Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaksi Sejumlah Pemimpin Dunia terhadap Serangan Iran ke Israel

Baca di App
Lihat Foto
AFP/AHMAD GHARABLI
Sistem pertahanan udara Iron Dome milik Israel di padang pasir Negev pada 14 April 2024.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Serangan rudal dan drone Iran yang diluncurkan ke Israel pada Sabtu (13/4/2024) telah mendapat banyak sorotan dari sejumlah pemimpin negara di dunia.

Dikutip dari Economic Times, beberapa negara seperti Argentina, Kanada, Uni Eropa mengutuk serangan Iran ke Israel pada hari Sabtu malam.

Sementara itu, beberapa negara seperti Mesir, China, dan Kolumbia diperingatkan bahwa serangan tersebut akan semakin menjangkau kestabilan di Timur Tengah.

Selain negara-negara di atas, beberapa negara lain juga turut menyatakan menyatakan mereka dan memberikan reaksi atas serangan Iran ke Israel pada Sabtu (13/4/2024) malam.

Baca juga: 4 Potensi Dampak Serangan Iran ke Israel bagi Perekonomian Indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaksi dunia terhadap serangan Iran terhadap Israel

Berikut reaksi sejumlah negara dunia terhadap serangan Iran terhadap Israel:

1.Argentina

Kantor Presiden Argentina, Javier Milei menyatakan solidaritas dan komitmen teguh kepada Israel dalam menghadapi serangan tersebut.

Milei menyatakan bahwa Argentina dengan tegas mendukung Israel dalam mempertahankan pelestariannya.

Selain itu, pengadilan Argentina baru-baru ini menyatakan bahwa Iran bertanggung jawab atas serangan bom terhadap kedutaan Israel dan pusat komunitas Yahudi di Buenos Aires pada tahun 1990-an.

2. Brasil

Kementerian Luar Negeri Brasil mengeluarkan pernyataan yang mengatakan keprihatinannya terhadap berita penyerangan Iran dengan ratusan drone dan rudal ke Israel.

Selain itu, Brasil juga telah memperingatkan masyarakat internasional sejak awal perang di Gaza bahwa konflik dapat menyebar ke seluruh wilayah.

3. China

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China menyatakan keprihatinannya terhadap eskalasi setelah serangan Iran.

“China menyerukan kepada pihak-pihak terkait untuk tetap tenang dan menahan diri untuk menghindari peningkatan ketegangan lebih lanjut,” kata juru bicara tersebut.

"Putaran ketegangan ini merupakan dampak dari konflik Gaza dan memadamkan konflik tersebut adalah prioritas utama," tambahnya.

4. Kolombia

Presiden Kolombia Gustavo Petro menyebut serangan Iran ke Israel pada Sabtu malam itu dapat diprediksi.

Ia juga menambahkan bahwa dunia sekarang berada di awal Perang Dunia III, tepatnya ketika umat manusia harus membangun kembali perekonomiannya menuju tujuan dekarbonisasi yang cepat.

“Dukungan AS, dalam praktiknya, terhadap genosida telah menyulut dunia. Semua orang tahu bagaimana perang dimulai, tidak ada yang tahu bagaimana berakhirnya," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Andai saja bangsa Israel memiliki kemampuan yang cukup tinggi, seperti nenek moyang mereka, untuk menghentikan kegilaan penguasa mereka,” imbuhnya.

Petro berharap agar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) harus segera mengadakan pertemuan dan harus segera berkomitmen terhadap perdamaian.

5. Mesir

Kementerian Luar Negeri Mesir menyatakan keprihatinan mendalam atas meningkatnya permusuhan dan menyerukan “pengendalian diri secara maksimal”.

Pernyataannya juga memperingatkan terkait risiko perluasan konflik regional.

Ia menambahkan bahwa Mesir akan melakukan kontak langsung dengan semua pihak yang berkonflik untuk mencoba dan mengatasi situasi tersebut.

6. Uni Eropa

Uni Eropa mengutuk keras serangan Iran yang tidak dapat diterima terhadap Israel.

Hal ini disampaikan langsung oleh diplomat utama Uni Eropa Josep Borrell dalam sebuah postingan di X (Twitter).

“Ini adalah peningkatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan merupakan ancaman besar terhadap keamanan regional,” tulisnya.

Baca juga: Yordania, Lebanon, dan Irak Buka Kembali Wilayah Udara Usai Serangan Iran ke Israel

7. Perancis

Menteri Luar Negeri Perancis Stephane Sejourne mengatakan bahwa Iran telah mengambil langkah baru dalam tindakan destabilisasi dan mengambil risiko eskalasi militer.

8. Jerman

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan, negaranya akan melakukan segala kemungkinan untuk mencegah eskalasi lebih lanjut di Timur Tengah.

“Kami hanya bisa memperingatkan Iran secara khusus. Adalah baik bahwa Israel, bersama dengan mitra-mitranya, telah berhasil menangkis serangan ini,” katanya dalam sebuah pernyataan di platform media sosial X.

Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock juga mengutuk serangan yang dinilai dapat menjerumuskan seluruh kawasan ke dalam kekacauan.

"Iran dan proksinya harus segera menghentikan hal ini. Israel menawarkan solidaritas penuh kami saat ini,” tambahnya.

9. India

India mengungkapkan keprihatinan atas meningkatnya permusuhan antara Israel dan Iran, yang mengancam perdamaian dan keamanan di kawasan tersebut.

“Kami menyerukan deeskalasi segera, menahan diri, mundur dari kekerasan, dan kembali ke jalur diplomasi,” kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan.

Ia mengatakan, pihaknya akan memantau dengan cermat perkembangan situasi dan kedutaan besar India di wilayah tersebut selalu berhubungan erat dengan komunitas India.

“Sangat penting untuk menjaga keamanan dan stabilitas di kawasan ini,” kata pernyataan itu lebih lanjut.

10. Yordania

Perdana Menteri Yordania Bisher Khasawneh mengatakan, eskalasi apa pun di wilayah tersebut akan mengarah pada “jalan berbahaya”.

Selain itu, semua pihak diimbau untuk mengurangi eskalasi agar tidak semakin memanas.

Dalam sambutannya kepada kabinet, Khasawneh mengatakan angkatan bersenjata negara itu akan menghadapi segala upaya pihak mana pun yang berupaya membahayakan keamanan kerajaan.

11. Lebanon

Kelompok Hizbullah Lebanon memuji serangan Iran terhadap Israel dan menggambarkannya sebagai tindakan yang berani.

Hizbullah yang didukung Iran menambahkan dalam sebuah pernyataan bahwa Iran telah menggunakan hak-hak hukumnya meskipun ada ancaman, intimidasi dan tekanan.

12. Malaysia

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menyebut serangan Iran sebagai “konsekuensi dari pemerintah Israel yang melanggar hukum internasional” dengan mengebom konsulat Iran pada 1 April 2024.

Dia mengatakan, kekerasan antara kedua negara yang bersaing di kawasan itu tidak baik bagi perekonomian dan perdamaian dunia.

“Perang antara Iran dan Israel yang dimulai setelah pemerintah Zionis Israel menyerang kedutaan Iran, yang bertentangan dengan hukum internasional, adalah konsekuensi dari tindakan seseorang. Ketika Anda melanggar hukum, Anda mengundang reaksi,” ungkapnya.

Baca juga: Ini Peringatan Iran jika Israel dan AS Lakukan Serangan Balasan

13. Pakistan

Dalam sebuah pernyataannya, Kementerian Luar Negeri Pakistan mengatakan, eskalasi yang terjadi saat ini menunjukkan konsekuensi dari gagalnya diplomasi.

“Hal ini juga menggarisbawahi dampak 'buruk' jika Dewan Keamanan PBB tidak mampu memenuhi tanggung jawabnya dalam menjaga perdamaian dan keamanan internasional,” ujarnya.

Ia menambahkan, selama berbulan-bulan Pakistan telah menggarisbawahi perlunya upaya internasional untuk mencegah perluasan permusuhan di wilayah tersebut dan gencatan senjata di Gaza.

“Saat ini sangat mendesak untuk menstabilkan situasi dan memulihkan perdamaian. Kami meminta semua pihak untuk menahan diri semaksimal mungkin,” tutupnya.

14. Qatar

Negara Teluk tersebut meminta semua pihak terkait untuk menghentikan eskalasi dan menahan diri sepenuhnya.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Qatar turut menyatakan keprihatinan mendalamnya terhadap perkembangan di kawasan Timur Tengah tersebut.

Ia meminta agar semua pihak untuk menghentikan eskalasi, meningkatkan ketenangan dan menahan diri secara maksimal.

15. Rusia

Rusia mengatakan pihaknya sangat prihatin dengan serangan Iran terhadap Israel dan meminta semua pihak untuk menahan diri.

“Kami menyampaikan keprihatinan kami yang luar biasa atas eskalasi berbahaya lainnya di kawasan ini. Kami menyerukan semua pihak yang terlibat untuk menahan diri,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

“Kami telah berulang kali memperingatkan bahwa banyaknya krisis yang belum terselesaikan di Timur Tengah, terutama di zona konflik Palestina-Israel, yang seringkali dipicu oleh tindakan provokatif yang tidak bertanggung jawab, akan meningkatkan ketegangan,” tambahnya.

16. Arab Saudi

Kementerian Luar Negeri Saudi mengeluarkan pernyataan terkait keprihatinannya terhadap “eskalasi militer” dan menyerukan agar semua pihak untuk menahan diri untuk menghindari bahaya perang.

Mereka juga mendesak supaya Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tanggung jawab dalam menjaga perdamaian dan keamanan internasional.

Baca juga: Israel Sesumbar 99 Persen Rudal dan Drone Iran Dapat Ditangkis

17. Spanyol

Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez menyerukan agar pihak-pihak lainnya menahan diri dalam merespons serangan Iran ke Israel pada Sabtu malam.

“Kami mengikuti dengan sangat prihatin perkembangan situasi di Timur Tengah. Kita harus menghindari eskalasi regional,” tulisnya dalam media sosial X.

18. Turkiye

Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan mengatakan, pihaknya tidak ingin ketegangan lebih lanjut terjadi di wilayah tersebut setelah serangan pesawat tak berawak dan rudal Iran terhadap Israel.

Anadolu Agency melaporkan, Fidan mengadakan pembicaraan telepon dengan Cameron dari Inggris. Keduanya sepakat bahwa kawasan tersebut tidak boleh mengalami eskalasi lebih lanjut.

19. Ukraina

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy mengutuk serangan pesawat tak berawak dan rudal Iran, serta menyerukan upaya untuk mencegah eskalasi lebih lanjut konflik Timur Tengah.

“Tindakan Iran mengancam seluruh kawasan dan dunia, sama seperti tindakan Rusia yang mengancam konflik yang lebih besar, dan kolaborasi nyata antara kedua rezim dalam menyebarkan teror harus mendapat tanggapan yang tegas dan bersatu dari dunia,” tulisnya di X.

20. Britania Raya

Perdana Menteri Britania Raya, Rishi Sunak menggambarkan serangan Iran ke Israel sebagai tindakan yang sembrono.

“Iran sekali lagi menunjukkan niatnya untuk menabur kekacauan di wilayahnya sendiri,” katanya dalam sebuah pernyataan yang diposting di X.

“Inggris akan terus membela keamanan Israel dan semua mitra regional kami, termasuk Yordania dan Irak,” tambahnya.

Baca juga: Israel Akan Membalas Serangan Iran pada Waktu yang Tepat

21. Amerika Serikat

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden menjanjikan dukungan keahlian bagi Israel setelah mengadakan pertemuan darurat dengan para pejabat tinggi keamanan.

"Saya baru saja bertemu dengan tim keamanan nasional saya untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai serangan Iran terhadap Israel. Komitmen kami terhadap keamanan Israel terhadap ancaman dari Iran dan proksi-proksi mereka sangat kuat," kata Biden di X dikutip dari Economic Times.

22. Kanada

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan kepada wartawan di Ottawa bahwa negaranya dengan tegas mengutuk serangan udara Iran dan menyatakan dukungannya pada Israel.

“Kami mendukung Israel,” kata Trudeau.

“Setelah mendukung serangan brutal Hamas pada tanggal 7 Oktober, tindakan rezim terbaru Iran akan semakin mengganggu stabilitas kawasan dan tercapainya perdamaian abadi,” tambahnya.

Baca juga: 4 Potensi Dampak Serangan Iran ke Israel bagi Perekonomian Indonesia

23. Italia

Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani mengatakan bahwa negaranya mengikuti situasi ini dengan penuh perhatian dan ketenangan.

Ia menambahkan bahwa ia bermaksud siap untuk menangani segala jenis skenario yang terjadi.

24. Meksiko

Pemerintah Meksiko mengatakan bahwa mereka mengutuk penggunaan kekerasan dalam hubungan internasional.

Selain itu, mereka juga mendorong semua pihak untuk menahan diri dan mencari solusi secara damai" untuk menghindari konflik regional yang lebih luas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi