Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Korsel Soroti Pertemuan Hwang Seon-hong dan Shin Tae-yong di Piala Asia U23

Baca di App
Lihat Foto
Dok. PSSI
Marselino Ferdinan melakukan selebrasi setelah mencetak gol penalti dalam laga Yordania vs Indonesia pada laga pamungkas Grup A Piala Asia U23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024).
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Korea Selatan (Korsel) di babak perempat final Piala Asia U23 2024 yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) pukul 00.30 WIB.

Laga tersebut diprediksi akan menjadi pertandingan yang menyulitkan Tim Garuda karena Korsel lebih berpengalaman dan diunggulkan di Piala Asia U23 2024 dibanding Indonesia.

Selain itu, laga ini juga mendapat sorotan karena mempertemukan dua pelatih yang dulunya pernah bermain bersama membela timnas Korsel.

Kedua pelatih itu adalah Shin Tae-yong yang kini menjadi pelatih Indonesia dan Hwang Seon-hong yang adalah pelatih Korsel.

Bahkan, beberapa media asal Korea Selatan juga menyoroti pertemuan kedua pelatih tersebut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Kasus dan Rekam Jejak Daud Kim, YouTuber yang Klaim Mau Bangun Masjid di Korea


Media Korsel soroti pertemuan Hwang Seon-hong dan Shin tae-yong di Piala Asia U23

Lihat Foto
Dok. PSSI
Shin Tae-yong memberikan instruksi dalam laga Grup D Piala Asia 2023 antara timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024). Shin Tae-yong kini bersiap menatap laga 16 besar Piala Asia 2023 antara Australia vs Indonesia di Stadion Jassim bin Hamad, Minggu (28/1/2024
1. Maekyung

Media Korea Selatan, Maekyung memberitakan pertemuan Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U23 dengan judul "Korea yang Dipimpin oleh Hwang Seon-hong Akan Menghadapi Indonesia yang Dilatih Shin Tae-yong di perempat final".

Media ini menyebut, pertemuan antara pelatih Korsel Hwang Seon-hong dan pelatih Indonesia Shin Tae-yong tak dapat terhindarkan karena keduanya harus menjadi lawan di babak perempat final Piala Asia U23.

"Korea yang mencatatkan tiga kemenangan di babak penyisihan grup menempati posisi pertama Grup B mengalahkan Jepang yang dianggap favorit. Perempat final melawan Indonesia yang menempati posisi kedua Grup A," tulisnya.

Selain itu, Maekyung menuliskan bahwa Hwang dua tahun lebih tua dari Shin, dan juga memulai karir kepemimpinannya lebih dahulu.

Namun demikian, Shin Tae-yong dinilai memiliki lebih banyak pengalaman sebagai pelatih timnas Korea Selatan, termasuk saat ajang Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia.

Kedua pelatih mengutarakan tekadnya untuk memberikan 100 persen di babak perempat final. Sebab, untuk bisa langsung melaju ke Olimpiade 2024 Paris, harus menempati posisi tiga besar.

Untuk tim peringkat ke-4, mereka harus memainkan babak playoff melawan Guinea, peringkat ke-4 Piala Afrika U23 2023.

Media ini menyebut, dari segi kekuatan, Korsel sangat bisa mengalahkan Indonesia. Namun, masih terlalu dini untuk berpuas diri karena pelatih baru Indonesia mengenal baik sepak bola Korsel.

"Korea yang meraih tiga kemenangan beruntun di babak penyisihan grup bertekad melanjutkan tren kenaikannya hingga babak perempat final," tulis media tersebut.

"Jika Korsel mengalahkan Indonesia dan menempati posisi ketiga atau lebih tinggi, mereka akan menjadi negara pertama di dunia yang melaju ke final Olimpiade untuk ke-10 kalinya berturut-turut," tambahnya.

Baca juga: Han Kwang-Song, Mantan Pemain Juventus asal Korea Utara yang Pernah Hilang Misterius

2. Sport TV News

Media Korea, Sport TV News menyebut Shin Tae-yong ingin menghindari pertandingan dengan Korea Selatan di perempat final Piala Asia U23 2024.

Meski begitu, takdir mempertemukan kedua tim tersebut untuk memperebutkan tiket ke Olimpiade 2024 Paris.

"Dewi takdir yang kejam telah menguji dua pelatih Korea. Pelatih Korea Selatan, Hwang Sun-hong dan pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, bertemu di perempat final Piala Asia U23," tulis Sport TV News.

Sebelum pertemuan dengan Indonesia, Korea Selatan berhasil menyapu bersih kemenangan di babak penyisihan Grup B.

Korsel mengamankan dua kemenangan beruntun dengan mengalahkan Uni Emirat Arab (UEA) dan China. Selanjutnya berhasil menang 1-0 saat menghadapi Jepang dengan rotasi besar dan tiga bek praktis.

Selain itu, media ini menyoroti salah satu pemberitaan media Indonesia yang menuliskan, Shin Tae-yong berada dalam dilema yang cukup besar karena harus menghadapi Korsel di perempat final Piala Asia U23.

3. Nate

Media Nate memuat pemberitaan dengan judul "Perempat Final telah Tiba dan Lonjakan Asia Tenggara Sudah di Depan Mata... Pertandingan Perempat Final Korea-Indonesia, Jepang Menghadapi Qatar".

Media ini menyoroti bahwa Korsel dan Jepang adalah negara yang difavoritkan menjadi juara Piala Asia U23 2024 yang selamat dari "grup maut" untuk melaju ke perempat final.

Selain itu, Nate menilai bahwa kekuatan besar di Timur Tengah berada di Arab Saudi, Qatar, dan Irak, sedangkan kekuatan besar di Asia Tengah berada di Uzbekistan.

Di Asia Tenggara sendiri, wakil yang melaju di perempat final adalah Indonesia dan Vietnam.

Negara-negara yang lolos ke perempat final Piala Asia U23 ini akan memperebutkan tiket menuju Olimpiade 2024 Paris zona Asia.

Tim dengan peringkat 1-3 di ajang Piala Asia U23 2024 akan mendapatkan tiket menuju ke Olimpiade 2024 Paris.

Baca juga: Korea Selatan Darurat Krisis Penduduk, Angka Kelahiran Terendah di Dunia

4. Haninpost

Media Korea Selatan, Haninpost menyoroti pertandingan Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U23 dalam artikel berjudul "Hwang Seon-hong vs Shin Tae-yong… Perempat Final Piala Asia U-23 Adu Akal Pemimpin Korea".

Dituliskan, pelatih Hwang Seon-hong yang memimpin Korsel dan pelatih Shin Tae-yong yang memimpin Indonesia akan membentuk "Jembatan tunggal untuk menuju ke Olimpiade Paris".

Tim asuhan Hwang Seon-hong berhasil meraih tiga kemenangan di babak penyisihan grup mengalahkan Jepang yang dianggap favorit, dan mengamankan posisi pertama di Grup B.

Sementara itu, Indonesia merupakan tim debutan yang berhasil melaju ke putaran perempat final Piala Asia AFC U-23, lolos dari babak penyisihan grup di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Sebelumnya, Shin Tae-yong adalah pelatih timnas senior Korea Selatan. Sehingga Shin dinilai memiliki lebih banyak pengalaman sebagai pelatih tim nasional, dibanding Hwang Seon-hong.

Shin Tae-yong pernah memimpin timnas Korsel kelompok umur dan kemudian ditunjuk sebagai pelatih resmi timnas senior Korsel pada 2017.

Saat itu, Shin Tae-yong bertanggung jawab atas Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia dan berhasil memulangkan Jerman yang merupakan juara dunia 2014.

Pelatih Hwang, yang memimpin timnas Korsel kelompok umur sejak 2021, mengambil alih dua pertandingan timnas senior sebagai "pelatih kepala sementara" menyusul pemecatan mantan pelatih Jurgen Klinsmann.

Pelatih Shin menyebut dirinya akan lebih nyaman bertemu Jepang ketimbang Korea di perempat final.

Jika menang, ia akan membawa penderitaan bagi negaranya, dan jika kalah, ia tidak akan membawa kebahagiaan bagi timnya saat ini, Indonesia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi