Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaksi Bima Sakti: Tempat Bumi dan Tata Surya Berada

Baca di App
Lihat Foto
exoplanets.nasa.gov
Galaksi Bima Sakti
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Planet bumi berada pada Tata Surya yang merupakan bagian dari Galaksi Bima Sakti atau dalam bahasa Inggris disebut Milky Way. Apa saja isi bima sakti dan seperti apa bentuk Galaksi Bima Sakti? Berikut adalah penjelasannya!

Bentuk Galaksi Bima Sakti

Galaksi Bima Sakti memiliki bentuk spiral, seperti piringan tipis dengan bagian tengah yang menonjol. Piringan tersebut memiliki bentuk yang sedikit melengkung. 

Piringan Galaksi Bima Sakti diperkirakan berdiameter sekitar 100 ribu tahun cahaya dan tebal sekitar seribu tahun cahaya, dengan massa mencapai 1,5 triliun kali dari massa matahari

Galaksi Bima Sakti merupakan salah satu galaksi yang berisikan sekitar 200 miliar bintang, gas, debu, dan berbagai benda luar angkasa seperti komet dan asteroid yang tak terhitung jumlahnya. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Macam-macam Galaksi

Bagian tengah galaksi yang menonjol memilii bentuk hampir bulat. Dilansir dari Space, bagian terebut berisikan 10 miliar bintang dan sebagian raksasa merah tua yang terbentuk pada tahap awal evolusi galaksi.

Posisi Tata Surya dalam Galaksi Bima Sakti

Seperti bumi yang mengelilingi matahari, matahari juga mengelilingi pusat Galaksi Bima Sakti.

Tata Surya mengorbit Bima Sakti dengan kecepatan sekitar 828 ribu kilometer per jam dan menyelesaikan satu putaran dalam waktu 230 juta tahun. 

Bima Sakti terdiri dari ratusan miliar bintang, sehingga sulit untuk menentukan posisi tata surya berada secara tepat. 

Namun, para ilmuan dapat memperkirakan posisi kita dalam Bima Sakti.

Dilansir dari Imagine the Universe NASA, Tata Surya kita berjarak sekitar 25.000 tahun cahaya dari pusat galaksi. Artinya, Tata Surya dan bumi berada di pinggiran Galaksi Bima Sakti. 

Baca juga: Sistem Tata Surya

Pusat Galaksi Bima Sakti

Lalu, apakah sebenarnya inti atau pusat Galaksi Bima Sakti? Dilansir dari NASA, inti galaksi atau pusatnya adalah lubang hitam supermasif yang disebut dengan Sagitarius A*. 

Sagitarius A* adalah lubang hitam yang sangat besar dan tidak dapat dilihat oleh mata manusia tanpa bantuan alat. Semua isi Galaksi Bima Sakti berputar mengelilingi Sagitarius A* yang memiliki massa sekitar empat juta kali lebih berat dari massa matahari. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi