Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Sederhana untuk Merawat Anjing Pudel Kesayangan Anda

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/Matt Briney
Tips merawat anjing Pudel.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Pudel adalah ras anjing berukuran kecil hingga standar. Meski demikian, mereka diberkahi dengan beberapa kemampuan otak anjing terbaik.

Ras pudel berasal dari anjing pemburu dan menjadi pekerja yang rajin serta teman yang dapat dipercaya.

Mereka dapat dengan mudah mempelajari trik yang paling rumit sekalipun, termasuk melompati lingkaran atau bekerja sebagai anjing penolong.

Pudel termasuk jenis anjing yang ramah dan suka bermain. Mereka mudah akrab dan bisa menjadi teman yang baik bagi anak-anak.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 7 Ras Anjing yang Hanya Memiliki Jenis Bulu Berwarna Putih

Ras ini membutuhkan banyak aktivitas fisik dan waktu bermain untuk membakar energi, serta menjaga ketajaman otak mereka tetap aktif.

Karena mereka cerdas, anjing Pudel Anda harus selalu sibuk. Luangkan waktu untuk bermain, dan rangsang pikiran mereka dengan mainan interaktif.

Pudel membutuhkan perawatan dan banyak olahraga setiap hari dan stimulasi mental untuk membuatnya tetap bahagia dan sehat.

Baca juga: 10 Tips Sederhana dalam Melatih Anjing Peliharaan Anda


Bagi Anda yang memelihara anjing Pudel, berikut adalah beberapa tips sederhana untuk perawatannya:

1. Perawatan bulu dan kulit

Dilansir dari laman PetMD, lapisan bulu pudel yang kasar, keriting, dan jarang rontok, tumbuh terus menerus.

Ini membutuhkan pemotongan rambut yang teratur agar tetap terlihat terbaik. Anda dapat menjaga bulunya tetap pendek untuk memudahkan perawatan.

Anda bisa belajar dan memangkas bulunya di rumah atau membawa mereka ke salon setiap empat hingga enam minggu sekali.

Menyikat secara teratur sangat penting, karena rambut yang rontok tetap berada di dalam bulu, dibandingkan langsung jatuh.

Pudel kecil ini harus dimandikan sebulan sekali untuk menjaga kesehatan kulit dengan menghilangkan sel kulit mati dan mendistribusikan minyak alami.

Baca juga: Benarkah Anjing Dapat Merasakan Gempa Lebih Cepat dari Manusia?

2. Perawatan mata dan telinga

Bulu anjing Pudel dapat menghalangi penglihatannya jika tumbuh cukup panjang. Anda mungkin perlu menjepit rambut di sekitar matanya.

Bila perlu, memangkasnya sedikit agar anjing Anda dapat melihat dengan jelas dan tidak ada bulu yang mengganggu matanya.

Ras Pudel menyukai air, namun penting menjaga telinga mereka tetap kering dan sehat dengan membersihkannya setelah semua sesi mandi dan berenang.

Jika tidak, kelembapan dapat terperangkap dan menyebabkan infeksi telinga. Mandi dan potong kuku perlu dilakukan setiap empat hingga enam minggu.

Baca juga: Cara Mengakrabkan Kucing dan Anjing Peliharaan, Berikut Tahapannya

3. Melakukan aktivitas fisik

Dikutip dari laman The Spruce Pets, semua ras Pudel memiliki tingkat energi yang tinggi, serta kebutuhan akan aktivitas yang stimulasi mental yang tinggi.

Mereka membutuhkan setidaknya satu jam aktivitas fisik per hari, seperti jalan cepat, joging, hiking, atau berenang. Mereka juga menyukai permainan lempar tangkap.

Ras ini unggul dalam olahraga anjing , seperti kelincahan, dan bahkan dapat menjadi anjing penolong atau terapi yang hebat.

Baca juga: 10 Tanaman yang Berbahaya bagi Anjing Peliharaan, Ada Tulip dan Lidah Buaya

4. Memerhatikan pola makan dan nutrisi

Penting untuk selalu menyediakan air bersih untuk mereka. Anda dapat memberi makan dua kali makan terukur per hari dengan makanan anjing yang berkualitas dan bergizi seimbang.

Diskusikan jenis makanan dan jumlahnya dengan dokter hewan Anda, karena hal ini dapat bervariasi tergantung pada usia, tingkat aktivitas, dan faktor lainnya.

Pastikan untuk memasukkan camilan dan asupan makanan tambahan lainnya ke dalam makanan harian anjing Anda untuk mencegah makan berlebihan.

Baca juga: 7 Cara Anjing Menunjukkan Kasih Sayang pada Pemiliknya, Salah Satunya Melalui Kontak Mata

5. Melatih dan mengajak mereka bersosialisasi

Seperti semua anjing, pudel memerlukan pelatihan dan sosialisasi yang tepat agar bahagia dan dapat menyesuaikan diri dengan baik.

Karena ras ini sangat cerdas, mereka dapat dengan mudah dilatih untuk melakukan berbagai perintah dan trik, serta dapat melakukannya dengan baik.

Anda bisa mulai sosialisasikan sedini mungkin dengan memperkenalkan anjing Anda kepada orang yang berbeda, anjing lain, dan lingkungan yang berbeda.

Kebanyakan pudel menyukai manusia dan bahkan bisa menjadi baik di rumah yang memiliki banyak hewan peliharaan jika dibesarkan bersama hewan peliharaan lainnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi