Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Rekomendasi Ras Anjing Peliharaan yang Cocok untuk Pemula

Baca di App
Lihat Foto
iStockphoto/FaST_9
Anjing Papillon, salah satu ras anjing yang cocok untuk pemilik pemula.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Anjing menjadi salah satu hewan peliharaan yang cukup populer. Mereka memiliki kepribadian yang baik dan mampu berteman baik dengan manusia.

Meski demikian, anjing memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda-beda, sehingga pemiliknya harus cukup telaten dalam merawatnya.

Selama anjing peliharaan diberikan kasih sayang dan dipenuhi kebutuhannya, memelihara anjing tidaklah sulit bahkan untuk pemula sekalipun.

Baca juga: 7 Rekomendasi Ras Anjing Tanpa Bulu yang Cocok Dipelihara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Bagi Anda yang baru pertama kali ingin memelihara anjing, berikut beberapa ras anjing yang cocok untuk pemula:

1. Bernese mountain dog

Dikutip dari laman The Spruce Pets, Bernese mountain dog termasuk ras anjing bertubuh besar, tetapi berwatak santai, bersemangat, penuh kasih sayang, dan cerdas.

Mereka termasuk ramah dan suka bermain-main dengan anak-anak, serta senang menghabiskan malam bersantai di rumah.

2. Bichon frise

Bichon frise adalah anjing bertubuh kecil yang ceria. Mereka cocok untuk keluarga dengan anak-anak atau yang tinggal di apartemen.

Ras anjing ini mudah untuk dilatih, beradaptasi dengan baik dengan gaya hidup apa pun, dan hanya membutuhkan aktivitas fisik ringan setiap hari agar bahagia dan sehat.

Baca juga: 7 Masalah Perilaku pada Anjing Peliharaan dan Cara Mengatasinya

3. Boxer

Ras boxer cocok bagi Anda yang mencari anjing peliharaan yang dapat membentuk ikatan erat dengan keluarga.

Karena memiliki energi yang tinggi, ras ini membutuhkan banyak aktivitas fisik dan dasar pelatihan yang kuat. Mereka mudah dilatih dan menikmati perhatian selama latihan.

4. Cavalier King Charles spaniel

Cavalier King Charles spaniel adalah anjing yang memiliki kepribadian penuh kasih sayang, dengan penampilan kecil seperti anak anjing.

Cavalier dapat beradaptasi dengan baik di semua jenis keluarga dan cenderung rukun dengan anak-anak dari segala usia.

Baca juga: Mengenal 5 Tipe Bulu Anjing dan Cara Merawatnya

5. English Springer Spaniel

English springer spaniel memiliki karakter “sangat ingin menyenangkan” yang umum dimiliki kebanyakan anjing spaniel. Mereka juga ceria dan penuh kasih sayang, menurut American Kennel Club.

Anjing springers mudah mencintai keluarga dan lebih suka dekat dengan pemiliknya. Anda perlu mengajaknya berolahraga dan merawat bulunya secara teratur untuk menjaga penampilannya.

6. Papillon

Papillon adalah ras yang cocok bagi Anda yang mencari anjing bertubuh mungil. Mereka dikenal sebagai anjing kecil yang waspada dan tidak pemalu atau agresif.

Papillon mudah beradaptasi dan bahagia, baik yang tinggal di apartemen, di pedesaan, atau di lingkungan keluarga mana saja.

Baca juga: 7 Ras Anjing yang Hanya Memiliki Jenis Bulu Berwarna Putih

7. Pudel

Pudel adalah ras anjing yang sangat cerdas dan memiliki penampilan yang menarik, membuatnya menjadi salah satu ras yang paling populer.

Ras pudel mudah beradaptasi dengan lingkungannya dan dapat hidup dengan baik di berbagai rumah tangga, termasuk rumah tangga yang memiliki anak.

8. Golden retriever

Dilansir dari laman Reader’s Digest, golden retriever adalah ras anjing populer yang mampu bersahabat baik dengan manusia. Mereka sangat ramah, lembut di alam, dan setia kepada pemiliknya.

Ras anjing ini juga dikenal patuh dan mudah dilatih, sehingga akan cukup mudah untuk mengajari mereka beberapa isyarat perintah.

Baca juga: 10 Tips Sederhana dalam Melatih Anjing Peliharaan Anda

9. Labrador retriever

Labrador retriever terkenal karena kepribadiannya dan sikapnya yang ramah, dan mereka juga merupakan salah satu ras anjing yang berperilaku terbaik.

Itu membuat labrador retriever ideal untuk keluarga aktif yang mencari peliharaan pendamping yang hangat dan penuh kasih sayang.

10. German shepherd dog

German shepherd dog termasuk ras anjing yang sangat cerdas dan mudah dilatih. Mereka juga lembut terhadap pemiliknya dan selalu setia.

Selain menjadi teman pendamping keluarga, ras anjing German shepherd sering kali dijadikan sebagai anjing penjaga yang baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi