Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Mei 2024 Hari Kebangkitan Nasional, Libur Tanggal Merah atau Tidak?

Baca di App
Lihat Foto
screenshoot
Logo Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2024
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati setiap tanggal 20 Mei. Tahun ini Harkitnas jatuh pada Senin (20/5/2024).

Tema peringatan Harkitnas yang ke-116 adalah "Bangkit untuk Indonesia Emas".

Pemilihan tema Harkitnas 2024 ini diharapkan bisa membawa nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju Indonesia Emas. 

Peringatan Harkitnas pertama kali ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 1959 pada 16 Desember 1959.

Tanggal 20 Mei dijadikan peringatan Hari Kebangkitan Nasional berkaitan dengan berdirinya organisasi Budi Utomo 20 Mei 1908.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantas, apakah peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2024 termasuk hari libur nasional?

Baca juga: Pedoman Lengkap Acara Hari Kebangkitan Nasional 2024 dan Bacaan Doanya

Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei libur atau tidak?

Pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SKB 3 Menteri), telah menetapkan hari libur serta cuti bersama 2024 yang berlaku di seluruh Indonesia.

Adapun untuk Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2024 meskipun masuk dalam kategori hari besar nasional, namun Harkitnas bukan termasuk tanggal merah dan hari libur. 

Dengan begitu, maka seluruh instansi dan perusahaan swasta tetap menjalankan aktivitasnya seperti hari kerja, seperti biasanya.

Adapun hal tersebut juga berlaku untuk siswa SD, SMP, SMK, dan lainnya.

Baca juga: Link Download Logo dan Tema Hari Kebangkitan Nasional 2024

Hari libur dan cuti bersama Mei 2024

Merujuk SKB 3 Menteri Nomor 855/2023, Nomor 3/2023, dn Nomor 4/2023 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024, berikut daftar hari libur dan cuti bersama pada Mei 2024:

Adapun jika melihat daftar hari libur di atas, masyarakat akan mendapatkan hari libur panjang ketika hari nasional dan cuti bersama jatuh pada Kamis dan Jumat.

Namun demikian, karena Kenaikan Yesus Kristus sudah lewat, masyarakat bisa menikmati libur panjang yang jatuh pada akhir bulan saat perayaan Waisak 2568 BE pada 23-26 Mei 2024.

Hari libur panjang tersebut dapat dimanfaatkan bagi masyarakat yang ingin merencanakan agenda berlibur pada Mei 2024.

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional

Diberitakan Kompas.com (19/5/2023), pada 20 Mei 1908, berdiri sebuah organisasi bernama Boedi Oetomo yang didirikan oleh Dr Soetomo dan mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen).

Sejak saat itu, Indonesia memasuki masa pergerakan nasional yang merupakan masa bangkitnya rasa nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran yang tinggi untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dengan demikian, adanya organisasi Boedi Oetomo tersebut, Dr Soetomo dan rekan-rekannya ingin meningkatkan martabat rakyat dan bangsa Indonesia, sesuai dengan gagasan dr Wahidin Sudirohusodo.

Adapun, gagasan dr Wahidin muncul dari rasa keprihatinanya dengan kondisi masyarakat Indonesia yang saat itu tidak mampu mendapatkan pendidikan formal atau melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Untuk mencapai tujuannya, dr Wahidin mengumpulkan dana dari para bangsawan Jawa dan Belanda. Ia juga berencana membentuk Studiefonds atau pengelolaan beasiswa.

Idenya itu kemudian ia sampaikan selagi berkeliling Jawa dan pada akhirnya singgah di STOVIA. Kemudian, di hadapan pelajar STOVIA, dr Wahidin menyampikan gagasan yang ingin ia capai.

Adapun dari sana, Soetomo dan Suraji bertemu dengan dr Wahidin, serta membahas pentingnya organisasi demi mewujudkan cita-cita tersebut.

Pada 20 Mei 1908 di ruang kelas astronomi STOVIA, terjadi pertemuan yang akhirnya terbentuk sebuah organisasi bernama Boedi Oetomo. Organisasi tersebut diketuai oleh Soetomo dan wakil ketuanya adalah M Sulaiman.

Lahirnya organisasi Boedi Oetomo pada akhirnya menjadi cara baru untuk memerdekakan masyarakat Indonesia yang melahirkan pemikiran-pemikiran di kalangan pelajar Indonesia.

Meski demikian, peringatan Harkitnas pertama kali ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 1959 pada 16 Desember 1959.

Baca juga: Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 1908, Latar Belakang, dan Tokoh-tokohnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi