Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia Versi QS WUR by Subject 2024

Baca di App
Lihat Foto
dok. Unair
Universitas Airlangga (Unair). Fakultas Hukum terbaik di Indonesia versi QS WUR by Subject 2024.
|
Editor: Ahmad Naufal Dzulfaroh

KOMPAS.com - Enam Fakultas Hukum di Indonesia masuk dalam jajaran terbaik menurut Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) by Subject 2024.

QS World University Rankings by Subject edisi 2024 menampilkan 55 jurusan atau program studi dengan lima bidang studi yang luas.

Dilansir dari laman resminya, total terdapat 1.559 institusi yang telah diperingkat dalam pemeringkatan berdasarkan program studi tahun ini.

Di tingkat dunia, Harvard University di Cambridge, Amerika Serikat menempati peringkat pertama sebagai universitas dengan jurusan ilmu hukum dan hukum terbaik di dunia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di peringkat kedua dan ketiga, masing-masing diraih oleh University of Oxford dan University of Cambridge di Inggris.

Lantas, mana saja Fakultas Hukum terbaik di Indonesia?

Baca juga: 5 Kampus Kedokteran Terbaik di Indonesia Versi QS WUR by Subject 2024


Fakultas Hukum terbaik di Indonesia 2024

Di Indonesia, QS WUR by Subject 2024 mengidentifikasi enam universitas dengan program studi ilmu hukum dan hukum terbaik.

Jurusan ilmu hukum dan hukum terbaik ini memiliki peringkat di tingkat dunia yang beragam, mulai dari 151 hingga 370.

Berikut kampus hukum terbaik di Indonesia versi QS WUR by Subject 2024:

Baca juga: Biaya Kuliah Unair 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri untuk Semua Jurusan

1. Universitas Airlangga

Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH Unair) menduduki posisi teratas dalam daftar kampus hukum terbaik di Indonesia menurut QS WUR by Subject 2024.

Salah satu fakultas dari universitas yang terletak di Surabaya, Jawa Timur ini tercatat berada di peringkat 151-200 dunia.

FH Unair merupakan salah satu fakultas hukum tertua di Indonesia yang berdiri sejak 1952. Fakultas ini memiliki satu departemen dan empat program studi, yang meliputi satu sarjana, dua magister, dan satu doktor.

Program studi Sarjana Ilmu Hukum telah diakui di dunia internasional melalui sertifikasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) pada 2016.

Lulusan FH Unair pun telah banyak menjadi yuris profesional dan menduduki jabatan penting di Tanah Air, seperti hakim, jaksa, pengacara, notaris, dan staf di kementerian.

Baca juga: Ramai soal UKT ITB 2024 Naik Rp 2 Juta Per Golongan, Ini Kata Pihak Kampus

2. Universitas Indonesia

Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) adalah kampus hukum tertua di Tanah Air yang dibuka sejak 28 Oktober 1924.

Sebagai kampus yang berdiri sebelum merdeka, FHUI telah mencetak para tokoh intelektual penting bangsa Indonesia.

Dengan satu program studi Sarjana Ilmu Hukum, kampus di kawasan Depok, Jawa Barat ini menempati peringkat 151-200 dunia.

Bukan hanya sarjana, UI juga menawarkan program Magister Ilmu Hukum, Magister Kenotariatan, serta program Doktor Ilmu Hukum.

Baca juga: Ramai soal Prodi Baru S2 Ilmu Hitam, Ini Kata Universitas Terbuka

3. Universitas Gadjah Mada

Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM) di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah memberikan kontribusi penting dalam perkembangan ilmu hukum di Indonesia.

Kampus ini merupakan fakultas hukum pertama yang didirikan oleh Republik Indonesia berdaulat, tepatnya pada 1946 dengan nama Faculteit Hoekoem Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada (FH BPTGM).

Banyak pendapat dan pemikiran yang lahir, tumbuh, serta menyebar dari tempat ini untuk memperkuat dan memperbaiki sistem hukum Indonesia.

Tidak heran, FH UGM masuk dalam jajaran kampus hukum dan ilmu hukum terbaik di Tanah Air, bahkan meraih peringkat 201-250 di tingkat dunia.

Selain program studi Sarjana Hukum, FH UGM juga membuka program pascasarjana, baik magister maupun dokter di bidang ilmu hukum.

Baca juga: Kronologi Dugaan Perdagangan Orang di Jerman, Magang Berkedok Kampus Merdeka

4. Universitas Padjadjaran

Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH Unpad) menempati posisi keempat dalam daftar kampus hukum terbaik di Indonesia menurut QS WUR by Subject 2024.

Kampus yang beralamat di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ini tercatat berada di peringkat 251-300 dunia.

Berdiri sejak 1957, FH Unpad merupakan salah satu kampus hukum tertua dan terkemuka di Indonesia.

Fakultas ini memiliki sejumlah departemen dengan empat program studi, yang meliputi Sarjana Ilmu Hukum, Magister Ilmu Hukum, Magister Kenotariatan, dan program Doktor Ilmu Hukum.

FH Unpad telah banyak memberikan kontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara sekaligus pengalaman praktis bagi mahasiswa agar tetap relevan dalam dunia persaingan global.

Baca juga: Cara Mendapatkan Tarif Reduksi Tiket Kereta untuk Alumni Kampus

5. Universitas Brawijaya

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) memiliki satu program studi sarjana yang telah mendapat sertifikasi AUN-QA.

Di samping masuk dalam jajaran kampus hukum dan ilmu hukum terbaik di Indonesia, FH UB turut mencatatkan namanya di peringkat 301-250 dunia.

Berdiri pada 1957 dengan nama Perguruan Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (PTHPM), FH UB telah menghasilkan lulusan yang berkecimpung di bidang hukum.

Selain program studi Sarjana Ilmu Hukum, kampus di kawasan Malang, Jawa Timur ini juga membuka program studi untuk jenjang magister maupun dokter di bidang ilmu hukum.

Baca juga: Biaya Kuliah UGM 2024/2025 untuk Program Sarjana Jalur SNBP dan SNBT

6. Universitas Diponegoro

Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (FH Undip) merupakan fakultas tertua di lingkungan Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah.

Sejak berdiri pada 1957, FH Undip telah mencetak mahasiswa yang mandiri, mumpuni, serta tangguh dalam ilmu pengetahuan.

Dengan menjunjung nilai Pancasila, kampus dengan peringkat 351-370 di tingkat dunia ini menargetkan pengembangan keilmuan berbasis riset berkelas dunia pada 2025.

Tidak hanya sarjana, Undip juga menawarkan program Magister Hukum, Magister Kenotariatan, serta program Doktor Hukum.

Baca juga: Biaya Kuliah Undip 2024/2025 Program Sarjana Jalur SNBP dan SNBT

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi