Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warganet Kaitkan Kenaikan UKT Unsoed dengan Peralihan Menuju PTN-BH, Ini Penjelasan Kampus

Baca di App
Lihat Foto
X/@unsoedfess1963
Tangkapan layar warganet mengaitkan UKT Unsoed naik dengan PTN BH
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Warganet mengeluh akan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dan mengaitkannya dengan status Unsoed yang akan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

Hal tersebut diunggah oleh akun X @Unsoedfess1963 pada Selasa (23/4/2024) pukul 13.14 WIB.

Dalam unggahan tersebut, pengunggah mempertanyakan kenaikan UKT Unsoed yang dinilai sangat tinggi.

Hingga Kamis (25/4/2024), unggahan tersebut dilihat lebih dari 150.300 kali, disukai 2.173 akun, dan dibagikan sebanyak 508 kali.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Ptn bh emang sejahat ini ya? emang buat maba tapi dzolim banget ga sih ini ukt naik ga ngotak. akses pendidikan lama-lama makin susah. kalau ada info demo ayo kita gerak bareng-bareng,” tulis pengunggah.

Berdasarkan lampiran kutipan daftar UKT Unsoed yang dicantumkan, terlihat UKT Unsoed terdiri dari golongan satu hingga delapan dengan biaya mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 33.500.000.

Baca juga: Profil Bupati Banyumas yang Trending di Twitter Usai Tanyakan Pilihan Capres ke Mahasiswa Unsoed


Penjelasan Unsoed

Juru Bicara Unsoed, Mite Setiansah mengatakan bahwa kabar adanya kenaikan UKT karena Unsoed akan menjadi PTN-BH tidaklah benar.

Penyesuaian UKT Unsoed bukan dilakukan karena perubahan menuju PTN-BH, tetapi perintah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Hal tersebut dilakukan mengingat UKT yang ditetapkan sebelumnya didasari oleh penghitungan Biaya Kuliah Tunggal (BKT) tahun 2011 atau 12 tahun yang lalu.

“Jadi karena sudah 12 tahun lalu, maka akhirnya ada perintah untuk penyesuaian,” ungkap Mite saat dihubungi Kompas.com, Rabu (24/4/2024).

Terkait dengan kronologi perumusan Peraturan Rektor Nomor 6 Tahun 2024 tentang Biaya Pendidikan Mahasiswa Unsoed yang menjadi perdebatan, Mite akan mengonfirmasikan terlebih lanjut.

Baca juga: Muncul Keterangan Cadangan di Seleksi Mandiri Unsoed 2023, Apa Artinya?

Daftar UKT Unsoed 2024

Merujuk pada Peraturan Rektor Nomor 6 Tahun 2024 tentang Biaya Pendidikan Mahasiswa Unsoed, pihak kampus menetapkan biaya kuliah yang berbeda-beda antara program studi (prodi).

Sebagai informasi, UKT akan dibayarkan setiap semester oleh mahasiswa dan terbagi atas beberapa golongan.

Adapun UKT dibedakan berdasarkan kemampuan keuangan orangtua mahasiswa dan pertimbangan lain yang akan ditetapkan perguruan tinggi.

Sebagai contoh, prodi Kedokteran Umum menetapkan UKT terendah sebesar Rp 500.000, sementara UKT tertinggi sebesar Rp 33.500.000 per semester.

Lalu untuk prodi Teknik Sipil, UKT terendah ditetapkan senilai Rp 500.000 dan UKT tertinggi senilai Rp 19.908.000 tiap semester.

Kemudian, prodi Akuntansi menetapkan UKT terendah sebesar Rp 500.000 dan UKT tertinggi sebesar Rp 14.667.000 per semester.

Tak berbeda jauh dengan prodi Akuntansi, UKT terendah untuk prodi Ilmu Hukum senilai Rp 500.000 dan UKT tertinggi senilai Rp 14.500.000.

Daftar UKT Unsoed 2024 selengkapnya dapat diakses pada link berikut.

Baca juga: Viral, Unggahan Sebut UKT Unsoed Tertinggi Rp 4,5 Juta, Benarkah?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi