Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Jadi Satu-satunya Negara Asia Tenggara yang Lolos Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/ADIL NURSALAM
Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol kedua yang diciptakan Rizky Ridho dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2024 antara Indonesia vs Filipina, Selasa (11/6/2024) di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Tim Nasional Sepak Bola (Timnas) Indonesia menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Skuad Garuda berhasil lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia usai mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 di laga terakhir Grup F, Selasa (11/6/2024) malam.

Hasil pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta itu memastikan Indonesia mengemas 10 poin dari total enam laga.

Perolehan poin ini cukup untuk mengantarkan Indonesia ke peringkat kedua di Grup F, menemani Irak di peringkat pertama yang lebih dulu melaju ke putaran ketiga.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenangan atas Filipina bukan hanya melambungkan nama Indonesia, tetapi juga memupus harapan Vietnam melaju ke babak ketiga lantaran harus puas dengan peringkat ketiga Grup F.

Selain Vietnam dan Filipina, negara-negara wakil Asia Tenggara di putaran kedua, seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan Vietnam pun sudah dipastikan gugur.

Baca juga: Head to Head Indonesia Vs Filipina, Garuda di Atas Angin


Myanmar, Singapura, dan Filipina jadi juru kunci grup

Dilansir dari Kompas TV, Selasa, dari tujuh negara Asia Tenggara yang berlaga di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Filipina, Myanmar, dan Singapura tersingkir terlebih dahulu dan menjadi juru kunci di grupnya masing-masing.

Myanmar yang tergabung di Grup B harus bersaing dengan Jepang, Suriah, dan Korea Utara. Pada lima laga pertama, negara ini hanya mampu imbang satu kali dan kalah empat kali.

Oleh karena itu, mereka menjadi tim pertama yang tersisih dari Grup B karena berada di posisi terakhir alias juru kunci.

Bernasib sama, Singapura di Grup C bersama Korea Selatan, China, dan Thailand pun harus menelan kekalahan dengan finis di peringkat terakhir.

Sepanjang babak ini, Timnas Singapura tercatat hanya mampu meraih 1 poin dari satu hasil imbang.

Menyusul, Timnas Filipina yang mengemas 1 poin dari total enam laga yang dilakoni harus puas berada di posisi buncit Grup F.

Baca juga: Profil Rustam Lutfullin, Wasit Indonesia Vs Filipina

Vietnam tersingkir usai Indonesia menang

Di sisi lain, Vietnam yang tergabung dalam Grup F, dipastikan gagal melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia setelah kemenangan Indonesia atas Filipina.

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (7/6/2024), Vietnam yang selisih 1 poin dengan Indonesia bisa lolos ke putaran berikutnya jika Indonesia kalah melawan Filipina serta menang melawan Irak.

Sayangnya, Filipina yang kalah dengan skor 2-0 membuat apa pun hasil Vietnam melawan Irak, dipastikan tidak akan menyalip perolehan poin Skuad Garuda.

Thailand kalah head to head melawan China

Di Grup C, Thailand dipastikan gagal lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Thailand sebenarnya memiliki poin yang sama dengan China yang finis di peringkat kedua, yakni 8 poin.

Namun, Thailand kalah dalam head to head melawan China. Di pertemuan pertama, misalnya, Thailand kalah 1-2 dari China. Sementara, di laga kedua, Thailand bermain imbang 1-1 lawan China.

Malaysia gagal usai Kirgistan imbang

Kegagalan melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pun harus dirasakan Malaysia yang tergabung di Grup D bersama Taiwan, Kirgistan, dan Oman.

Pada laga terakhir, Malaysia menang atas Taiwan dengan skor 3-1. Kemenangan ini membuat Malaysia meraih total 10 poin, sama dengan Kirgistan yang berada di peringkat kedua.

Namun, Malaysia harus kecewa lantaran Kirgistan mampu menahan imbang Oman dengan skor 1-1.

Hasil tersebut membuat perolehan poin Kirgistan menjadi 11 poin, sehingga Malaysia finis di peringkat ketiga.

Semua hasil pertandingan pada Selasa lalu pun mengantarkan Indonesia menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi