Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Meluncurkan Serangan Drone ke Arah Israel

Baca di App
Lihat Foto
screenshoot
Iran meluncurkan serangan drone ke arah Israel

KOMPAS.com - Iran telah meluncurkan puluhan drone ke arah Israel, menurut juru bicara Pasukan Pertahanan Israel Daniel Hagari.

Pihaknya mengatakan ancaman tersebut akan memakan waktu beberapa jam untuk sampai di Israel.

“Iran meluncurkan UAV dari wilayahnya menuju wilayah negara Israel,” kata juru bicara militer Israel, Daniel Hagari, pada Sabtu malam dikutip dari Aljazeera.

“Kami berada dalam kewaspadaan dan kesiapan yang tinggi,” tambahnya, berbicara dalam pidato yang disiarkan televisi.

Pihaknya mengatakan bahwa drone tersebut akan memakan waktu beberapa jam sebelum mencapai wilayah udara Israel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel telah meningkatkan kewaspadaannya sejak serangannya di Damaskus pada tanggal 1 April, meskipun Israel tidak mengomentari serangan tersebut. Iran bersumpah akan membalas dendam dan serangan balasan diperkirakan akan terjadi.

Baca juga: Saat Israel Berada di Ambang Serangan Balasan Iran...

Sementara itu, analis politik dan urusan global CNN, Barak Ravid, juga mengatakan Iran telah melancarkan serangan menggunakan puluhan drone, mengutip empat pejabat AS dan Israel.

Iran telah melancarkan serangan terhadap Israel yang “kemungkinan akan terjadi dalam beberapa jam,” menurut juru bicara Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat Adrienne Watson.

“Presiden Biden secara rutin mendapat informasi terkini mengenai situasi ini oleh tim keamanan nasionalnya dan akan bertemu dengan mereka sore ini di Gedung Putih,” kata Watson.

Selain itu, tim tersebut “terus berkomunikasi dengan para pejabat Israel serta mitra dan sekutu lainnya,” bunyi pernyataan tersebut.

Baca juga: Sejumlah Maskapai Penerbangan Putuskan Hindari Wilayah Udara Iran, Apa Alasannya?

Iran konfirmasi luncurkan drone ke Israel

Sementara itu, media pemerintah Iran mengonfirmasi bahwa serangan pesawat tak berawak balasan telah diluncurkan terhadap sasaran di Israel.

Menurut Press TV Iran, Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) “telah melancarkan serangan drone secara ekstensif terhadap sasaran di wilayah pendudukan,” sebuah istilah yang digunakan Iran untuk menggambarkan Israel.

Pernyataan IRGC juga dibacakan di TV pemerintah Iran.

“Menanggapi kejahatan rezim Zionis dalam menyerang bagian konsuler kedutaan Iran di Damaskus, angkatan udara IRGC menyerang sasaran tertentu di wilayah rezim Zionis dengan puluhan drone dan rudal,” kata pernyataan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Editor: Rizal Setyo Nugroho
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi