Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semifinal Piala Asia U23 Indonesia Vs Uzbekistan Tanpa Rafael Struick, Ini Kata Asisten Pelatih Timnas

Baca di App
Lihat Foto
Dok. PSSI
Arafat Haj Ibrahim (kanan) mencoba menekel Rafael Struick dalam laga Yordania vs Indonesia pada Grup A Piala Asia U23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024).
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Uzbekistan di babak Semifinal Piala Asia U23 2024. Pertandingan ini adalah pertemuan pertama antar kedua kesebelasan di ajang tersebut.

Duel Indonesia vs Uzbekistan U23 akan digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Senin (29/4/2024 pukul 21.00 WIB.

Uzbekistan memastikan tiket ke babak semifinal usai mengalahkan Arab Saudi pada laga perempat final di Khalifa International Stadium, Jumat (26/4/2024) malam dengan skor 2-0.

Kemenangan tersebut didapatkan dari gol yang dicetak oleh Khusayin Norchaev dan Umarail Rakhmonaliev. Dengan hasil ini Uzbekistan dipastikan menjadi lawan Indonesia di semifinal Piala Asia U23 2024.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 3 Skenario Timnas Indonesia U23 Bisa Lolos ke Olimpiade Paris


Indonesia vs Uzbekistan tanpa Rafael Struick

Indonesia dipastikan hanya memiliki 22 pemain untuk pertandingan semifinal Piala Asia U23 2024 saat melawan Uzbekistan, Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB.

Hal tersebut karena salah satu pemain timnas U23 Indonesia, Rafael Struick, dipastikan absen lantaran harus menjalani hukuman karena akumulasi kartu kuning yang sudah ia dapatkan dalam dua pertandingan sebelumnya.

Kartu kuning itu ia dapatkan saat timnas U23 Indonesia menghadapi pertandingan melawan Yordania dan Korea Selatan.

Tiadanya Rafael di semifinal Piala Asia U23 juga dikonfirmasi oleh asisten pelatih timnas Indonesia U23, Nova Arianto, Jumat (26/4/2024).

"Ya benar, Rafael Struick absen dalam pertandingan nanti (Indonesia vs Uzbekistan)," ujar Nova dikutip dari BolaSport.com.

Lebih lanjut Nova mengungkapkan, tim pelatih timnas Indonesia U23 tidak terlalu meresahkan absennya Rafael Struick di semifinal Piala Asia U23 yang akan berlangsung pada Senin mendatang.

Sebab, ia mengatakan bahwa masih ada beberapa pemain yang bisa diturunkan oleh pelatih Indonesia, Shin Tae-yong.

Baca juga: Lolos ke Semifinal Piala Asia U23 2024, Indonesia Hentikan Rekor Korsel Lolos ke Olimpiade

Melihat peta kekuatan Uzbekistan di Piala Asia U23

Berdasarkan catatan di laman resmi AFC, Uzbekistan U23 saat ini dilatih oleh Timur Kapadze.

Pada gelaran Piala Asia U23 2024 ini, Uzbekistan membawa 23 pemain.

Tim asuhan Kapadze ini sebelumnya menjalani babak penyisihan di Grup D yang berisikan Vietnam, Kuwait, dan Malaysia.

Dalam babak penyisihan grup, Ulug'bek Khoshimov dan rekan-reknnya mampu tampil apik dengan memperoleh sembilan poin, dengan tim mereka tidak pernah kalah sekalipun.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (27/4/2024), Uzbekistan berhasil mencetak 10 gol ke gawang lawan-lawannya tanpa sekalipun kebobolan selama fase grup.

Setelah berhasil menduduki peringkat pertama di Grup D, Uzbekistan kemudian bertemu dengan Arab Saudi yang berstatus sebagai runner-up grup C dengan perolehan enam poin.

Pertandingan kedua kesebelasan tersebut digelar di Khalifa International Stadium, Jumat (26/4/2024) malam.

Laga Uzbekistan vs Arab Saudi berlangsung dengan intensitas tinggi sejak wasit meniup peluit.

Dalam pola permainannya, Uzbekistan menerapkan garis pertahanan yang rendah sambil menunggu proses serangan balik.

Pada akhirnya, Uzbekistan berhasil memenangkan laga tersebut dengan gol pertama yang diciptakan oleh Khusayin Norchaev di babak pertama.

Arab Saudi terus berusaha meladeni serangan Uzbekistan dengan sepuluh pemain setelah Ayman Yahya mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-70.

Namun, Uzbekistan tidak begitu mampu meladeni permainan keras Arab Saudi di sektor tengah meski mereka unggul jumlah pemain.

Uzbekistan baru bisa menambah keunggulan menjadi 2-0, enam menit sebelum babak kedua berakhir. Gol itu dicetak oleh Rahmonaliev setelah memanfaatkan bola liar dari sepakan keras Alisher Odilov yang tidak mampu diantisipasi penjaga gawang Arab Saudi, Abu Al Shamat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi