Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Vs Korea Selatan di Piala Asia U23, Shin Tae-yong dan Pratama Arhan Akan Hadapi Rekannya

Baca di App
Lihat Foto
Dok. PSSI
Indonesia Vs Korea Selatan di Piala Asia U23
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Laga tim nasional (timnas) Indonesia melawan Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U23 akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) pukul 00.30 WIB.

Pertandingan Indonesia vs Korea Selatan merebutkan tiket semifinal Piala Asia U23 2024 dan jalan menuju Olimpiade 2024 di Paris. Oleh sebab itu, pertandingan tersebut penting untuk kedua kubu.

Di sisi lain, pertandingan ini adalah kali pertama timnas Indonesia tembus babak perempat final Piala Asia U23.

Laga Indonesia vs Korea Selatan juga menjadi kali pertama pelatih timnas Shin Tae-yong berduel dengan timnas Korea Selatan yang pernah ditanganinya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak hanya Shin Tae-yong, pertandingan ini juga debut bagi bek kiri timnas Indonesia Pratama Arhan berduel dengan rekan satu klub Liga Korea Suwon FC, Kang Sang-yoon.

Baca juga: Kapan Pertandingan Indonesia Vs Yordania di Piala Asia U23? Ini Link Live Streamingnya

Adu gengsi dua pelatih Korea Selatan

Pertandingan Indonesia melawan Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U23 2024 menjadi ajang adu gengsi dua pelatih yang sama-sama berasal dari Korea Selatan, yaitu Hwang Sun-hong dan Shin Tae-yong.

Keduanya sama-sama pernah melatih timnas Korea Selatan.

Shin Tae-yong, sebelum menjadi pelatih Garuda Muda, tercatat pernah menjadi pelatih Korea Selatan pada 2014 dan 2017-2018.

Ia sempat melatih tim U23 Korea Selatan pada 2015-2016 dan tim U20 pada 2016-2017.

Capaian Shin Tae-yong yang paling dikenang masyarakat Korea Selatan adalah ketika menaklukkan Jerman 2-0 dalam Piala Dunia 2018, padahal Jerman berstatus juara bertahan dan favorit juara.

Shin Tae-yong juga pernah mengantarkan timnas Korea Selatan menjadi runner up Piala Asia U23 2016 dan membawa Korea Selatan ke perempat final Olimpiade Rio 2016.

Sementara Hwang Sun-hong baru tahun ini melatih timnas Korea Selatan. Namun, dia sudah menangani Korea Selatan U23 sejak 2021, seperti dikutip dari Antara.

Pencapaian terbesar Hwang adalah perempat final Piala Asia U23 2022 dan medali emas Asian Games 2022.

Baca juga: Menakar Peluang Indonesia Vs Korea Selatan di Piala Asia U23 2024

Reuni Shin Tae-yong dan Hwang Sun-hong

Laga antara Indonesia dan Korea Selatan menjadi ajang reuni bagi Shin Tae-yong dan Hwang Sun-hong. Keduanya pernah tergabung dalam skuad Korea Selatan yang mengalahkan Indonesia pada Piala Asia 1996.

Hwang Sun-hong yang kala itu menjadi starter mencetak satu gol dalam laga yang tuntas 4-2 untuk kemenangan Korea Selatan itu.

Sementara, Shin Tae-yong masuk sebagai pemain cadangan pada menit ke-33 menggantikan Roh Sang-rae.

Meski kedua kawan itu kini akan menjadi rival, hubungan antara Shin Tae-yong dan Hwang Sun-hong masih terjalin baik.

Keduanya dilaporkan saling bertukar pesan selama Piala Asia 2024. Hwang bahkan sempat mengatakan bahwa keduanya akan bertemu di perempat final sebelum turnamen dimulai.

"Saya terkejut Shin telah membangun tim yang sangat bagus. Saya pikir ini adalah tim yang hanya bisa kami kalahkan dengan bersikap waspada dan siap," ujar Hwang, dilansir dari Kompas.com (24/4/2024).

Di sisi lain, Shin Tae-yong seolah tak gentar akan menghadapi rekannya itu. Dia mengatakan, timnas Indonesia asuhannya akan membuat Hwang kebingungan.

"Pelatih Hwang Sun-hong bakal stres," ujar Shin Tae-yong.

Baca juga: Piala Asia U23 2024: 8 Tim yang Lolos dan Jadwal Pertandingan Perempat Final

Debut pertemuan Pratama Arhan dan Kang Sang-yoon

Tak hanya Shin Tae-yong, laga antara Indonesia melawan Korea Selatan di Piala Asia U23 juga menjadi debut Pratama Arhan bertemu dengan rekan satu klubnya di Suwon FC, Kang Sang-yoon.

Sebagai informasi, bek timnas Indonesia itu resmi bergabung ke klub divisi teratas Korea Selatan Suwon FC setelah meninggalkan klub asalnya Tokyo Verdy pada 16 Januari 2024.

Suwon FC adalah tim yang berkompetisi di K League 1 alias kasta teratas Liga Korea Selatan.

Beberapa hari sebelum Arhan bergabung, Suwon FC juga merekrut Kang Sang-yoon untuk memperkuat lini tengah klub tersebut.

Kang Sang-yoon direkrut dengan status pinjaman.

Dikutip dari Daum, Kang Sang-yoon adalah pemain gelandang yang bisa bermain di mana saja di lini tengah. Ia bisa bergerak di antara lini kedua dan ketiga.

Kang Sang-yoon memiliki kemampuan bertahan dan passing dan dinilai mampu memperkuat timnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi