Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis dan Karakteristik Limbah Keras

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/MUHAMAD SYAHRI ROMDHON
Ilustrasi limbah medis
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Ada berbagai macam limbah yang dihasilkan dari kegiatan manusia baik dari kegiatan industri ataupun rumah tangga.

Limbah menurut bentuknya terbagi menjadi limbah padat atau keras, limbah cair, dan limbah gas atau partikel.

Pada materi ini kita akan membahas tentang limbah padat, jenis-jenis limbah padat, serta karakteristik dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Limbah keras atau limbah padat adalah bahan berwujud padat dan tidak mudah berubah yang telah dibuang karena dinilai sudah tidak berguna.

Karena bentuknya yang padat dan keras, limbah padat lebih sulit diuraikan oleh mikroorganisme. Limbah padat dapat bersifat organik maupun anorganik sesuai dengan sumber bahan pembuatnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Prinsip Pengolahan Limbah Organik

Limbah Keras Organik

Limbah keras organik adalah limbah padat yang bersumber dari organisme biologis. Karakteristik limbah keras organik adalah:

  1. Bersumber dari hewan ataupun tumbuhan
  2. Bersifat keras dan padat
  3. Sulit berubah bentuk
  4. Dapat terurai oleh mikroorganisme
  5. Pada umumnya tidak berbahaya

Contoh dari limbah keras organik adalah kertas yang bersumber dari serat pohon, kain yang bersumber dari ulat sutra maupun kapas, furnitur yang bersumber dari kayu, makanan, kulit buah, biji buah, barang fashion yang terbuat dari kulit serta tulang dan tanduk hewan.

Limbah keras organik dapat diuraikan oleh mikroorganisme dengan cepat bergantung pada kekerasan dan ukuran dari limbah tersebut.

Dilansir dari Edu Green, sampah makanan dapat terurai dalam waktu 2 minggu, kertas dapat terurai dalam waktu 10 hingga 30 hari, kain katun dapat terurai dalam waktu 5 bulan, kayu dapat terurai dalam waktu 10 hingga 15 tahun, sedangkan material wol dapat terurai dalam 1 tahun.

Limbah Keras Anorganik

Limbah keras anorganik adalah limbah padat yang bersumber dari unsur non biologis melalui proses kimia. Karakteristik limbah keras anorganik adalah:

  1. Bersumber dari industri manusia
  2. Bersifat keras dan padat
  3. Sangat sulit terurai oleh mikroorganisme
  4. Dapat bersifat racun

Baca juga: Jenis Limbah dan Pengolahan Air Limbah

Contoh limbah keras anorganik adalah limbah konstruksi, limbah rumah sakit, limbah elektronik, dan berbagai macam plastik.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, limbah elektronik seperti televise, peralatan komputer, peralatan listrik, dan telepon genggam bertambah dengan sangat pesat di Negara maju dan berkembang.

Limbah anorganik tersebut membahayakan kehidupan karena di dalamnya terkandung zat berbahaya seperti timbal, merkuri, dan kadmium.

Limbah keras anorganik sangat sulit untuk diuraikan oleh mikroorganisme. Limbah anorganik yang berasal dari logam membutuhkan waktu 100 hingga 500 tahun untuk dapat terurai, limbah plastik membutuhkan waktu seribu hingga satu juta tahun untuk dapat terurai, limbah yang berasal dari kaca bahkan bisa bertahan jutaan tahun sebelum terurai.

Dikarenakan waktu teurainya yang sangat lama sementara limbah padat anorganik terus-menerus menumpuk, hal ini menuntut manusia untuk dapat mendaur ulang limbah anorganik. Karena jika terus menumpuk, maka Bumi kita bisa-bisa dipenuhi sampah padat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi