Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Asing Soroti Penampilan Perdana Timnas Sepak Bola Putri Indonesia di Piala Asia U17 2024

Baca di App
Lihat Foto
ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF
Pesepak bola Timnas Indonesia Putri U17 menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pertandingan Grup A Piala Asia Putri U17 2024 melawan Timnas Filipina Putri U17 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Senin (6/5/2024). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/Spt.
|
Editor: Ahmad Naufal Dzulfaroh

KOMPAS.com - Penampilan perdana timnas U17 putri Indonesia pada ajang Piala Asia Wanita U17 di Bali pada 6-19 Mei 2024 mendapat sorotan media asing.

Sayangnya dalam kompetisi tersebut, timnas U17 putri Indonesia gagal mendapatkan poin dari kualifikasi grup. Indonesia kalah 1-6 dari Filipina, 0-12 dari Korea Selatan, dan 0-9 dari Korea Utara.

Pencapaian tersebut membuat tim yang dipimpin pelatih asal Jepang, Satoru Mochizuki itu terpaksa mengakhiri turnamen lebih awal.

Meski belum menunjukkan hasil yang baik, kejuaraan ini merupakan debut bagi Satoru sebagai pelatih baru timnas U17 putri Indonesia.

Berikut sorotan media asing terhadap penampilan timnas U17 putri Indonesia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Profil Claudia Alexandra Scheunemann, Striker Timnas Putri U-19 Indonesia yang Jadi Pemain Terbaik dan Top Skor di Piala AFF U-19


1. Gol Claudia Scheunemann

Media asal Filipina, Phil Star memberitakan timnas U17 putri Indonesia dengan judul Young Filipinas Thrash Indonesia in AFC U17 Women’s Asian Cup Debut, Rabu (8/5/2024).

Dalam beritanya, media ini menyebutkan bahwa kejuaraan tersebut menjadi penampilan debut timnas U17 putri Filipina di Piala Asia U17.

Media Filipina ini juga membahas kemenangan mereka dari negara tuan rumah Indonesia. Diketahui, timnas Indonesia berada dalam Grup A bersama Filipina, Korea Selatan, dan Korea Utara.

Phil Star juga menyoroti satu-satunya gol yang dibuat oleh pemain Indonesia, Claudia Scheunemann pada menit ke-12.

Gol itu sempat menyamakan kedudukan pada awal laga. Namun, Filipina bangkit dengan mencetak lebih banyak gol.

Baca juga: Profil Jajang Paliama, Mantan Pemain Timnas yang Meninggal karena Kecelakaan

2. Kalah tangguh dari Filipina

Tak hanya tim Garuda Pertiwi Muda yang disorot, media Malaya merilis berita "Young Filipinas Too Strong for Indons", Rabu (8/5/2024).

Media Malaysia itu menyebut timnas Filipina lebih kuat dan menunjukkan debut pertandingan yang gemilang.

Sebaliknya, penonton Indonesia sebagai tuan rumah disebut tercengang dalam turnamen tersebut.

Media ini juga menyoroti Claudia Scheunemann yang mencetak gol tunggal bagi tim Indonesia.

Baca juga: Media Asing Ramai-ramai Soroti Rasisme Oknum Suporter Indonesia ke Guinea

3. Soroti "pembantaian" timnas putri Indonesia

Chosun, media asal Korea Selatan juga menyoroti penampilan timnas U17 putri Indonesia.

Dalam artikelnya yang tayang pada Kamis (9/5/2024), mereka menyoroti mengulas kekalahan telak Indonesia 0-7 dari Korea Utara pada pertandingan perdana.

Media itu menyebutkan, negara tuan rumah, Indonesia yang kalah dua kali tersingkir dari babak penyisihan grup. 

Menurut Chosun, tiga tim teratas dalam Piala Asia U17 Putri 2024 akan berpartisipasi dalam Piala Dunia Wanita U17 FIFA yang diadakan di Republik Dominika pada Oktober mendatang.

Baca juga: Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia Sepanjang 2024 Usai Gagal Olimpiade

4. Keadaan berubah lebih buruk

Al Jazeera ikut membahas penampilan timnas U17 putri Indonesia dalam artikelnya yang mengulas laga play-off timnas U23 Indonesia melawan Guinea, Kamis.

Media Qatar itu menuliskan, "keadaan berubah dari buruk menjadi lebih buruk lagi di Piala Asia Wanita AFC U17 untuk Indonesia" karena penampilan tim Garuda Pertiwi Muda.

Pasalnya, tim putri Indonesia menderita kekalahan 12-0 dari Korea Selatan pada pertandingan kedua Grup A Piala Asia U17 Putri.

Kekalahan tersebut diperburuk dengan kegagalan timnas U23 Indonesia untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024 lewat laga play-off usai kalah 0-1 dari Guinea.

Baca juga: Drama Indonesia Vs Guinea, STY Dikartu Merah dan Kepala Witan Bocor

5. Waktu membentuk timnas wanita

Head Topics menerbitkan artikel berjudul "Building Women's Football like the Art of 'Kintsugi'", Minggu (12/5/2024).

Media ini menyoroti perlunya membangun timnas putri Indonesia setelah menelan kekalahan yang mengecewakan dalam pertandingan terakhir melawan Korea Utara.

Media tersebut menuliskan, para pemain tidak menangis dalam laga terakhir ini meskipun berlinang air mata pada dua laga sebelumnya.

Meski begitu, pembentukan tim tersebut dinilai hampir tidak ideal. Pasalnya, pelatih U17 wanita Indonesia baru ditunjuk tiga bulan sebelumnya.

Para pemain pun baru ditentukan sebulan sebelum laga. Mereka juga minim pengalaman karena jarang ikut berkompetisi dalam negeri.

Sebaliknya, media ini mengutip penjelasan Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang menyatakan keikutsertaan Indonesia bagian dari program pelatihan tim wanita.

 Baca juga: 8 Catatan Prestasi Timnas Indonesia Selama Dilatih Shin Tae-yong

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi