Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kampus Kedokteran Terbaik di Indonesia Versi QS WUR by Subject 2024

Baca di App
Lihat Foto
IWAN SUPRIYATNA/KOMPAS.com
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Kampus kedokteran terbaik di Indonesia versi QS WUR by Subject 2024.
|
Editor: Ahmad Naufal Dzulfaroh

KOMPAS.com - Lima universitas di Indonesia masuk dalam peringkat kampus kedokteran terbaik menurut Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) by Subject 2024.

QS World University Rankings by Subject edisi tahun 2024 menampilkan 55 jurusan atau program studi dengan lima bidang studi yang luas.

Dilansir dari laman resminya, terdapat 1.559 institusi yang telah diperingkat dalam pemeringkatan program studi tahun ini.

Dari total tersebut, 64 di antaranya merupakan universitas baru yang memulai debutnya dan belum ada pada edisi 2023.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khusus program studi kedokteran, Harvard University di Cambridge, Amerika Serikat menduduki peringkat pertama sebagai universitas terbaik di dunia. 

Lantas, mana saja kampus kedokteran terbaik di Indonesia?

Baca juga: Prabowo Sebut Indonesia Minim Dokter, Benarkah Penambahan Fakultas Kedokteran Jadi Solusi?


Kampus kedokteran terbaik di Indonesia 2024

Di Indonesia, QS WUR by Subject 2024 mengidentifikasi lima universitas dengan program studi kedokteran terbaik.

Jurusan kedokteran terbaik ini memiliki peringkat universitas beragam, mulai dari 200-an hingga 700 di tingkat dunia.

Berikut kampus kedokteran terbaik di Indonesia versi QS WUR by Subject 2024:

Baca juga: Terima Donasi Rp 15 Triliun, Kampus Kedokteran di AS Langsung Gratiskan Biaya Kuliah

1. Universitas Indonesia

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) adalah salah satu fakultas kedokteran tertua dan kampus kedokteran terbaik di Indonesia.

Bukan hanya FKUI, Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat pun secara keseluruhan meraih peringkat 201-250 universitas terbaik di dunia versi QS WUR.

FKUI memiliki komitmen kuat untuk menjamin mutu penyelenggaraan pendidikan kedokteran dengan menyediakan pendidikan bertaraf internasional berbasis kompetensi sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Selain program studi Pendidikan Dokter, FKUI juga menawarkan program studi magister, spesialis, subspesialis, dan doktor.

Baca juga: 15 Kampus dengan Prodi Kedokteran Akreditasi Unggul di Indonesia

2. Universitas Airlangga

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) di Surabaya, Jawa Timur merupakan fakultas kedokteran tertua kedua di Indonesia.

Salah satu fakultas di universitas dengan peringkat 301-350 terbaik di dunia ini memiliki 28 departemen dan 43 program studi yang terdiri dari dua program studi S1, yakni kedokteran dan kebidanan.

FK Unair juga rumah bagi enam program studi S2, satu program studi S3, dua program studi profesi, 25 program studi spesialis, dan tujuh program studi subspesialis.

Ribuan lulusan FK Unair pun telah mengabdi di berbagai wilayah dengan menjadi dokter-dokter andal.

Baca juga: IPB Kampus Pertanian tapi Kenapa Buka Fakultas Kedokteran? Ini Jawaban Rektor

3. Universitas Gadjah Mada

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM) turut masuk dalam daftar kampus kedokteran terbaik di Indonesia versi QS WUR by Subject 2024.

Sementara itu, UGM sendiri berada di posisi 351-400 dalam peringkat kampus terbaik di dunia menurut QS WUR.

Selain program studi kedokteran, Fakultas Kedokteran tertua di Indonesia ini memiliki tiga program sarjana dan profesi, delapan program magister, dan satu program doktoral.

Kampus di kawasan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini pun mempunyai 22 program pendidikan dokter spesialis dan lima subspesialis.

Tidak hanya memberikan bekal pengetahuan, FK-KMK UGM juga menyelenggarakan penelitian dan pengabdian khususnya di bidang kesehatan.

Baca juga: 20 Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia Versi EduRank 2023

4. Universitas Padjadjaran

Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) menduduki peringkat keempat sebagai kampus kedokteran terbaik di Indonesia menurut QS WUR by Subject 2024.

Sebagai institusi yang bersifat terbuka, FK Unpad menerima mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga mendorong kontribusi alumni yang lebih luas.

Kampus yang terletak di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat itu juga mengeklaim, banyak alumni yang telah berkiprah di berbagai daerah di Tanah Air, bahkan dunia.

Selain program studi kedokteran, fakultas di universitas dengan peringkat 451-500 terbaik di dunia ini juga menawarkan program studi diploma, profesi, spesialis, pascasarjana, dan doktor.

Baca juga: Ramai soal UKT ITB 2024 Naik Rp 2 Juta Per Golongan, Ini Kata Pihak Kampus

5. Universitas Hasanuddin

Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas), kampus kedokteran tertua di Indonesia timur, menduduki peringkat kelima terbaik di Tanah Air.

Hadirnya kampus ini bersama Fakultas Hukum serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis merupakan cikal bakal dari Universitas Hasanuddin.

Dengan visi misi menjadi kampus yang bereputasi internasional dan menghasilkan lulusan berjiwa humanis serta berbudaya digital, FK Unhas tidak hanya menyelenggarakan program studi Pendidikan Dokter.

FK di Makassar, Sulawesi Selatan tersebut juga mengadakan program profesi, program pendidikan spesialis dan subspesialis, magister, serta S3 Kedokteran.

Sementara itu, di tingkat dunia, QS WUR menempatkan Universitas Hasanuddin di peringkat ke-651-700.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi