Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Bangun Kolam Renang Terpanjang di Dunia, Digantung 36 Meter di Atas Laut

Baca di App
Lihat Foto
X/@NEOM
Arab Saudi merencanakan pembangunan kolam renang tanpa batas atau infinity pool spektakuler dengan panjang 450 meter di kawasan Treyam, Neom.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Arab Saudi merencanakan pembangunan kolam renang tanpa batas atau infinity pool spektakuler dengan panjang 450 meter.

Nantinya, kolam tersebut akan digantung setinggi 36 meter di atas laut di kawasan Treyam, Neom, Arab Saudi.

Treyam sendiri merupakan resor laguna mewah yang dibangun di kawasan Neom, kota futuristik yang dicanangkan Kerajaan Arab Saudi.

Para pengembang mengatakan, kolam renang di kawasan tersebut akan menjadi infinity pool terpanjang di dunia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Sejarah Al Ula, Kota di Arab Saudi yang Dipercaya Terkutuk


Kolam renang tanpa batas terpanjang di dunia

Dilansir dari Business Insider, Sabtu (11/5/2024), pengembang Neom mengungkapkan, desain kolam renang mewakili perpaduan harmonis antara kontemporer dan dampak lingkungan yang minim.

Seperti infinity pool lain, kolam renang ini menampilkan desain tepi atau pinggiran yang menyatu dengan volume air, sehingga tampak tidak memiliki batas.

Desain kolam renang tanpa batas ini juga menjanjikan para tamu tempat peristirahatan yang tak tertandingi untuk melepas lelah dan meremajakan diri di tengah pemandangan alam yang menakjubkan.

Di tempat ini, para tamu akan merasakan sensasi mengambang sembari memandangi air laut tenang yang membentang hingga ke cakrawala.

Diiringi pembukaan destinasi bersantap di sekitarnya, para tamu bisa menikmati makanan dengan pemandangan atau berenang di kolam renang.

Jika rampung, kolam tersebut digadang-gadang akan membuat  terpanjang di Dubai, Uni Emirat Arab, terlihat lebih kecil.

Sebab, kolam renang tanpa batas yang terletak di antara gedung pencakar langit kembar One Za'abeel itu "hanya" memiliki panjang 120 meter.

Baca juga: Kawasan Situs Arkeologikal Arab Saudi

Bagian dari resor mewah Treyam

Dikutip dari Fact Magazine, Kamis (21/32024), Treyam merupakan resor utama yang terletak di persimpangan gurun dan laut.

Terletak di ujung selatan Teluk Aqaba, Laut Merah, Treyam menawarkan perairan biru kehijauan yang bertemu dengan pasir keemasan.

Arsitekturnya yang seperti jembatan membentang di laguna, berfungsi sebagai pintu gerbang menuju dunia petualangan dan relaksasi.

Rencananya, "jembatan" ini akan dipenuhi properti dengan total 250 kamar mewah yang menjadi surga bagi para tamu untuk melepas lelah dan memulihkan energi.

Selain menginap dan bersantap mewah, petualangan juga menjadi tema berwisata di resor Treyam.

Para tamu bisa mengeksplorasi beragam olahraga air yang menantang, mulai dari berlayar hingga menyelam.

Tidak hanya itu, para tamu juga akan menemukan peningkatan teknologi mutakhir dan akses ke perawatan spa mewah.

Seperti destinasi lain di kawasan Neom, kemewahan dan keberlanjutan menjadi konsep utama Treyam.

Resor tersebut diklaim terintegrasi dengan ekosistem pesisir, yang mendukung upaya konservasi dan inovasi.

Proyek Neom sendiri merupakan bagian dari Visi 2030 Putra Mahkota Mohammed bin Salman, dengan tujuan mengubah negara ini menjadi destinasi wisata mewah dan pusat inovasi.

Namun, proyek-proyek tersebut tidaklah murah. Laporan terbaru menunjukkan, realitas investasi triliunan dollar AS mungkin mulai menimbulkan kekhawatiran di tingkat tertinggi pemerintahan Arab Saudi.

Para pejabat setempat juga menghadapi tuduhan telah menggunakan "kekuatan mematikan" untuk mengusir orang-orang yang tinggal di lahan tersebut guna membuka jalan bagi proyek yang disebut The Line.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi