Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Porsche Tabrak Truk di Tol Dalkot Jakarta, Mobil Terseret dan Pengemudi Tewas

Baca di App
Lihat Foto
Dokumentasi Twitter TMC Polda Metro Jaya
Sedan mewah bermerek Porsche Cayman menabrak bagian belakang truk di Tol Dalam Kota, tepatnya di KM 5+200 B sebelum Gerbang Tol Kuningan 2, Rabu (19/6/2024) dini hari.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Mobil mewah Porsche Cayman menabrak bagian belakang truk di Tol Dalam Kota (Tol Dalkot) Jakarta, KM 5+200 B sebelum Gerbang Tol Kuningan 2, Rabu (19/6/2024) dini hari.

Kepala Seksi Laka Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Diella Kartika Artha mengkonfirmasi kejadian tersebut.

“Peristiwa ini mengakibatkan pengemudi sedan Porsche Cayman meninggal dunia di lokasi. Sementara, satu penumpang dinyatakan selamat, tetapi mengalami trauma dan syok,” ujarnya, diberitakan Kompas.com, Rabu (19/6/2024).

Pengemudi Porsche yang meninggal dunia di tempat berinisial TP (31). Sementara penumpang berinisial J (23) mengalami syok berat.

Berikut sederet fakta terkait kecelakaan Porsche yang menabrak truk di Tol Dalkot.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Kronologi Porsche Tabrak Truk di Tol, Sopir Truk Tidak Sadar kalau Ditabrak, Mobil Terseret 150 Meter


1. Sopir Porsche tabrak belakang truk

Kompol Diella Kartika Artha menjelaskan, kecelakaan berawal saat pengendara mobil Porshce Cayman berinisial TP membawa kendaraannya di Tol Dalam Kota arah Cawang.

Saat tiba di dekat Gerbang Tol Kuningan 2, pengemudi diduga kurang berkonsentrasi saat menyetir sehingga menabrak bagian belakang truk Mitsubishi.

“Karena kurang hati-hati saat berkendara, pengemudi sedan Porsche Cayman yang dikemudikan TP menabrak body belakang kendaraan truk Mitsubishi yang dikemudikan RA,” terangnya.

Tabrakan ini melibatkan Porsche Cayman S PDK buatan 2011 warna abu-abu bernomor polisi B 2031 PBV dengan truk Mitsubishi warna kuning yang digunakan untuk mengirim sagu dari Lampung ke Wonogiri, Jawa Tengah.

2. Porsche terseret 150 meter

Diella menambahkan, tabrakan itu membuat Porsche yang dikendarai TP tersangkut di bagian besi bagian belakang truk.

“Mobil kemudian tersangkut dan terbawa sejauh kurang lebih 150 meter dikarenakan pengemudi kendaraan truk Mitsubishi tidak mengetahuinya,” lanjut dia.

Sopir truk tersebut akhirnya menghentikan kendaraannya ketika diberitahu ada mobil yang tersangkut ke truknya oleh pengendara lain.

Namun, truk tengah berada di jalur lambat tol saat kejadian. Pengemudi lalu harus menepikan truk ke bahu jalan sehingga Porsche itu terseret.

Baca juga: Ramai soal Pemilik Xpander Tabrak Porsche Disebut Lakukan Galang Dana, Ini Penjelasan Kitabisa

3. Truk melaju dengan kecepatan tinggi

Sopir truk, Alam menyatakan kendaraannya melaju dari arah Semanggi menuju Kuningan dalam kecepatan tinggi.

"Saya jalan kencang, kecepatan 65 Km/jam. Tiba-tiba ditabrak dari belakang," katanya, dikutip dari , Rabu.

Awalnya, Alam tidak tahu truknya ditabrak mobil Porsche dari belakang. Dia baru menghentikan truk dan menepi saat mengetahui speedometer-nya tidak berfungsi.

Ketika Alam menepi, dia baru melihat bagian depan mobil Porsche tersangkut di belakang truknya.

4. Dikira ditabrak truk lain

Alam mengaku dirinya sempat terguncang dan terangkat saat truk ditabrak dari belakang oleh Porsche. Dia bahkan mengira ada truk lain menabraknya karena guncangan yang ditimbulkan sangat besar.

"Itu saya sampai terangkat, saya kira ada truk lain menabrak saya," ujar dia, dilansir dari Kompas.com, Kamis (20/6/2024).

Meski begitu, Alam sempat terdiam usai ditabrak. Pengendara lain kemudian menegur Alam.

"Terus ada pengendara yang sapa saya, 'mas, ada mobil keseret tuh'. Pas dengar itu saya kaget dan buru-buru menepikan mobil," terang Alam.

5. Kondisi korban Porsche

Alam melihat ada dua orang di dalam Porsche. Dia pun meminta tolong warga dan pengendara lain untuk evakuasi mobil.

"Saya pikir, pasti korban meninggal semua. Akhirnya, warga suruh saya majuin truk agar Porsche ini bisa keluar dari kolong truk," jelas Alam.

Setelah Porsche ditarik keluar dari kolong truk, seorang perempuan berinisial J keluar dari mobil. Tindakan J membuat warga terkejut. 

Namun saat ditanyai oleh Alam, J menangis dan terlihat emosional. Warga pun memisahkan Alam dari J dan menenangkannya.

Nahas, pengendara laki-laki berinisial TP meninggal di dalam mobil. Satu mobil ambulans pun datang mengevakuasi TP dan membawa J.

Sementara itu, Alam dibawa ke kantor Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan hingga Rabu malam.

Baca juga: Sejarah Porsche dan Pendirinya Ferdinand Porsche

6. Sosok pengemudi Porsche dan truk

Sopir truk, Alam merupakan pengemudi truk yang bermuatan sagu. Rencananya, dia akan mengirim muatan dari Lampung ke Wonogiri.

"Mau bawa ke Wonogiri, harusnya sudah sampai Jawa Tengah saya sekarang (hari Rabu)," kata Alam.

Sebaliknya, Kompol Diella Kartika Artha mengungkap, KTP dari pengemudi Porsche menunjukkan korban masih berstatus mahasiswa.

"Status di KTP mahasiswa, usia 31 Tahun," katanya, diberitakan Tribunnews, Rabu (19/6/2024).

Meski begitu, pemilik Porsche tersebut masih belum diketahui karena nama pemilik dan alamatnya disamarkan pada situs Samsat Jakarta.

7. Kondisi Porsche dan truk rusak

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (19/6/2024), kondisi mobil Porsche Cayman S PDK warna abu-abu tersebut hancur pada bagian depan dan atapnya terbuka.

Mobil ini terparkir di Kantor Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya pada Rabu malam namun ditutupi sarung mobil.

Iinterior mobil juga hancur akibat kecelakaan ini. Terdapat bercak darah pada kain putih yang diduga airbag mobil. Meski begitu, spion kiri, kaca belakang mobil, dan lampu pengereman Porsche tampak masih utuh.

Tak hanya Porsche, truk juga mengalami kerusakan. Hingga Rabu malam, truk terparkir di depan Gedung Advent, samping Kantor Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya.

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (19/6/2024), truk mengalami kerusakan pada bagian bawahnya. Lampu rem belakang sebelah kiri juga hilang. Sementara ada sisa besi abu-abu yang diduga lempengan mobil Porsche.

(Sumber: Kompas.com/Rizky Syahrial, Dzaky Nurcahyo | Editor: Jessi Carina, Ambaranie Nadia Kemala Movanita)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi