Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Keluarga Jokowi yang Terima Penghargaan, Terbaru Bobby Nasution

Baca di App
Lihat Foto
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A./hp.(WAHYU PUTRO A)
Daftar keluarga jokowi yang terima penghargaan
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan kepada Bobby Nasution, Kamis (25/4/2024).

Bobby Nasution adalah menantu Jokowi, suami dari Kahiyang Ayu, yang menjabat sebagai Wali Kota Medan periode 2021-2024.

Dia menjadi salah satu dari 14 kepala daerah yang menerima penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Jokowi.

Bobby menambah daftar keluarga Jokowi yang menerima penghargaan selama presiden ke-7 RI itu menjabat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantas, siapa saja keluarga Jokowi yang pernah menerima penghargaan?

Baca juga: Jokowi Beri Bintang RI Adipradana kepada Iriana, Gelar Apa Itu?

Daftar keluarga Jokowi yang terima penghargaan

Berikut Kompas.com merangkum nama keluarga Jokowi yang menerima penghargaan:

1. Iriana

Ibu negara, Iriana Joko Widodo pernah mendapat penghargaan tanda kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana dari Jokowi pada 14 Agustus 2024.

Gelar Adipradana adalah salah satu tanda kehormatan yang tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2010.

Tanda kehormatan merupakan penghargaan negara yang diberikan presiden kepada seseorang, kesatuan, institusi pemerintah, atau organisasi atas darmabakti dan kesetiaan yang luar biasa kepada bangsa dan negara.

Selain Iriana, ada 18 tokoh lainnya yang menerima penghargaan tersebut, salah satunya adalah Ibu Wakil Presiden Wury Ma'ruf Amin.

Ketua DGTK Mahfud MD mengatakan, gelar kehormatan Adipradana sudah menjadi tradisi di Indonesia, diberikan kepada para ibu negara dan ibu wakil presiden.

"Semua istri presiden yang terdahulu dan istri wakil presiden terdahulu mendapat bintang yang sama sesuai ketentuan perundangan," ujar Mahfud, dilansir dari Kompas.com (3/8/2024).

Baca juga: Jokowi Batal Hadiri Pemberian Satyalancana untuk Gibran dan Bobby, Ini Penyebabnya

2. Bobby Nasution

Jokowi memberikan penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada menantunya, Bobby Nasution, Kamis (25/4/2024).

Penghargaan itu rencananya akan diberikan kepada 15 kepala daerah, dua di antaranya merupakan keluarga Jokowi, yaitu Bobby dan Gibran Rakabuming Raka.

Namun, pada detik-detik menjelang penyematan penghargaan diberikan, nama Gibran tidak disebut sebagai penerima penghargaan. Sosoknya juga tidak hadir dalam acara tersebut.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang juga menjadi salah satu penerima penghargaan Satyalancana mengatakan, penghargaan itu diberikan melalui Keputusan Presiden kepada kepala daerah yang berprestasi, seperti dilansir dari laman resmi Pemerintah Kota Surabaya.

Menurutnya, tanda penghargaan ini diberikan kepada kepala daerah atas jasa, prestasi, atau kinerja yang sangat tinggi dalam menyelenggarakan pemerintahan.

Pemberian penghargaan yang disematkan sekali seumur hidup berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Tahun 2022 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2021.

Baca juga: 5 Hasil Putusan MK soal Dugaan Jokowi Cawe-cawe di Pilpres 2024

3. Anwar Usman

Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang kini menjadi ipar Jokowi, Anwar Usman, pernah menerima penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana dari Jokowi pada 11 November 2020.

Ia menjadi salah satu dari 6 hakim MK yang menerima penghargaan tersebut, yaitu
Arief Hidayat, Aswanto, Wahiduddin Adams, Suhartoyo, dan Manahan MP Sitompul.

Juru Bicara MK Fajar Laksono mengatakan, pemberian penghargaan Bintang Mahaputera tersebut sudah diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945.

"Penghargaan tanda kehormatan semacam itu setidaknya justru membuktikan bahwa hakim konstitusi yang menerima penghargaan tersebut diakui secara obyektif oleh negara," ujar dia, dilansir dari Kompas.com (2020). 

Selain berjasa, penerima penghargaan tersebut juga dinilai telah menjalankan kewenangannya sebaik-baiknya dan selurus-lurusnya, termasuk dalam menjaga independensi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi