Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Orang Dekat SYL yang Disebut Dapat Duit dari Kementan

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com / IRFAN KAMIL
Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat ditemui di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Senin (20/5/2024).
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) terlibat kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi, serta Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga SYL menerima uang sebesar Rp 44,5 miliar hasil memeras anak buah dan direktorat di Kementerian Pertanian (Kementan).

Pemerasan ini disebut dilakukan dengan memerintahkan eks Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta, dan eks Sekjen Kementan Kasdi Subagyono, Staf Khusus Bidang Kebijakan Imam Mujahidin Fahmid, dan ajudannya Panji Harjanto.

SYL diduga menggunakan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhannya dan orang dekatnya.

Lalu, siapa saja orang yang diduga menerima aliran uang korupsi SYL yang didapat dari Kementan?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Resmi Tersangka Korupsi, Ini Profil dan Kekayaan Syahrul Yasin Limpo


1. Istri SYL Ayun Sri Harahap

Mantan Kepala Sub-Bagian Rumah Tangga Biro Umum dan Pengadaan Kementan Isnar Widodo, mengungkapkan, istri SYL Ayun Sri Harahap kerap menerima uang bulanan dari Kementan.

Dikutip dari Kompas.com (25/4/2024), Ayun Sri Harahap mendapatkan uang bulanan sekitar Rp 25 juta sampai Rp 30 juta dari awal 2020 sampai 2021.

Isnar mengaku uang tersebut diminta oleh mantan ajudan SYL, Panji Hartanto dari anggaran Kementan.

Selain memberikan uang, Kementan juga dikabarkan membelikan kacamata untuk Ayun dan SYL. Padahal, Biro Umum Pengadaan Kementan tidak menganggarkan biaya tersebut.

2. Indira Chunda Thita Syahrul (anak)

Anak pertama SYL, Indira Chunda Thita Syahrul yang kini menjabat sebagai anggota DPR Fraksi Nasdem juga menerima uang dari Kementan.

Thita disebut menerima uang Rp 200 juta dari Ditjen Tanaman Pangan Kementan untuk pembayaran prosedur stem cell, dilansir dari Kompas.com (16/5/2024).

Selain itu, Kementan juga pernah membayar pembelian mobil Toyota Innova milik Thita sebesar Rp 500 juta. Uang tersebut didapat dari pemberian para pejabat eselon I di Kementan, selain petugas Inspektorat.

Thita juga diyakini menerima anggaran Kementan untuk biaya skincare dan perawatan kecantikan mencapai hampir Rp 50 juta.

3. Kemal Redindo Syahrul Putra (anak kedua)

Anak kedua SYL, Kemal Redindo Syahrul Putra disebut sering meminta uang dari pejabat Kementan salah satunya untuk pembayaran aksesoris mobil senilai Rp 111 juta.

Diberitakan Kompas.com (16/5/2024), Dindo juga meminta Rp 200 juta untuk membayar renovasi kamar.

Selain itu, Dindo juga membiayai acara sunat dan ulang tahun anaknya menggunakan uang dari Kementan.

Baca juga: Sepak Terjang dan Harta Kekayaan Syahrul Yasin Limpo yang Mundur dari Kursi Mentan

4. Andi Tenri Bilang Radisyah (cucu)

Cucu SYL, Andi Tenri Bilang Radisyah dikabarkan menerima uang dari Rp 20 juta Kementan.

Sekretaris Ditjen Tanaman Pangan Kementan, Bambang Pamuji mengungkapkan ajudan SYL, Panji Harjanto memerintahkan dia mengirimkan uang tersebut.

Dikutip dari Kompas.com (16/5/2024), Tenri merupakan anak dari putri SYL, yang merupakan anak dari Indira Chunda Thita Syahrul.

5. Tentri Olle Yasin Limpo (kakak)

Kakak SYL Tentri Olle Yasin Limpo juga disebut mendapatkan honor Rp 10 juta setiap bulan dari Kementan.

Sekretaris Badan Karantina Kementan, Wisnu Haryana mengungkapkan, kakak SYL mendapat honor atas perintah Ali Jamil Harahap yang dulu menjabat sebagai Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan.

“Pada waktu itu, Kepala Badannya masih Pak Ali jamil, (dia) memberikan arahan bahwa Ibu Tentri ini untuk diberikan honor sebagai tenaga ahli di Badan Karantina Pertanian pada waktu itu,” kata dia, diberitakan Kompas.com (20/5/2024).

6. Pembantu SYL

Sekretaris Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Hermanto mengungkapkan, dirinya pernah mengeluarkan uang pribadi untuk membayar pembantu SYL karena tidak ada anggaran resmi dari kementerian.

Namun, uang pribadi itu telah diganti menggunakan uang patungan dari Direktorat PSP untuk biaya sapi kurban, dikutip dari Kompas.com (8/5/2024).

Pembantu SYL di Makassar mendapatkan uang antara lain Rp 22 juta, Rp 10 juta, dan Rp 13 juta yang dikirim tiga kali dari Hermanto.

Baca juga: Sosok Kemal Redindo, Anak SYL yang Minta Uang ke Pejabat Kementan untuk Aksesori Mobil

7. Pedangdut Nayunda Nabila Nizrinah

Penyidik KPK menduga, penyanyi dangdut Nayunda Nabila Nizrinah menerima uang dan barang dari SYL sebesar Rp 50 juta sampai Rp 100 juta.

Dilansir dari Kompas.com (30/4/2024), Nayunda mendapatkan uang dari Kementan untuk keperluan hiburan bagi penyanyi yang diundang mengisi acara oleh SYL.

Pembayaran untuk Nayunda ditransfer ke rekening seseorang bernama Resky sesuai perintah mantan Sekjen Kementan Kasdi Subagyon.

Tidak hanya itu, SYL menitipkan Nayunda agar bekerja menjadi tenaga honorer protokoler di Bagian Umum Kementan dengan gaji Rp 4,3 juta per bulan. Namun, dia hanya pernah masuk kantor dua kali.

(Sumber: Kompas.com/Syakirun Ni'am, Irfan Kamil, Novianti Setuningsih | Editor: Ardito Ramadhan, Ihsanuddin, Icha Rastika, Krisiandi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi