi Halim-Tegalluar.

Sementara Whoosh beroperasi pukul 05.50 WIB sampai 20.30 WIB untuk relasi Tegalluar-Halim.

"Hal ini membuat para penumpang bisa memiliki lebih banyak opsi untuk memilih jadwal perjalanan yang sesuai dengan kebutuhannya," ujar Eva.

Menurutnya, peningkatan jumlah perjalanan ini merupakan antisipasi KCIC terhadap potensi lonjakan penumpang yang kerap terjadi saat periode libur panjang.

Pada masa Lebaran 2024, KCIC tetap menerapkan skema tarif dinamis untuk kelas Premium Economy. Tarif yang ditetapkan Rp 150.000, Rp 175.000, Rp 200.000, Rp 225.000, atau Rp 250.000 tergantung jam, hari, dan momennya.

Berikut jadwal perjalanan Whoosh selama libur Lebaran periode 3-18 April 2024.

Baca juga: Jadwal Operasional LRT Jabodebek Selama Libur Lebaran 2024

Jadwal Whoosh dari Stasiun Halim

Baca juga: Jadwal Operasional Jalan Tol Solo-Yogyakarta Saat Mudik Lebaran 2024

Jadwal Whoosh dari Stasiun Tegalluar

Untuk memudahkan perubahan tiket kereta, KCIC kini memberikan layanan pembatalan dan perubahan jadwal secara daring melalui aplikasi Whoosh dan situs KCIC.

Dengan layanan ini, penumpang tidak lagi perlu datang ke stasiun untuk mengubah jadwal tiketnya.

Penambahan jadwal perjalanan Whoosh juga diimbangi penambahan jadwal perjalanan KA Feeder oleh KAI menuju Bandung dan Cimahi.

KCIC juga berkordinasi dengan operator intermoda lain sebagai angkutan lanjutan penumpang dari Stasiun Whoosh ke tujuannya. Layanan ini berupa LRT Jabodebek, KRL, TransJakarta, Trans Metro Pasundan, bus ke Bandara Internasional Soekarno Hatta, shuttle, dan taksi.

Baca juga: Cara Mendapatkan Layanan Khusus bagi Penumpang Prioritas Kereta Cepat Whoosh

Fasilitas pendukung Whoosh

Lebih lanjut, Eva menerangkan bahwa KCIC memberikan berbagai layanan tambahan yang diharapkan membuat perjalanan penumpang semakin nyaman saat selama lebaran.

"Pelayanan restorasi di atas KA juga mulai dioperasikan di masa angkutan Lebaran kali ini. Hari ini tanggal 5 April 2024, penumpang Whoosh dapat menikmati layanan restorasi di kereta makan yang nyaman dan unik," jelas dia.

Menurutnya, KCIC bahkan mengerahkan sekitar 524 petugas pengamanan per hari untuk memastikan keselamatan dan keamanan di stasiun kereta dan jalur lintas operasional Whoosh.

Tak hanya itu, terdapat total 1.396 CCTV di sepanjang jalur kereta cepat dan stasiun sebagai upaya memastikan keamanan perjalanan Whoosh termasuk pemantauan pelayanan dan penumpang selama berada di area stasiun.

Untuk meningkatkan pelayanan, sekitar 24 petugas tambahan yang akan difungsikan sebagai passenger service mobile juga datang di stasiun guna membantu mengarahkan dan memberikan informasi kepada penumpang.

"Peningkatan layanan juga lakukan dalam bentuk pembagian *akjil gratis untuk penumpang pada jadwal tertentu khususnya yang mendekati waktu berbuka puasa," tutur Eva.

Whoosh juga terus memberi peningkatan pelayanan dengan menghadirkan beragam tenant seperti minimarket, retail, serta kuliner seperti coffe shop dan restauran di area tunggu penumpang.

Baca juga: Aturan Bagasi Kereta Cepat Whoosh, Catat Sebelum Mudik Lebaran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi